Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga yang Benar

Bagi kebanyakan orang, dapur adalah salah satu ruangan yang paling tinggi aktivitasnya, bahkan bisa jadi salah satu yang paling berantakan. Agar tetap sehat, lakukan pembersihan dapur dan peralatan rumah tangga secara rutin untuk mengatasi dan mencegah kotoran dan kuman.

Anda yang gemar memasak harus rajin-rajin membersihkan peralatan dapur agar tetap higienis. Hal ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika salah malah bisa menyebabkan kerusakan. Agar tidak keliru, inilah beberapa tips membersihkan peralatan dapur dengan benar.

Tips Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

Tips Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

Tanpa cara pembersihan yang tepat, Anda dapat merusak peralatan rumah tangga untuk memasak. Parahnya, bahkan bisa menimbulkan kotoran, kuman, dan bakteri yang membuat dapur Anda tidak aman. Untungnya, membersihkan peralatan dapur sangat mudah asal mengetahui bahan pembuatnya, yaitu:

1. Peralatan Rumah Tangga dari Stainless Steel

Banyak peralatan dapur yang menggunakan stainless steel karena bahan ini tahan lama dan bentuknya menarik. Di lain pihak, stainless steel bukanlah bahan anti lengket, jadi Anda memerlukan beberapa trik untuk membersihkannya.

Mencuci peralatan yang terbuat dari bahan ini secara umum adalah menggunakan spons biasa dan sabun cuci tangan. Apabila ada makanan gosong yang lengket di wajan atau panci, campurkan soda kue dengan air hangat lalu tuang pada alat tersebut.

Diamkan selama beberapa menit kemudian gosoklah bekas gosong menggunakan bagian kasar dari sabut gosok. Jangan gunakan kawat gosok karena dapat menggores peralatan masak Anda.

2. Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket biasanya terbuat dari bahan marmer, besi, dan keramik, serta sangat nyaman jika digunakan untuk memasak. Namun, Anda harus pandai-pandai merawat agar permukaannya tidak rusak.

Cara yang paling tepat untuk membersihkan wajan anti lengket adalah menggunakan spons halus dan sabun cuci piring berbentuk cair. Jangan cuci peralatan menggunakan kawat atau spons abrasif, sabun yang kasar. Hindari penggunaan mesin cuci piring agar tidak merusak lapisannya.

3. Bahan Keramik

Peralatan masak dari bahan keramik memiliki permukaan yang halus dan tidak lengket. Bahan yang dimasak menggunakan wajan dari bahan keramik juga tidak gampang gosong. Cara membersihkannya cukup mudah, yaitu hanya menggunakan spons halus dan sabun cuci piring cair.

Apabila terdapat sisa makanan yang menempel pada wajan berbahan keramik, cukup tuangkan air hangat yang diberi sabun cuci piring. Diamkan selama setengah jam, lalu cuci seperti biasa.

4. Peralatan dari Bahan Besi

Biasanya, alat masak dari bahan besi digunakan untuk memanggang makanan. Anda harus langsung membersihkan alat ini setelah menggunakannya agar tidak menimbulkan kerak.

Sebelum dibersihkan, dinginkan dahulu peralatan tersebut. Rendam dengan air hangat lalu gunakan spons dan sabun cuci piring untuk membersihkannya. Apabila masih tersisa noda yang sulit hilang, teteskan sedikit cuka ke atasnya, diamkan sebentar, lalu cuci kembali.

5. Peralatan dari Bahan Kayu

Merawat peralatan dari bahan kayu tergolong mudah-mudah gampang. Bersihkan alat-alat, seperti talenan, spatula, dan lainnya menggunakan sabun cuci piring cair dan air panas. Bilas hingga sabunnya hilang, kemudian lap dengan kain bersih atau tisu.

Pastikan peralatan tersebut kering sempurna sebelum disimpan di dalam lemari karena jika tidak, alat-alat tersebut akan mudah ditumbuhi jamur. Hal ini sangat berbahaya, karena jamur dapat menyebabkan dapur tidak higienis dan dapat mengkontaminasi makanan yang disiapkan.

6. Peralatan dari Bahan Tembaga

Jauhkan peralatan bahan tembaga dari benda tajam karena hal ini akan meningkatkan kemungkinan timbulnya goresan. Gunakan spons halus dan sabun cuci piring untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari bahan tembaga.

Setelah mencuci peralatan dapur maka Anda harus menyimpannya di tempat yang rapi dan sesuai dengan kegunaannya. Jangan lupa untuk menata aneka bumbu dapur di dalam wadah yang baik dan tertutup rapat agar tidak mudah kemasukan kotoran.

Sebagai pilihan wadah, Anda bisa menggunakan Cattleya Set dari grinnliving.com. Cattleya Set terdiri dari wadah aneka ukuran yang sangat tepat dipakai untuk menyimpan bumbu, bahan makan, hingga cemilan. Bentuknya yang estetik dapat menambah nilai artistik dapur dan setiap ruangan.

Apabila Anda membutuhkan wadah penyimpanan peralatan rumah tangga dan aneka bahan makanan yang cantik dan ramah lingkungan, tidak perlu bingung. Kunjungi situs web grinnliving.com untuk mengetahui berbagai jenis dan desainnya yang menarik.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga yang Benar"