Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Data Center dalam Kegiatan Bisnis

Mengenal data center menjadi sangat penting untuk perusahaan atau institusi yang punya kebutuhan dalam hal penyimpanan data dalam jumlah besar, karena data center merupakan fasilitas yang digunakan untuk menjaga dan mengamankan kebutuhan akan data storage. 

Data center tersusun dari jaringan komputer dan perangkat lainnya yang memungkinkan aplikasi dan data dapat disimpan dan diakses secara real time.

Pada bisnis saat ini, di mana teknologi digital sudah sangat maju dan sudah bergantung pada data, tak heran jika aplikasi dan berbagai service menyimpan semua datanya dalam sebuah data center. 

Itulah mengapa data center menjadi fasilitas yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun suatu organisasi di era digital ini.

Pentingnya Data Center dalam Kegiatan Bisnis

Data center sendiri sebenarnya sudah lama hadir dalam dunia teknologi, namun pemanfaatannya cenderung berbeda dengan beberapa tahun lalu dan tidak leluasa seperti sekarang. Saat ini server dari sebuah aplikasi dapat tersebar di berbagai tempat dan tidak harus terpusat di satu data center.

Data center saat ini dirancang untuk mendukung kegiatan bisnis seperti:
  • Aplikasi untuk customer relation management
  • Aplikasi untuk enterprise resource planning
  • Sebagai penyimpan big data dan Artificial Intelligence
  • Mendukung komunikasi
  • Mempermudah kolaborasi
  • Email dan kolaborasi berbagi data

Komponen Inti

Elemen dan sistem inti data center terdiri dari komponen-komponen teknis seperti switch, sistem perkabelan, firewall, router, storage system, aplikasi delivery controllers, server, dan lainnya. 

Komponen tersebut menyimpan dan mengelola data yang kritikal seaman mungkin karena dalam desain data center, tentunya keamanan adalah hal yang diprioritaskan. 

Ada juga infrastruktur pendukung lainnya seperti bangunan, perangkat listrik, sumber daya, sistem pendingin, sistem interkoneksi, dan lainnya.

Data center dapat memfasilitasi beberapa hal teknis seperti:
  • Infrastruktur jaringan komputer, menghubungkan server layanan data center, penyimpanan, konektivitas eksternal ke lokasi end user
  • Infrastruktur storage, sebagai penyimpanan data berharga
  • Sumber daya komputasi, kemampuan processing, local storage, konektivitas jaringan yang bisa mengendalikan aplikasi

Standar Data Center

Data center diklasifikasikan menjadi 4 kategori berdasarkan standar internasional ANSI/TIA-942, yang dibedakan berdasarkan level redundancy dan fault tolerance yang dimilikinya. Berikut ini 4 level data center berdasarkan tingkatan tier:
  • Tier I : Basic site infrastructure
  • Tier II : Redundant capacity component site infrastructure
  • Tier III : Concurrently maintainable site infrastructure
  • Tier IV : Fault tolerant site infrastructure
Jika Anda berminat memfasilitasi perusahaan Anda dengan data center, maka pilihlah data center terbaik di Indonesia yaitu neuCentrIX. Dengan layanan yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia ini, Anda dapat memiliki data center yang bisa diandalkan untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Pengelola data center berkualitas dari neuCentrIX akan membuat sistem operasional bisnis Anda lebih sederhana, namun tetap didukung dengan penyimpanan data dan layanan cloud yang aman yang telah disediakan.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Data Center dalam Kegiatan Bisnis"