Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Tentang Cincin Tunangan, Kamu Wajib Tahu!

Lamaran merupakan salah satu momen penting bagi pasangan yang ingin menikah. Biasanya seorang pria akan memberikan cincin tunangan kepada pasangannya sebagai simbol pengikat hubungan mereka.

Budaya memasangkan cincin tunangan di jari pasangan ini sudah ada sejak lama dan dilakukan oleh hampir setiap pasangan di berbagai negara. Nah, selain makna yang dalam, cincin ini memiliki beberapa fakta menarik yang perlu Anda tahu. Apa saja faktanya?

5 Fakta Tentang Cincin Tunangan

Fakta Tentang Cincin Tunangan

Pemberian cincin tunangan bisa dilakukan di hadapan pasangan saja atau di hadapan keluarga dan kerabat. Di Indonesia, proses lamaran dan pemasangan cincin umumnya dilakukan sekaligus sebagai momen pertemuan kedua keluarga.

Selain fakta tersebut, berikut ini 5 fakta menarik tentang cincin tunangan.

1. Letak Penggunaan

Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai letak pemasangan cincin tunangan di jari yang mana. Namun berdasarkan kebiasaan yang selalu dilakukan secara terus menerus di beberapa negara, setiap pasangan akan memasangkan cincin tunangan di jari manis tangan kiri.

Hal ini sesungguhnya berasal dari tradisi Bangsa Romawi yang percaya bahwa pembuluh dari di jari manis yang disebut juga sebagai vena amoris (asmara dalam bahasa yunani) akan langsung mengalir ke jantung.

2. Desain Cincin Tunangan

Bagi sebagian orang, cincin tunangan diberikan kepada perempuan saja. Namun, tidak sedikit yang memilih untuk membuat cincin tunangan bagi pria maupun wanita alias tukar cincin sebagai tanda ikatan hubungan satu sama lain.

Model cincin tunangan tidak ada ketentuan khusus. Anda bisa membuat desain cincin couple yang sama, tetapi biasanya cincin untuk wanita memiliki desain lebih cantik dan menarik, seperti tambahan berlian pada cincin.

Sementara itu, untuk pria biasanya menggunakan desain cincin tunangan simple atau polos tanpa ada berlian atau batu permata lainnya. Anda bisa membuat permintaan khusus kepada pembuat cincin model seperti apa yang diinginkan.

3. Undang-Undang Tentang Cincin Tunangan

Tahukah Anda, di Amerika pada abad ke-20 terdapat undang-undang yang mengatur tentang pelanggaran janji pernikahan.

UU tersebut berisi tentang aturan bahwa cincin tunangan dari pria yang diberikan pada wanita statusnya merupakan hadiah. Berdasarkan aturan tersebut, apabila pernikahan mereka gagal dilakukan, maka cincin tersebut harus dikembalikan pada sang pria

4. Bahan Pembuatan

Cincin tunangan dapat dibuat dari berbagai macam bahan seperti emas, emas putih/ platinum, perak, hingga palladium. Saat ini bahan emas putih cukup digemari oleh wanita untuk dijadikan cincin tunangan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya palladium merupakan jenis mineral terbaik yang bisa digunakan untuk membuat perhiasan mewah. Logam mulia ini tahan korosi dan oksidasi, tidak menimbulkan reaksi alergi, serta awet dan perawatannya mudah.

Harga cincin tunangan yang terbuat dari palladium juga memiliki harga yang bersaing dengan logam mulia lainnya namun tetap memberikan kemewahan desain yang tetap minimalis dan elegan.

5. Cara Membuktikan Keaslian Cincin Berlian

Terdapat satu fakta unik mengenai cincin berlian. Apabila Anda ingin membuktikan keaslian cincin berlian dengan mudah, jemurlah cincin di bawah sinar matahari selama beberapa saat, kemudian bawa cincin tersebut ke tempat yang sangat gelap sekali.

Cincin berlian yang asli dan berkualitas bagus akan tetap menyala selama beberapa detik setelah masuk ke ruangan gelap, sedangkan cincin berlian palsu tidak akan menyala sama sekali.

Cincin Berlian untuk Tunangan dari Diamond & Co.

Cincin Berlian untuk Tunangan dari Diamond & Co.

Cincin tunangan biasanya memiliki desain yang lebih elegan dan mewah dibandingkan dengan cincin kawin. Meskipun begitu, keduanya tetap memiliki makna istimewa sebagai bentuk keabadian suatu hubungan.

Diamond & Co. menghadirkan berbagai pilihan cincin tunangan terindah dengan sentuhan berlian atau batu permata lainnya cocok untuk Anda atau pasangan.

Cincin berlian Diamond & Co. merupakan cincin berlian yang ramah dikantong. Dengan emas 9 karat (37,5%) dan berlian asli dari alam dengan spesifikasi near colorless / NC dan clarity VS. model yang modern dan kekinian.

Jika Anda tertarik membeli cincin berlian Diamond & Co. Anda bisa mengunjungi store yang tersebar di Banten, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Anda juga bisa melakukan pembelian dan konsultasi secara online melalui website Diamond & Co.

Posting Komentar untuk "5 Fakta Tentang Cincin Tunangan, Kamu Wajib Tahu!"