Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SehatQ : 10 Penyebab Mual di Pagi Hari

Apakah Anda pernah merasakan mual di pagi hari? Atau sekarang tengah merasakan kondisi tersebut? Semua orang pasti pernah merasakan mual, dan tidak jarang sampai muntah-muntah karena mual tersebut. Umumnya jika wanita merasa mual di pagi hari disebabkan oleh kehamilan, dan dikenal dengan istilah morning sickness.

Tetapi jika pria yang merasakan mual, tentu penyebabnya bukan karena kehamilan. Melainkan lebih banyak lagi penyebab yang bisa menimbulkan rasa mual tersebut. Pun demikian pada kaum wanita, tidak semua yang merasa mual di pagi hari adalah hamil.

Penyebab Mual yang Sering Terjadi

Penyebab Mual yang Sering Terjadi

Proses alami yang terjadi dalam tubuh untuk mual sangat kompleks, sebab melibatkan banyak ekali sistem dalam tubuh kita. Mulai dari sistem saraf pusat, keadaan psikologis,, sistem saraf otonom, pecernaan, sistem endokrin dan sebagainya. Kesimpulannya, saat seseorang merasa mual, maka sebuah rangsangan tengah terjadi dan kumpulan saraf di otak sedang meresponnya.

Kumpulan saraf otak yang merespon adalah CTZ atau Chemoreseptor Trigger Zone yang bereaksi atas kadar asam lambung tinggi. Serta Labirin Vestibular yang ada pada bagian tengah telinga, biasanya bereaksi ketika ada penyakit telinga dan mabuk kendaraan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan mual di pagi hari:

Mengandung

Umumnya akan terjadi pada trimester awal, namun banyak kasus yang mengatakan jika mual-mual terjadi sampai trimester akhir kandungan. Biasanya dokter akan memberikan obat anti mual untuk ibu hamil, sehingga bisa mengurangi mual muntah saat pagi.

Fatigue atau Kelelahan

Jika Anda kurang tidur, atau siklus tidurnya berantakan sehingga kurang istirahat, maka bisa merasakan mual.

Gula Darah Rendah

Ketika lapar, kadar gula darah Anda rendah dan bisa menyebabkan lemas, pusing dan mual.

Hormon Vasopressin Meningkat

Tahukah Anda jika kadar vasopressin meningkat dalam tubuh, bisa sebabkan rasa mual yang menyebabkan muntah. Umumnya hormon ini akan keluar ketika Anda stress dan tertekan, atau karena adanya infeksi, serta bisa saja karena tengah mengonsumsi jenis obat-obat khusus.

Refluks asam

Ketika katup lambung tak menutup dengan sempurna setelah minum atau setelah Anda makan, maka bisa menimbulkan mual. Biasanya pada pagi hari lebih parah, sebab selama beberapa jam setelah Anda makan, masih bisa mengalami refluks.

Gelisah Berlebihan

Jika Anda sedang merasa gelisah karena terlalu stres, atau karena cemas dan bahkan terlalu gembira, maka bisa menyebabkan mual di pagi hari.

Gastroparesis

Kondisi ini adalah saat di mana lambung tak mampu mencerna makanan, sebab otot dinding perut yang melambat, atau bahkan juga berhenti dan sama sekali tidak bergerak. Jika kondisi ini terjadi, maka Anda akan merasa mual, sakit perut dan muntah-muntah.

Batu empedu

Adanya endapan cairan yang mengendap selama bertahun-tahun di dalam kantung empedu, bisa menjadi batu empedu. Ketika batu empedu terhimpit, atau menyumbat saluran kantung empedu, maka akan muncul rasa mual yang berbarengan dengan nyeri juga muntah-muntah.

Konsumsi Obat Antinyeri Opioid

Mayoritas obat golongan opioid memberikan rasa mual dan muntah untuk pengonsumsinya. Jadi jika Anda sedang perawatan dan mengonsumsi obat ini, sebaiknya tahu apa efek samping yang bisa dirasakan.

Efek Kemoterapi

Ketika menjalankan kemoterapi, efek samping dari obatnya adalah mual dan muntah. Bahkan dari banyak kasus yang terjadi, setelah kemoterapi berhenti pun masih bisa mual muntah karena terbayang-bayang.

Apakah ada penyebab mual di pagi hari yang Anda rasakan? Jika membutuhkan lebih banyak informasi mengenai penyebab mual saat pagi hari, Anda bisa menemukan informasi yang lebih lengkap di SehatQ.com. 

Situs tersebut memiliki direktori penyakit yang lengkap, mulai dari penyakit ringan yang bisa sembuh dengan cepat, sampai berbagai macam penyakit mematikan yang membutuhkan perawatan medis yang intensif.

Dengan memanfaatkan direktori penyakit di situs SehatQ.com, maka Anda bisa lebih mudah melakukan diagnosis awal mengenai keluhan yang dirasakan. Anda bisa menemukan berbagai cara untuk meringankan gejalanya.

Akan tetapi bila membutuhkan konsultasi dengan tim medis, Anda bisa melakukan konsultasi online dengan para dokter SehatQ.com, untuk kemudian mendapatkan rujukan untuk konsultasi offline ke rumah sakit terdekat.

Posting Komentar untuk "SehatQ : 10 Penyebab Mual di Pagi Hari"