Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Plafon PVC yang Harus Anda Ketahui

Bicara soal dekorasi interior hunian, memasang plafon PVC bisa jadi cara yang layak untuk Anda pertimbangkan. 

Meskipun plafon lebih banyak ditemukan di langit-langit hotel, restoran, apartemen, atau mal, sebenarnya plafon juga bisa dipasang untuk langit-langit rumah, kok!

Fakta Plafon PVC yang Harus Anda Ketahui

Dan sebelum Anda memasang plafon berbahan PVC untuk mempercantik hunian, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu beberapa informasi atau fakta penting mengenai plafon PVC. Simak penjelasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Lebih Tahan Lama Dibandingkan Gypsum, Fiber Semen, atau Triplek

Gypsum, fiber semen, dan triplek adalah jenis bahan umum untuk plafon yang ada di pasaran. Bandingkan ketiganya, plafon dari PVC lebih unggul, apalagi dari segi keawetannya. 

Karena seperti yang ditunjukkan namanya, plafon ini terbuat dari Polyvinyl Chloride – material ini mengandung Polymer Isosianat yang tidak akan lapuk.

Perhatikan Warna Lem Perekat

Salah satu kelebihan plafon dari PVC adalah pilihan warnanya yang beragam. Makanya Anda bisa bebas berkreasi dengan warna apapun untuk mempercantik ruangan lewat tampilan langit-langit. Akan tetapi, Anda juga perlu perhatikan warna lem perekatnya.

Soalnya, lem perekat cenderung gampang belepotan, terutama jika plafon nantinya akan Anda pasang sendiri. Sebaiknya Anda pilih lem berwarna putih atau warna muda yang lebih aman serta tidak terlalu mencolok kalaupun lemnya nanti belepotan.

Lebih Aman untuk Penghuni Rumah

Tak hanya estetik, plafon dari PVC juga bisa bantu jaga keamanan Anda dan penghuni rumah, lho! Alasannya adalah karena sifat materialnya yang tidak mudah merambatkan api, alias flame retardant. 

Jadi walaupun terjadi kebakaran, risiko api menjalar ke seluruh rumah jauh lebih minim. Ditambah lagi plafon dari PVC juga tahan panas, termasuk panas dari paparan sinar matahari.

Pemasangan dengan Sistem Knock-Down

Hal menarik lainnya dari jenis plafon yang satu ini adalah sistem pemasangannya yang sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Soalnya, plafon dari PVC bisa dipasang dengan sistem knock-down alias sistem bongkar-pasang. 

Maka dari itu, pemasangan plafon ini biasanya tidak makan banyak waktu, meskipun proses pemasangannya sendiri sebaiknya tetap diserahkan ke jasa profesional untuk jaminan hasil akhir yang lebih flawless.

Cocok untuk Anda yang Anti Ribet

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, langit-langit berisiko lapuk dan bahkan bocor, terutama saat terpapar air – baik itu dari air hujan maupun rembesan pipa air. Menariknya, plafon dari PVC ini sendiri anti lapuk dan anti air. 

Hal ini juga berarti plafon dari PVC juga tidak akan berubah tampilannya karena faktor kelembaban maupun karena kontak dengan air. Permukaannya juga sangat mudah dibersihkan karena Anda hanya perlu membersihkan permukaannya dari debu.

Itu dia 5 fakta menarik tentang plafon PVC. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Posting Komentar untuk "5 Fakta Plafon PVC yang Harus Anda Ketahui"