Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati! Ini 4 Masalah Payroll Sistem Manual

Faktanya, sebagian besar perusahaan yang masih andalkan payroll dengan sistem manual masih mengalami banyak masalah yang justru menurunkan produktivitas. Mulai dari gaji karyawan yang terlambat, dokumen bertumpuk, sampai masalah kepatuhan.

Penggunaan software tentu akan membantu Anda mengurangi masalah, baik itu meningkatkan produktivitas maupun meringankan beban kerja karyawan. Jadi, masalah apa saja yang terjadi dengan sistem payroll manual?

Hati-Hati! Ini 4 Masalah Payroll Sistem Manual

Mari kita lihat 5 masalah umum administrasi penggajian dan bagaimana software payroll yang tepat dapat mengatasinya.

1. Gaji Karyawan Terlambat

Tak seorang pun suka untuk menunggu gaji mereka. Faktanya, keterlambatan gaji dapat menurunkan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Untungnya sistem payroll online dapat membantu setiap perusahaan memproses penggajian dengan lebih cepat dan pembayaran yang juga akurat.

Terlebih, karyawan dapat fokus pada tugas dan pekerjaan mereka tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan yang mungkin timbul akibat keterlambatan gaji.

2. Dokumen yang Bertumpuk

Dokumen yang bertumpuk dan hilang adalah masalah lain yang ditakuti karyawan, terutama staff payroll perusahaan. Baik itu dokumen kertas maupun digital, keduanya kerap membingungkan sehingga dokumen jadi berantakan.

Software payroll online dapat menghilangkan dokumen yang banyak ini dan membuat staff payroll berfokus pada satu aplikasi. Tak perlu cari dokumen sana-sini, apalagi hilang karena virus maupun kecelakaan lainnya.

Pun dengan slip gaji karyawan, yang dibuatkan oleh software payroll secara otomatis, sehingga setiap karyawan dapat langsung mengunduh slip gaji setiap bulan tanpa birokrasi yang panjang.

3. Masalah Kepatuhan

Tentu, pelanggaran kepatuhan jadi masalah signifikan bagi sebagian besar perusahaan. Selain mencemarkan nama baik, masalah kepatuhan dapat menyebabkan sanksi dan denda yang besar.

Untungnya, software payroll dapat membantu Anda mengurangi berbagai risiko kepatuhan, mulai dari sanksi pajak hingga pelanggaran hak karyawan. Anda bahkan dapat memiliki catatan maupun laporan yang dapat diverifikasi jika ada diaudit.

4. Kelebihan Anggaran

Setiap bisnis perlu tetap berpegang pada anggaran untuk memperluas margin keuntungan bisnis. Software payroll, dapat membantu Anda mencegah pengeluaran berlebih karena memberi Anda dashboard interaktif untuk pengawasan yang lebih baik.

Sebagai contoh, software payroll dapat memungkinkan atasan maupun manajer untuk membatasi jam lembur yang dilakukan karyawan. Hal serupa juga dapat dilakukan untuk sistem reimbursement, Anda dapat dengan cepat memproses sistem klaim dan memberi batasan tertentu seperti kuota internet karyawan.

Jadi, apakah Anda membutuhkan software payroll untuk bisnis Anda? Jawabannya tergantung kebutuhan bisnis Anda. Coba untuk tuliskan poin-poin penting dan masalah yang sering terjadi terkait penggajian karyawan, lalu coba cari software payroll yang dapat menyelesaikan masalah Anda.

Contoh software payroll yang dapat Anda coba yaitu Talenta. Software payroll Talenta adalah investasi bijak perusahaan untuk merampingkan proses dan memaksimalkan hari kerja karyawan.

Di Talenta, Anda dapat memilih sistem penggajian yang ideal dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Fungsi dan fitur apa dalam Talenta yang membantu Anda meningkatkan ROI dan menyederhanakan proses kerja?

- Absensi Online
Selain payroll, Talenta juga diintegrasikan dengan sistem absensi online yang memantau jam kerja karyawan secara otomatis di mana dan kapan saja. Karyawan dapat melakukan absensi check in dan check out yang disertai dengan note maupun selfie. Nantinya, hasil laporan absensi langsung dihitung otomatis ke dalam penggajian karyawan.
 
- Perhitungan Pajak Penghasilan PPh 21
Dengan Talenta, sistem penggajian karyawan dapat otomatis dihitung bersamaan dengan pajak penghasilan. Baik itu metode gross, net, maupun gross up. Pun dengan setiap pembaruan aturan pajak penghasilan yang berlaku, sistem Talenta memberi Anda informasi terkait hal ini.
 
- Pengajuan Cuti, Izin, dan Lembur dalam Aplikasi
Sistem Talenta juga memungkinkan karyawan Anda dapat mengajukan cuti, izin, maupun lembur dalam aplikasi. Begitu juga untuk atasan maupun manajer yang dapat menolak atau menyetujui pengajuan tersebut. Nantinya, segala potongan dan bayaran tambahan dapat langsung diotomatisasi dalam gaji setiap karyawan.
 
- Laporan Penggajian Otomatis
Bisnis perlu memiliki data akurat untuk membuat keputusan bisnis yang penting dan meningkatkan ROI. Oleh karena itu, sistem Talenta memungkinkan Anda untuk langsung melihat setiap laporan payroll dalam aplikasi. Dalam hitungan detik, Anda dapat melihat laporan dengan dashboard interaktif.

- Dukungan Tim Talenta
Bisnis pun tak perlu khawatir akan segala kebingungan penggunaan aplikasi maupun penyesuaian dengan sistem payroll perusahaan. Talenta terus mendukung Anda dari awal, sampai kapan saja jika terjadi kendala.

Segera kunjungi website Talenta untuk dapatkan penawaran menarik khusus untuk bisnis Anda! Jangan sampai terlewat.

Posting Komentar untuk "Hati-Hati! Ini 4 Masalah Payroll Sistem Manual"