Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Industri yang Bisa Menggunakan IoT Dengan Maksimal

5 Industri yang Bisa Menggunakan IoT Dengan Maksimal - Dunia digital saat ini makin berkembang. Hampir segala sektor kehidupan manusia bisa dipantau dari jarak jauh menggunakan teknologi yang makin maju. Salah satunya adalah dengan Internet of Things atau yang dikenal dengan IoT.

Prinsip dasar dari IoT sebenarnya adalah terletak pada banyaknya device yang saling terhubung satu sama lainnya, lalu dikendalikan dalam satu device tertentu. Pekerjaan pun menjadi lebih efisien dan cepat karena dilakukan tanpa campur tangan manusia secara langsung.

Apa itu IoT dan contohnya. Berikut ini akan kita ulas bersama.

Apa itu Internet of Things ?

Internet of things adalah suatu gambaran atau deskripsi dari suatu jaringan yang dipasang dengan menggunakan sensor ke device lainnya. Tujuannya adalah agar dapat menghubungkan beberapa device atau perangkat elektronik dan saling tukar data serta informasi melalui internet.

Secara teoritik, internet of things dapat diartikan sebagai penerapan teknologi pada instrumentasi tertentu yang memanfaatkan teknologi cloud.

Bentuk dari internet of things ini sebenarnya sederhana dan bisa berbentuk seperti alat rumah tangga pada umumnya. Atau bisa dalam bentuk peralatan canggih di perusahaan besar. Apapun bisa dipasangkan sensor jarak jauh. Sensor ini akan dikontrol di satu device, sehingga informasi bisa didapatkan lebih detail dan akurat.

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan pesat. Saat ini saja, sudah ada sekitar 7 miliar device yang terhubung dengan internet of things. Para ahli bahkan memprediksi angka ini akan terus bertambah menjadi 22 miliar device pada tahun 2025.

Contoh ioT bisa kita temukan dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Dalam rumah tangga, kita bisa memasang iot pada peratan elektronik di rumah. Misal televise, cctv, remote AC atau lampu. Pengendali device nya bisa menggunakan remote yang bisa kita bawa kemana-mana. Jadi kita tetap bisa mengontrol keadaan rumah meskipun kita tidak sedang berada di rumah.

Lewat remote yang kita kendalikan, kita bisa melihat keadaan rumah melalui cctv yang kita pasang, bisa mematikan tv atau AC dari kantor. Tanpa perlu kembali ke rumah dan mematikannya secara manual. Praktis dan efisien. IoT juga bisa kita temuakn di industry besar dan sangat besar pengaruhnya untuk kemajuan perusahaan.

Industri yang Bisa Menggunakan IoT dengan Maksimal


Industri yang Bisa Menggunakan IoT dengan Maksimal

Internet of things sangat membantu dalam proses pengoperasian dalam suatu industry. Penerapan teknologi yang mutakhir digunakan untuk mempermudah kerja industry sehingga perusahaan dapat bekerja secara maksimal.

Penerapan teknologi of things ini tentu saja akan maksimal jika digunakan pada perusahaan yang memafaatkan teknologi secara mutakhir. Beberapa industry yang dimaksud diantaranya :

1. Manufaktur

Perusahaan manufaktur memerlukan pemantauan dalam segala proses pengoperasiannya. Termasuk proses produksi yang membutuhkan pengawasan. Pemantauan ini bisa dilakukan lebih efektif dengan memasang sensor pada beberapa instrument.

Sensor akan menyala dan berbunyi ketika mendeteksi adalah kegagalan output produksi. Melalui peringatan dari sensor inilah, perusahaan dapat langsung bergerak untuk memeriksa kerusakan yang terjadi dan segera memperbaikinya.

Penerapan sistem ioT dalam perusahaan manufaktur dapat membuat pekerjaan jadi lebih efisien. Selain itu biaya operasi juga dapat diminimalisir. Kerusakan dapat terdeteksi dengan cepat dan segera diperbaiki, sehingga performa perusahaan pun dapat lebih baik.

2. Otomotif

Penerapan Internet of things juga dapat digunakan di industry otomotif. Sensor pendeteksi dapat dipasang di berbagai instrument di bagian industry maupun pada kendaraan. Sensor akan mendeteksi jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada bagian kendaraan yang sudah berjalan di jalan raya, sensor akan memantau kecepatan dan apa saja yang terjadi selama kendaraan berjalan, seperti ketika ada kecelakaan mobil atau ketika mobil dicuri. Perusahaan dapat memantau dan melakukan perbaikan dengan segera.

Kontrol jarak jauh menggunakan ioT ini sangat bermanfaat bagi pengendara, karena merasa lebih nyaman dan aman. Pemilik mobil pun dapat mengetahui informasi mengenai kendaraannya lebih lengkap.

3. Transportasi dan Logistik

Transportasi dan logistic biasanya berhubungan dengan paket yang dibawa. Paket bisa berupa makanan, minuman, obat-obatan atau barag lain yang membutuhkan keamanan ekstra.

Untuk makanan, minuman dan obat-obatan, suhu dan temperature selama perjalanan mempengaruhi kualitas barang. Karena itulah diperlukan pengontrolan dan pemantauan suhu dan faktor lain selama perjalanan, sehingga barang sampai di tujuan dengan selamat dalam kondisi yang baik.

Kerusakan selama perjalanan dapat dideteksi dengan menggunakan sensor yang dipasang pada kendaraan dan barang yang sedang dikirim. 

Perusahaan dapat melakukan perbaikan dengan segera ketika sensor mengirimkan sinyal peringatan. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan karena dapat meminimalisir kerusakan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Retail

Perusahaan retail akan sangat diuntungkan jika menerapkan sistem ioT dalam perusahaannya. Semua hal bisa dipantau dari jarak jauh, seperti pengelolaan inventaris, peningkata belanja pelanggan, supply chain juga dapat ditingkatkan sehingga biaya operasional perusahaan dapat diminimalisir.

Sensor akan mendeteksi dengan cepat ketika terjadi gangguan. Misal pad arak pintar pada aplikasi belanja online. Internet of things akan melacak inventaris dan memberikan sinyal ketika barang akan habis. Pemilik perusahaan pun bisa menambah stok barang sesuai informasi yang diberikan.

5. Sektor Publik

Layanan publik seperti air, listrik maupun pembuangan sampah juga memerlukan pemantauan secara berkala dan maksimal. Internet of thing melalui sensornya, akan mendeteksi ketika ada gangguan pada listrik sehingga diperlukan pemadaman massal. Atau ada gangguan pada industry air maupun pada saluran pembuangan.

Pemerintah dapat segera melakukan perbaikan terkait gangguan yang diinformasikan melalui internet of things. Pekerjaan pun jadi lebih mudah dan efisien, karena masalah dapat segera diketahui sehingga dapat segera diselesaikan.

Internet of Thing di Telkom

Internet of things terbukti membantu banyak perusahaan untuk meningkatkan performanya. Hal ini terlihat dari insight perusahaan yang dapat dilihat dalam berbagai data digital.

Perusahaan telekomunikasi memberikan kemudahan melalui internet of things dengan selalu mengupdate sensor dan device yang bisa digunakan. Salah satunya dengan adanya solusi end to end IOT yang bisa diterapkan pada berbagai platform, seperti infrastructure, device dan juga platform iot Antares beserta beberapa jaringan lorawan.

Perusahaan makin berkembang dengan sistem internet of things yang makin canggih.

Posting Komentar untuk "5 Industri yang Bisa Menggunakan IoT Dengan Maksimal"