Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Sandwich Panel Dibanding Metode Konvensional

Istilah sandwich panel biasanya ada pada proyek konstruksi, terutama bangunan prefabrikasi yang saat ini sedang menjadi trend. Fungsinya untuk memperkuat bangunan agar kokoh. Harga sandwich panel beragam tergantung ukuran dan jenisnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan bangunan.

Pengertian Sandwich Panel

Pengertian Sandwich Panel

Sandwich panel adalah panel yang disusun dari tiga lapisan seperti susunan roti sandwich. Dimana lapisan tengah lebih tebal dibandingkan dengan dua lapisan pengapitnya yang disebut lapisan kulit.

Sandwich panel biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi yang menginginkan material kuat dan keras, namun tidak terlalu berat.

Jenis – jenis Sandwich Panel Berdasarkan Intinya

Lapisan inti sandwich panel yang berada di tengah terbuat dari beberapa jenis bahan, seperti :

1. Expanded polystyrene (EPS)

Inti EPS ini memiliki kelebihan sangat ringan dan tahan panas. Ketebalannya bermacam-macam, mulai dari 40,50,75,100,125,150,175 sampai 200 mm.

2. Polyurethane (PU)

Inti Polyurethane hemat energi dan dapat mencegah kondensasi. Selain itu PU juga memiliki thermal konduktivitas yang rendah sehingga tahan panas juga. Ketebalannya bervariasi mulai dari 50,75,100,125,dan 150 mm.

3. Glass Wool Panel

Glasswool panel tidak mengeluarkan gas beracun ketika terbakar dan tahan terhadap api. Ketebalannya ada yang 50,75,100 dan 125 mm.

Jenis-jenis Sandwich Panel Berdasarkan Penggunaannya

Berdasarkan penggunaannya, sandwich panel dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Sandwich Panel Dinding

Dinding sandwich panel biasanya menggunakan jenis inti EPS. Trend yang sering dipakai untuk dinding sandwich panel ini biasanya dari tipe Thermastyle Pro yang memiliki lebar 950 mm dan ketebalan 50 sampai 100 mm.

2. Sandwich Panel Atap

Atap sandwich panel biasanya menggunakan material inti ThermaDeck Pro yang memiliki ketebalan 50 sampai 100 mm dan tebal 1050 mm. Material ini juga bisa digunakan untuk pintu sandwich panel dan jendela sandwich panel. 

Ketiganya disarankan untuk menggunakan hermetic door yang full system yang bagus untuk keluar masuknya bakteri. Sehingga ruangan lebih sehat.

Kelebihan Sandwich Panel dibandingkan Metode Konvensional

Membangun rumah dengan metode sandwich panel dinilai lebih menguntungkan daripada metode konvensional menggunakan baja dan beton. Hal tersebut dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki sandwich panel, seperti :

1. Bahan Lebih Ringan

Ketebalan maksimal dari sandwich panel hanya 150 mm. Bahan material ini termasuk material paling ringan dibandingkan baja atau beton, sehingga pemasangannya pun mudah.

2. Mudah Dirawat

Karakteristik sandwich panel yang ringan membuat material ini mudah dirawat. Anda dapat merawatnya sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga, karena materialnya yang mudah dibersihkan.

3. Proses Pemasangan Mudah

Jika membangun rumah pada umumnya menggunakan pasir, air dan semen. Maka membangun rumah dengan bahan sandwich panel hanya membutuhkan rakitan yang mudah dilakukan. Pemasangannya pun mudah dan sederhana.

4. Hemat Energi

Sandwich panel membuat cahaya lampu terpantul dua kali lebih baik daripada dinding biasa. Begitu juga dengan udara di AC yang tetap dingin meskipun AC dimatikan. Sifat sandwich panel ini membuat rumah lebih hemat energi dan hemat biaya listrik.

5. Peredam Panas dan Suara Terbaik

Sandwich panel juga dapat meredam suara dengan baik dan menahan panas agar tidak masuk ke dalam rumah. Material ini cocok untuk rumah yang ada di daerah padat penduduk.

6. Anti Gempa

Sandwich panel dibuat dari material yang ringan. Sehingga jika terjadi gempa, tidak akan mengakibatkan kecelakaan parah seperti baja atau beton. Jadi lebih aman.

Konstruksi sandwich panel membutuhkan banyak ketelitian dalam pembuatannya. Terutama pada jenis inti lapisan tengah yang menentukan kekuatan bahan yang dipakai.

PT. Pandu Anugerah Persada hadir dengan tim handal yang dapat membuat inti lapisan sandwich panel dengan hasil terbaik. Dengan pengalaman dan kepercayaan masyarakat, PT Pandu Anugerah Persada selalu mengedepankan profesionalitas dalam bekerja, sehingga hasil yang didapat pun memuaskan.

Dapatkan perencanaan hingga pengerjaan bangunan prefabrikasi menggunakan sandwich panel Indonesia dengan hasil terbaik, bersama PT Pandu Anugerah Persada. Harga sandwich panel beragam tergantung proyeknya ya.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Sandwich Panel Dibanding Metode Konvensional"