Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal yang Diperhatikan Saat Desain Rumah

Mempunyai desain rumah yang menarik dan unik menjadi impian kebanyakan orang. Apalagi saat ini trend rumah minimalis sedang menjadi idola. Tentu saja tidak mudah membuat desain rumah. Kita membutuhkan jasa arsitek rumah untuk membuat desain yang sesuai dengan harapan kita.

Biasanya jasa arsitek rumah akan membicarakan banyak hal dengan pemilik rumah mengenai desain seperti apa yang diinginkan. Lalu jasa arsitek rumah akan membuatkan denah untuk dilihat oleh pemilik rumah.

Disinilah perlu adanya hal-hal yang patut untuk diperhatikan. Jangan sampai kita asal pilih, sehingga rumah idaman kita tidak terbentuk dengan maksimal.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Rumah

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Rumah

Dalam membuat desain rumah yang sesuai dengan impian kita, perlu konsultasi mendalam dengan jasa arsitek rumah tentang apa saja yang harus ditambahkan atau dikurangi dalam desain rumah yang dibuat.

Setidaknya ada 10 hal yang perlu diperhatikan saat mendesain rumah, yaitu diantaranya :

1. Tentukan Gaya Rumah yang Tepat

Hal pertama dan paling utama dilakukan sebelum mendesain rumah adalah gaya rumah itu sendiri. tentukan dari awal mengenai gaya rumah yang ingin dibuat. Apalah minimalis, tradiosional, bergaya modern atau yang lainnya.

Penentuan gaya rumah ini berkaitan dengan bahan bangunan yang akan diapakai. Misal gaya rumah minimalis, maka bahan yang akan dipakai bergaya minimalis dengan warna dominan putih atau abu-abu. Pemilihan perabotpun disesuikan dengan gaya rumah yang dibuat.

2. Tentukan Jumlah Kamar Tidur

Jumlah kamar harus diperhatikan saat membuat desain rumah. Untuk keluarga kecil, mungkin bisa membuat 2 kamar tidur. Namun jika jumlah anak bertambah dan sudah mulai beranjak besar, perlu dibuatkan kamar sendiri-sendiri.

Tentukan jumlah kamar yang sesuai dengan luas ruangan agar porsinya seimbang.

3. Tentukan Jumlah Lantai

Ketika membangun rumah dari nol, pertimbangkan jumlah lantai rumah dengan luas lahan yang dipunyai. Jika lahannya terbatas sementara jumlah orang dalam satu keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut banyak, bisa dibuat rumah dua lantai.

Namun jika lahannya luas, rumah satu lantai dengan halaman depan atau belakang mungkin bisa dijadikan pertimbangan. Tentukan dari awal berapa lantai rumah yang ingin dibuat, agar nyaman saat ditinggali.

4. Tentukan Desain Kamar Utama

Kamar utama adalah kamar yang akan Anda tempati. Pilihnya bagaimana desain interiornya dan aksesnya ke kamar mandi. Begitu juga furniture yang ada di dalamnya. Sesuaikan dengan gaya rumah yang dibuat dan keinginan Anda sebagai pemilik rumah.

5. Buat Ruang Pendukung di Luar Ruang Utama

Di dalam rumah, biasanya ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dan lain-lain. Namun ruangan-ruangan ini tidak wajib hukumnya. Sesuaikan dengan keinginan Anda mau dibuat ruang apa saja lahan di dalam rumah.

Misalnya Anda mau membuat ruang kerja, ruang bermain anak-anak, halaman belakang yang ada kolam ikannya, dan lain-lain. Konsultasikan hal ini kepada jasa arsitek rumah agar dibuatkan denah yang sesuai dengan keinginan Anda.

6. Tentukan Jumlah Kamar Mandi

Biasanya satu rumah memiliki satu kamar mandi untuk semua anggota keluarga. Namun ada juga yang menginginkan kamar mandi di setiap kamar. Atau dua kamar mandi yang dibagi dalam beberapa area.

Tentukan jumlah kamar mandi yang diinginkan disesuaikan dengan luas lahan dan juga keinginan pemilik rumah.

7. Tentukan Desain Dapur

Dapur menjadi area wajib yang menjadi pusat perhatian orang dalam rumah. Pilihlah desain dapur yang disesuaikan dengan gaya rumah dan juga tingkat kenyamanan pemilik rumah. Jika rumahnya minimalis, pemilihan desain yang nampak luas bisa jadi pilihan.

8. Evaluasi Kembali Denah Rumah

Sudah menentukan bagian rumah dan jumlah ruangan yang diinginkan untuk membuat desain rumah. Evaluasi kembali denah rumah yang sudah dibuat oleh jasa arsitek rumah dan perhatikan apakah sudah sesuai dengan keinginan.

Lakukan perubahan jika memang diperlukan dan konsultasikan dengan baik pada jasa arsitek rumah agar dibuatkan perubahan sebelum rumah terlanjur dibangun.

9. Perhatikan Fungsionalitas Bagian Rumah

Dalam membuat desain rumah, perhatikan juga fungsionalitas ruangan yang sudah ditentukan. Apakah memang diperlukan ruangan kerja, atau tempat bermain anak-anak. Apakah ruang keluarga bisa dijadikan satu dengan ruang makan dan sebagainya.

Sekali lagi konsultasikan kembal kepada jasa arsitek rumah untuk mendapatkan solusi terbaik untuk desain rumah idaman Anda. Pastikan ruangan yang sudah dibuat memang difungsikan dengan baik, jangan sampai mubadzir.

10. Sesuaikan Dengan Lokasi Rumah

Lokasi rumah juga perlu diperhatikan dalam membuat desain rumah. Misalnya lokasi rumah berada di jalan utama, maka tidak ada salahnya menambahkan pagar pada halaman depan rumah agar rumah lebih aman untuk ditinggali.

Jasa arsitek rumah akan memberikan gambaran dan saran yang terbaik untuk membuat rumah impian Anda terbentuk dengan nyaman dan aman.

Arsitek Rumah Bekasi Tawarkan Jasa Arsitek Rumah Idaman

Arsitek Rumah Bekasi Tawarkan Jasa Arsitek Rumah Idaman

Bagi Anda yang berada di kawasan Bekasi tak ada salahnya untuk memilih jasa arsitek rumah bekasi yang sudah professional di bidangnya. Jasa arsitek rumah Bekasi memberikan desain arsitektur yang disesuaikan dengan gaya rumah idaman yang diinginkan pemiik rumah.

Konsultasikan pembangunan rumah idaman Anda pada jasa arsitek rumah Bekasi untuk membuat bangunan rumah yang aman dan nyaman. Tentunya dengan budget yang disesuaikan dengan arsitektur rumah yang diinginkan.

Misal jika menginginkan gaya arsitektur rumah minimalis, maka nuansa minimalis dan hitam putih bisa menjadi pilihan. Begitu juga pemilihan perabot dan furniture yang lebih banyak ke bentuk kotak atau lingkaran.

Berbeda jika desain rumah yang diinginkan adalah rumah modern bergaya eropa. Atau rumah sederhana dengan luas lahan yang sempit, namun tetap bisa ditinggali dengan pemilihan denah rumah yang pas sesuai porsinya.

Jika sudah yakin dengan denah rumah yang dibuat, pembangunan rumah impian pun dapat segera dilakukan.

Posting Komentar untuk "10 Hal yang Diperhatikan Saat Desain Rumah"