Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Melahirkan, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Bagi ibu hamil menjelang kelahiran bayi terkadang kebingungan apa saja yang harus dipersiapkan. Untuk mencegah kebingungan ini, Anda harus mempersiapkannya jauh hari sebelum mendekati HPL (Hari Perkiraan Hamil). Mulai dari menjaga kesehatan tubuh dan bayi dengan cek lab ibu hamil, untuk mengetahui keadaan bayi yang dikandung.

Persiapan melahirkan yang jauh hari dari HPL akan membuat pikiran dan jiwa ibu hamil lebih tenang. Ketenangan ibu hamil ini berpengaruh dengan proses kelahiran yang lancar. Apa saja yang harus dipersiapkan? Baca tulisan ini sampai selesai.

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Untuk mempersiapkan kelahiran sebaiknya siapkan bersama pasangan. Diskusikan apa saja yang diperlukan dengan pasangan agar tidak lelah berpikir sendiri. Ada dukungan dari pasangan juga dukungan keluarga inti. Hal yang bisa didiskusikan dengan pasangan untuk persiapan kelahiran antara lain:

1. Memilih Klinik Kelahiran

Untuk memilih tempat melahirkan baik di klinik atau rumah sakit biasanya sudah terarah sejak konsultasi kesehatan bayi dan ibu hamil. Ketika memilih untuk tenaga medis kandungan biasanya yang sudah dirasa nyaman oleh ibu hamil, agar lebih tenang ketika akan melahirkan.

Memilih tempat konsultasi dan pemeriksaan kesehatan bayi dan bumil bisa di klinik Kehamilan Sehat. Juga memberikan fasilitas untuk kelahiran normal maupun operasi.

2. Cek Lab Ibu Hamil

Fungsinya melakukan cek lab ibu hamil sebelum melahirkan untuk melihat kondisi perkembangan bayi. Agar mencegah penyakit yang bisa menyerang ibu hamil dan kandungannya. Jika terindikasi ada yang janggal bisa ditangani dengan segera.

3. Olahraga Khusus Ibu Hamil

Olahraga yang paling mudah untuk ibu hamil adalah jalan kaki setiap hari. Konsultasikan dengan dokter untuk jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Dengan olahraga akan membantu proses kelahiran lebih lancar, karena otot-otot tubuh tidak kaku.

4. Ikuti Kelas Menjelang Kelahiran

Mengikuti kelas persiapan kelahiran seperti belajar untuk pernafasan, mengejan, dan pengetahuan tentang emosi sebelum dan sesudah melahirkan. Emosi dan kejiwaan ibu setelah melahirkan tidak semuanya baik-baik saja.

Misalnya bisa terserang baby blues, di mana mudah marah, tidak mau menyusui, merasa tertekan, dan lain-lainnya. Untuk mengurangi emosi yang tidak diinginkan sebaiknya belajar terlebih dahulu.

5. Siapkan Perlengkapan Sebelum dan Sesudah Bersalin

Simpan perlengkapan barang ibu hamil, calon bayi, dan suami dalam sebuah tas. Waktu untuk bersalin terkadang tidak sesuai dengan HPL, jadi sebulan sebelumnya sudah menyiapkan tas khusus untuk persalinan. Ketika tiba-tiba kontraksi sudah sigap untuk pergi ke tempat persalinan.

Untuk ibu yang diperlukan pakain ganti yang nyaman, terutama yang berkancing atas, bra khusus menyusui, pembalut, peralatan mandi, pakaian dalam, dan perlengkapan lainnya. Untuk bayi berupa baju, selimut, kain untuk bedong, sarung tangan dan kaki, popok, gendongan, penutup kepala dan lainya.

6. Persiapkan Keperluan Bayi

Siapkan keperluan bayi mulai dari pakaian, ruangan bayi, selimut, kain bedong, popok, peralatan mandi, kain penghalang nyamuk, gendongan, dan lainnya. Siapkan satu tas khusus perlengkapan bayi setelah lahiran.

7. Siapkan Dana untuk Persalinan

Biaya yang diperlukan untuk persalinan normal maupun operasi. Meski sudah yakin bisa lahiran normal, tapi jika tidak sesuai dengan rencana maka dana persalinan sudah aman. Sehingga ketika melahirkan sudah lebih tenang baik calon ibu dan caloh ayahnya.

8. Menentukan Metode Kelahiran

Metode melahirkan ada tiga cara yaitu dengan kelahiran norma, operasi caesar, dan water birth. Proses kelahiran normal, cara bersalin dengan cara mengejan dan pembukaan.

Operasi caesar, untuk persalinan ini dikarenakan kondisi khusus ibu hamil yang sudah mendapatkan rujukan dari dokternya. Terakhir proses kelahiran water birth yang belum sepenuhnya mendapatkan rekomendasi dari ahli medis kandungan. Apapun pilihan metode kelahirannya itulah yang terbaik untuk kondisi ibu dan kehamilannya.

Yang paling utama dalam mempersiapkan kelahiran adalah mengecek kesehatan ibu dan bayi dengan menggunakan cek lab ibu hamil. Untuk cek lab ibu hamil yang hasilnya cepat, akurat, biaya terjangkau, pelayanan berkualitas ada di klinik Kehamilan Sehat. Untuk mengecek biayanya bisa cek di sini! Klinik Kehamilan Sehat juga memberikan layanan konsultasi dan pemeriksaan sejak ibu hamil hingga melahirkan.

Posting Komentar untuk "Sebelum Melahirkan, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?"