Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan dan Tugas Network Engineer

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang network engineer, tentu Anda harus mendapatkan sertifikat CCNA terlebih dahulu. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, maka Anda harus mencari CISCO Networking Academy Indonesia terlebih dahulu. Tujuannya supaya sertifikat yang Anda dapatkan sebanding dengan ilmu dan skill yang Anda miliki.

Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini internet menjadi salah satu hal penting seiring dengan kemajuan teknologi, termasuk bagi berbagai perusahaan. Itulah mengapa banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa network engineer, serta menawarkan gaji yang fantastis.

Keberadaan seorang network engineer adalah untuk mendukung serta membantu dalam keberlangsungan jaringan internet yang stabil, serta bisa berfungsi sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.

Peranan profesi ini begitu luas, dan tak hanya berhubungan dengan internal perusahaan seperti database dan lain sebagainya. Akan tetapi memiliki hubungan juga dengan eksternal perusahaan tersebut, contohnya saja pengguna jasa perusahaan.

Pekerjaan Network Engineer yang Perlu Diketahui

Pekerjaan Network Engineer yang Perlu Diketahui

Posisi ini tugasnya menjaga keberlangsungan jaringan internal di perusahaan maupun organisasi dan tolak ukurnya adalah panggilan, suara, video, data dan lainnya yang stabil. 

Tanggung jawabnya lagi adalah melakukan implementasi serta mendesain jaringan suatu area yang ditunjuk. 

Monitoring serta maintenance rutin supaya jaringan internetnya tetap berjalan normal pun jadi tanggung jawab seorang network engineer.

Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa tugas lainnya yang sifatnya mendasar dan harus dikuasai seorang network engineer yang harus menjalani pelatihan dulu.

Setelah mengikuti pelatihan CISCO dan mendapatkan sertifikat CCNA, maka Anda pun bisa berkarir sebagai network engineer dengan beberapa tugas mendasar yakni:

Menjadi Desainer Bagi Jaringan yang Akan Dipakai

Ada juga orang yang menyebut pekerjaan ini sebagai network architecture, jadi Anda harus membuat kerangka yang mendetail untuk komponen organisasi, maupun fisik serta konfigurasi fungsional dalam jaringan yang akan dipakai. 

 Selain itu juga akan membuat uraian yang mendetail tentang layanan dan apa saja produk yang digunakan. Semua itu dimaksudkan supaya setiap jaringan pendataannya sudah benar. Hasilnya, kualitas jaringan pun jadi memuaskan.

Memberikan Dukungan untuk Upaya Pemakaian Jaringan

Anda yang memilih untuk mengambil posisi ini, maka wajib mempunyai pemahaman paling dasar tentang jaringan internet, sampai dengan bagaimana proses konfigurasi serta proses penginstalan. 

Adapun kebutuhan dalam instalasi dan konfigurasi adalah DNS, proxy servers, WAN accelerators, router dan lainnya.

Menjadi Pemimpin dalam Pengadaan Peralatan

Dalam sebuah perusahaan, perlu sekali untuk melakukan minimalisasi dalam harga belanja peralatan. Itulah mengapa engineer pun harus bisa menjadi pemimpin dalam pengadaan barang yang dibutuhkan. 

Prosesnya cukup panjang dan mulai dari pencarian kontraktor yang biasa menjual alat-alat jaringan, pastikan tahu kualitas alatnya, usia alatnya dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Membangun Jaringan yang Bisa Digunakan dengan Aman dan Efisien

Masalah umum yang paling banyak dikeluhkan pengguna internet adalah keamanan dan juga harganya. Itulah yang menjadi masalah utama para engineer yang harus Anda selesaikan. 

Seorang network engineer wajib memiliki kemampuan untuk membuat jaringan internet yang aman dari berbagai gangguan juga efisien pemakaiannya. 

Jadi, maksud efisien adalah sesuai dengan harga yang perlu dikeluarkan dalam membangun sebuah jaringan yang akan dipakai.

Sebab banyak rumor yang beredar di kalangan praktisi IT, bahwa untuk membuat jaringan internet yang aman itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal itu tentu bisa membuat kas perusahaan cukup keberatan.

Pada saat inilah kreativitas seorang engineer diperlukan, tak tahu bagaimana caranya namun sebisa mungkin menciptakan jaringan internet yang sesuai dengan harapan, namun dengan biaya yang hemat.

Dengan desk job yang begitu rumit, sudah tentu Anda membutuhkan pelatihan yang mumpuni dan mampu menyiapkan Anda untuk terjun di dunia IT Networking yang keras.

Sebanding dengan pekerjaannya, gaji yang akan Anda dapatkan pun sangat memuaskan dan bahkan bisa menghasilkan puluhan juta dalam satu bulan.

Oleh sebab itu, Course-Net menjadi lembaga pelatihan terbaik yang menjadi salah satu Cisco Networking Academy Indonesia, dan mempersiapkan Anda menjadi seorang network engineer yang handal.

Kunjungi situsnya dan daftarkan diri Anda untuk mengikuti pelatihan CISCO, dapatkan sertifikat CCNA sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Peranan dan Tugas Network Engineer"