Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perbedaan Asuransi dan Investasi

Saat ini investasi menjamur ke berbagai kalangan masyarakat dalam mengembangkan aset yang dimiliki. Walau begitu, sedikit orang yang belum peduli akan pentingnya memiliki asuransi. Sejatinya, memiliki keuangan yang baik itu dengan memiliki asuransi dan investasi

Investasi diperlukan untuk mengatasi inflasi yang terus meningkat. Jika saat ini harga minyak goreng 48.000/2 liter, maka 10 tahun lagi bisa mencapai 90.000/2 liter. Kenaikan harga tersebut terjadi karena adanya inflasi. Itulah mengapa banyak yang mengembangkan dana atau aset lewat investasi.

Akan tetapi, dalam kehidupan kita tidak bisa terlalu fokus pada satu hal, sehingg lupa akan hal penting lainnya yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Salah satunya yaitu asuransi untuk perlindungan diri dari berbagai risiko kerugian, kecelakaan, dan meninggal dunia.

Baik itu investasi maupun asuransi penting untuk dimiliki. Karena, keduanya sama-sama melindungi finansial ketika terjadi hal yang tidak diharapkan.

Apa Itu Asuransi dan Investasi?

Untuk memahami lebih lanjut mengenai asuransi dan investasi, berikut ini penjelasannya.

Investasi adalah penanaman modal dalam kurun waktu tertentu untuk membeli saham maupun surat berharga yang memiliki keuntungan. Nantinya dana atau aset berharga yang digunakan untuk investasi akan berkembang dan berguna untuk kebutuhan di masa mendatang.

Sedangkan asuransi adalah pertanggungan untuk pengendalian risiko kerugian, kehilangan atau meninggal dunia antara pihak pemberi layanan asuransi dengan pemegang polis. Setiap risiko yang timbul akan diberikan kepada perusahaan asuransi kepada tertanggung.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi, maka pemegang polis harus membayar sejumlah premi sesuai perjanjian di awal. Besarnya premi dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial. Contohnya untuk membeli produk asuransi jiwa, maka pilihlah premi yang tepat.

Lalu, apa bedanya asuransi dan investasi? Sekilas memang terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan dari tujuan, tingkat risiko, dan keuntungan yang akan diperoleh dari masing-masing produk keuangan tersebut.

Cek Perbedaan Asuransi dan Investasi

Cek Perbedaan Asuransi dan Investasi

Agar tidak salah dalam memahami asuransai maupun investasi, berikut ini beberapa perbedaan yang harus dicermati dan pahami dengan baik.

Tujuan Utama

Dari segi tujuan baik asuransi maupun investasi jelas perbedaannya. Dimana asuransi untuk mendapatkan perlindungan ketika hal buruk menimpa diri sendiri maupun keluarga. Sedangkan investasi memiliki tujuan untuk mengembangkan dana atau aset.

Pada umumnya asuransi memberikan pertanggungan dari risiko kecelakaan, penyakit kritis, berobat, dan meninggal dunia. Besarnya dana asuransi yang akan diterima tertanggung, disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.

Berbeda dengan investasi bahwa pengembangan aset untuk menghadapi inflasi yang tidak terduga. Dalam mengembangkan aset bisa memilih investasi saham, reksadana, dana pensiun, biaya pendidikan, dan sejenisnya.

Risiko Asuransi dan Investasi

Dalam hal risiko asuransi memiliki tingkatkan kerugian yang dapat diukur, sebaliknya dana dapat bertambah dengan adanya premi yang dibayarkan atau bisa lebih sesuai produk asuransi yang dibeli. Lain hal dengan investasi yang memiliki risiko tidak pasti.

Inveastasi bisa untung atau rugi tergantung kondisi pasar, karena uang yang dikembangkan bersifat fluktuatif. Sehingga, kamu harus cek kondisi pasar secara berkala untuk memantau kenaikan atau turunnya pasar.

Keuntungan

Asuransi dan investasi memiliki banyak keuntungan dan manfaat, karena asuransi memberikan keuntungan dalam hal proteksi risiko atas hal-hal yang tidak terduga. Sedangkan keuntungan investasi adanya pertambahan nilai dari dana yang dikembangkan.

Jadi, jangan merasa puas dengan memiliki investasi atau asuransi saja. Alangkah baiknya memiliki kedua produk tersebut, karena saat ini banyak tersedia produk asuransi yang juga merangkap investasi. Salah satunya produk Mega Signature Link persembahan PFI Mega Life.

Miliki Asuransi Sekaligus Investasi di PFI Mega Life

PFI Mega Life Insurance adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa asuransi jiwa dan berbagai produk asuransi lainnya untuk perlindungan diri dan keluarga dari risiko yang tidak terduga. Selain itu, terdapat juga produk asuransi yang digabungkan dengan investasi.

Mega Signature Link merupakan produk asuransi untuk kamu yang juga tertarik dengan investasi. Dimana keuntungan yang akan diterima tidak hanya perlindungan meninggal dunia, tetapi memiliki masa pertanggungan hingga usia 100 tahun.

Tertarik dengan produk asuransi dan investasi? Bisa pilih Mega Signature Link dari PFI Mega Life Insurance.

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan Asuransi dan Investasi"