Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Cloud Storage, Fungsi dan Jenisnya

Jika Anda masih mengandalkan hardisk dan flashdisk sebagai tempat menyiman data, maka sudah saatnya untuk pindah ke penyimpanan cloud termurah. Cloud storage adalah media penyimpanan online yang menawarkan banyak keuntungan.

Cloud storage adalah teknik penyimpanan data secara jarak jauh dan sangat mengandalkan jaringan internet. Artikel ini akan menjelaskan pengertian cloud storage, jenis, dan fungsinya.

Pengertian Cloud Storage

Pengertian Cloud Storage

Cloud storage adalah sebuah layanan di mana data dikirimkan atau diteruskan, lalu disimpan pada sistem penyimpanan jarak jauh. Di sini berlangsung proses pemeliharaan, pengelolaan, dan pencadangan data.

Anda dapat menyimpan data dan file di lokasi di luar situs yang diakses lewat internet. Data yang ditransfer ke luar situs untuk penyimpanan lantas dikelola oleh pihak ketiga, yaitu penyedia cloud storage.

Penyedia ini menghosting, mengamankan, mengelola, dan memelihara server dan infrastruktur terkait. Penyedia cloud memastikan pengguna memperoleh kemudahaan untuk mengakses data kapan pun membutuhkannya.

Cloud adalah layanan penyimpanan data yang lebih hemat biaya dibanding menggunakan hard drive lokal atau jaringan penyimpanan eksternal. Hard drive komputer hanya dapat menyimpan data dalam jumlah terbatas.

Saat kehabisan penyimpanan, pengguna perlu memindahkan file ke perangkat penyimpanan eksternal. Perusahaan harus mengeluarkan banyak biaya untuk membangun server dan memelihara jaringan penyimpanan seiring bertambahnya data.

Layanan penyimpanan cloud termurah memberikan kemudahan dimana Anda dapat menaikkan kapasitas saat volume data meningkat, atau menurunkannya.

Menyimpan data di cloud adalah langkah penghematan. Alih-alih berinvestasi besar untuk membangun dan memelihara jaringan penyimpanan, Anda cukup membayar layanan teknologi dan kapasitas penyimpanan data.

Anda hanya membayar sesuai dengan kapasitas yang digunakan. Pelanggan IndiHome bisa memanfaatkan cloud storage IndiHome dengan biaya yang terjangkau, mulai dari belasan ribu rupiah saja.

Cloud storage IndiHome menyediakan kapasitas penyimpanan mulai 16 GB hingga 128 GB. Pengguna tinggal menyesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan.

Biaya layanan mungkin meningkat seiring dengan volume data yang kian banyak. Namun, Anda tidak perlu menyediakan jaringan penyimpanan yang harganya jauh lebih mahal.

Cloud storage bahkan menawarkan penyimpanan data secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Google Drive misalnya, menyediakan kapasitas kosong sebanyak 15 GB yang bisa Anda manfaatkan dengan cuma-cuma.

Fungsi Cloud Storage

Cloud storage berfungsi sebagai penyimpanan data, media kolaborasi, dan alat berbagi. Inilah penjelasannya.

1. Tempat Penyimpanan Data-Data Penting

Ini adalah fungsi utama dari cloud storage. Anda dapat menyimpan data penting dalam jumlah besar menggunakan layanan ini. Berbekal koneksi internet, pengguna dapat menyimpan data di mana saja kapan saja.

2. Media Berbagi File

Cloud Storage berfungsi sebagai media berbagi antar individu. File sharing memudahkan untuk mengirim dan menerima data hanya melalui internet. Perusahaan yang ingin membagikan datanya secara umum juga dapat menggunakan layanan ini.

3. Media Kolaborasi

Anda dapat membuka data atau dokumen yang dikirimkan oleh seseorang di berbagai perangkat yang dimiliki. Jadi, Anda bisa berkolaborasi dengan partner kerja untuk mengerjakan suatu data secara bersamaan.

Jenis-Jenis Penyimpanan Cloud Termurah

Ada 4 pilihan cloud storage berdasarkan model akses yang berbeda, yaitu public, personal, private, dan hybrid. Simak perbedaan ketiganya berikut ini.

1. Public Cloud Storage

Sesuai dengan namanya, Public Cloud Storage menyediakan lingkungan penyimpanan untuk multi-penyewa. Layanan penyimpanan ini paling cocok untuk data tidak terstruktur berdasarkan langganan.

Data disimpan di pusat data penyedia layanan dengan data penyimpanan tersebar di beberapa wilayah hingga benua. Karena bebagi tempat penyimpanan dengan pengguna lain, biaya cloud publik tentunya lebih rendah daripada cloud pribadi.

Cloud publik sebagian besar digunakan untuk tugas non-kritis seperti berbagi file, pengujian aplikasi, dan pengembangan aplikasi. Perorangan, perusahaan kecil tanpa informasi pribadi, hingga penguna anonim dengan otoritas dapat menggunakannya.

Public cloud storage memiliki beberapa kelebihan, antara lain hemat biaya, konsisten, dan memiliki fleksibilitas yang luas. Pemakai layanan biasanya membayar berdasarkan penggunaan. Namun, ada juga biaya transaksi yang dikenakan berdasarkan frekuensi dan volume data yang diakses.

2. Personal Cloud Storage

Personal Cloud Storage atau Personal Cloud Storage Mobile adalah bagian dari public cloud storage. Bedanya, cloud ini berfungsi sebagai media penyimpanan data untuk perorangan/individu.

Pengguna bisa memanfaatkan penyimpanan cloud seluler untuk mengakses data yang disimpan dimanapun lokasinya. Anda hanya perlu mensinkronisasi data tersebut dan membaginya ke ke perangkat yang diinginkan.

3. Private Cloud Storage

Private Cloud Storage adalah infrastruktur penyimpanan yang digunakan hanya oleh satu organisasi. Organisasi dapat mengelolanya sendiri, atau menggunakan layanan pihak ketiga untuk memeliharanya.

Layanan private cloud storage dirancang untuk kebutuhan individu, maka tentu saja harganya lebih mahal dibanding jenis cloud lainnya. Namun, private cloud storage diakui memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal keamanan dan privasi.

Private cloud storage digunakan oleh perusahaan besar untuk menyimpan informasi sensitif dan pribadi, seperti lembaga pemerintah, keuangan, dan perawatan kesehatan.

Private cloud storage menawarkan berbagai keuntungan, yaitu keamanan tinggi, fleksibilitas luas, efisien, dan kemampuan untuk menyesuaikan yang lebih baik.

4. Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage menggabungkan konsep infrastruktur cloud pribadi dan publik. Saat menggunakan penyimpanan cloud hybrid, data penting disimpan di cloud pribadi organisasi, dan data yang tersisa disimpan di cloud publik.

Metode ini memungkinkan untuk menyesuaikan fitur dan memodifikasinya sesuai kebutuhan sehingga fleksibel dan mudah dikendalikan. Penggunaan waktu dan biaya dapat menjadi lebih efisien.

Penyimpanan cloud termurah adalah solusi untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Cloud storage merupakan media penyimpanan yang aman,eksibilitasnya tinggi, dan pastinya lebih hemat dibanding penyimpanan data konvensional.

Posting Komentar untuk "Apa itu Cloud Storage, Fungsi dan Jenisnya"