Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Desain Interior untuk Kamar Tidur Anak

Anak adalah salah satu anugerah terindah yang dimiliki oleh seseorang. Orang tua perlu merawat fitrahnya sebaik mungkin dalam berbagai kesempatan. Memilih desain kamar tidur anak dengan menggunakan jasa design interior Bogor bisa dijadikan pilihannya.

Konsultan dan design interior Bogor akan memberikan saran dan tips desain interior untuk kamar tidur anakmu jika kamu memintanya. 

Apabila kamu sudah memiliki desain tersendiri, maka kamu bisa langsung mengaplikasikannya dengan bantuan dari jasa design interior Bagor.

Tips Desain Interior Kamar Anak

Tips Desain Interior Kamar Anak

Setiap orang menginginkan agar tidurnya berkualitas. Tidur berkualitas tidak melulu tentang durasi yang panjang ataupun kamar yang megah. 

Setiap orang bisa saja menciptakan tidur berkualitas meskipun hanya dalam durasi waktu yang singkat dan kamar tidur yang sederhana.

Semua itu bisa tercipta jika ia sudah mengetahui ilmunya lalu mau dan mampu untuk menjalankannya. Seandainya hanya berhenti pada tahu ilmunya saja, maka kemungkinan besar tidur berkualitas itu sulit untuk dicapai.

Bukan berarti tidak akan pernah bisa mencapainya, hanya saja kamu masih perlu menggali diri agar mau dan mampu untuk mewujudkannya. 

Maka dari itu yang terpenting untuk mewujudkan tidur yang berkualitas yaitu dengan fokus pada diri sendiri dan bukan menyalahkan orang lain.

Bagi orang dewasa mungkin akan lebih mudah dalam memahami cara agar mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Akan tetapi ini menjadi hal berbeda jika dihadapkan pada anak-anak. Mereka masih terlalu dini untuk bisa memahami apa itu arti dan pentingnya tidur berkualitas.

Bahkan mereka bisa jadi belum bisa mengungkapkan apa yang ada di fikiran dan perasaannya. Entah karena minimnya kosa rasa ataupun kosa kata yang diajarkan oleh keluarganya. 

Minimnya kosa rasa dan kosa kata inilah yang seharusnya dapat diakomodir oleh orang tuanya.

Untuk mengakomodir semua hal di atas, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ketika akan memilih desain interior kamar anak.

1. Warna

Setiap warna mempunyai pengaruh besar bagi psikologi seseorang. Secara alami seseorang akan memiliki warna favorit. 

Warna favorit ini bisa saja sama ataupun berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kamu bisa menanyakan warna yang disukai oleh anakmu.

Menurut literatur yang ada, warna kesukaan seseorang merupakan warna yang dibutuhkan oleh orang tersebut. 

Dibalik setiap warna akan ada energi yang tersimpan di dalamnya. Apapun yang anakmu pilih, kamu tetap bisa menjadikannya ruangan bernuansa cerah.

Jika anakmu lebih cenderung pada warna gelap, kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna cerah pada bagian jendela.

Kamu juga bisa mengkombinasikan warna cerah saat mengaplikasikan warna cat pada dinding baik berwujud abstrak atau motif lainnya.

Jika kamu khawatir dengan keaktifan anakmu yang sedang berada pada tahap membuat coret-coretan di dinding, maka kamu bisa membuat motif dinding dengan warna gelap di bagian bawahnya. Dengan begitu ia akan sulit menjangkau cat cerah yang ada di atasnya.

Hal ini bukan dimaksudkan untuk membunuh fitrah belajar anak. Kamu bisa mengarahkan keaktifan anakmu dengan membuat coretan-coretan pada lembar kertas yang disediakan. 

Dengan begitu kamar anak tetap bersih dari coretan dan fitrah belajarnya tetap terawat.

2. Zonasi

Terapkanlah sistem zonasi di kamar tidur anakmu. Dengan sistem zonasi, kamar tidur anak akan menjadi lebih teratur. Berikanlah pembatas antara area untuk belajar dan bermain. 

Pembiasaan kultur sistem zonasi ini juga perlu dibiasakan pada kegiatan sehari-hari.

Pembiasaan inilah yang nantinya akan menciptakan pemahaman dimana, kapan, dan bagaimana dia harus bertindak ketika belajar maupun bermain. 

Dia akan terbiasa untuk merapihkan buku-buku dan mainannya pada tempatnya kembali.

Hal itu agaknya mustahil dilakukan oleh anak jika dia tidak diajarkan dan dibiasakan sejak usia dini. Ketika melakukan zonasi pada area belajarnya, pastikan bahwa kamu memilihkan furniture yang aman dan kokoh untuk anak.

3. Mengoptimalkan Ruangan yang Ada

Indonesia terkenal sebagai negara dengan kepadatan penduduk yang terbilang cukup tinggi. Kepadatan yang tinggi tentunya dibarengi dengan adanya tingkat kelahiran yang tinggi pula. 

Hal yang disayangkan dari peristiwa tersebut yaitu kurangnya ilmu.

Kurangnya ilmu terkait rumah tangga ini masih banyak ditemui di berbagai daerah. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya orang tua yang menjadikan satu ruangan antara kamar tidur orang tua dan kamar tidur anak.

Seharusnya kamar tidur anak dan kamar tidur orang tua sudah dipisahkan sejak anak berusia di atas dua tahun. 

Hal ini juga seharusnya juga diberlakuakan pada kamar tidur anak perempuan dan laki-laki. Kamar mereka seharusnya sudah terpisah sejak kecil.

Jika memang hanya ada satu ruangan untuk kamar anak maka kamu bisa menggunakan bunk bed untuk mengatasinya. 

Dengan menggunakan bunk bed, setidaknya anak laki-laki dan perempuanmu tidak berada dalam satu ranjang yang sama.

Kamu bisa memilih bunk bed yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Tersedia banyak macam bunk bed mulai dari tipe bersusun sampai gantung. 

Sesuaikan tipe tersebut dengan karakter anakmu dan kandisi ruangmu.

Sembari mengoptimalkan ruangan ini kamu bisa mengumpulkan dana untuk membangun sebuah ruangan lagi yang nantinya difungsikan sebagai kamar anak. 

Dengan demikian saat tumbuh dewasa, mereka sudah memiliki kamr tidur yang terpisah.

Jasa Design Interior Bogor

Jasa Design Interior Bogor

Jasa design interior Bogor seperti gratiaintipratama.com bisa kamu jadikan partner untuk menentukan desain yang sesuai dengan fitrah anak-anakmu. PT. Gratia Inti Pratama akan membantumu untuk menciptakan hasil perencanaan sesuai impianmu dan anakmu.

Gratiaintipratama.com sudah handal dalam membuat berbagai desain rumah dan bangunan gedung lainnya. Desain interior yang ditawarkan oleh jasa desain interior Bogor ini pun bermacam-macam. Agar mendapat gambaran yang lebih jelas, kamu bisa cek portofolionya di gratiaintipratama.com.

Pilihan desain interior yang ditawarkan antara lain grandmillenial, batik, kamar anak, home office, dll. Banyaknya pilihan desain ini bisa kamu kombinasikan untuk kamar tidur anakmu. Jika kamu memiliki sketsa tersendiri pun akan tetap mereka layani dengan sepenuh hati.

Untuk informasi lebih detailnya kamu bisa langsung mengunjungi website nya di gratiaintipratama.com. Pada laman tersebut akan kamu jumpai berbagai informasi seperti pelayanan yang ditawarkan, informasi lowongan kerja, kontak CS, proyek, FAQ, dll.

Kamu bisa langsung menghubungi CS jasa design interior Bogor ini untuk menanyakan hal-hal yang masih membuatmu ragu. Perusahaan yang menjunjung tinggi profesionalisme ini akan menjadikanmu prioritasnya ketika kamu melakukan konsultasi.

Posting Komentar untuk "Tips Desain Interior untuk Kamar Tidur Anak"