Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Kawat Seling untuk Kebutuhan Anda

Ketika Anda sedang mengerjakan proyek konstruksi, Anda pasti membutuhkan kawat seling. Jual kawat seling atau kawat sling memang bukan kebutuhan utama untuk proyek konstruksi, namun keberadaannya sangat mempermudah pekerjaan.

Anda perlu mengetahui bahwa kawat seling merupakan lilitan kawat baja dengan jumlah kawat lebih dari satu hingga bentuknya memanjang. Lilitan inilah yang menyebabkan kawat seling kuat dan tahan lama.

Jual kawat seling atau sling biasanya digulung dalam gulungan yang besar. Meski kawat ini terbilang kuat tapi bisa diubah menyesuaikan kebutuhan. Untuk membawanya dibutuhkan kendaraan yang besar luas dan terbuka.

Fungsi dari Kawat Seling

Sebelum Anda mengetahui cara untuk membeli kawat seling sebaiknya Anda perlu mengetahui fungsinya. Fungsi dari jual kawat seling ini berdasarkan bentuk dari kawat seling itu sendiri. Berikut tiga jenis kawat seling dan fungsinya:
  • Jenis kawat seling umum atau general. Kawat seling yang sering digunakan dalam perkapalan, kontruksi, maupun pertambangan. Kawat seling ini sudah umum digunakan oleh banyak pihak.
  • Jenis stainless steel, yang memiliki kekuatan tarik yang rendah. Jenis kawat seling ini cocok untuk hiasan karena warnanya berkilau. Fungsi lainnya sebagai alat kait dalam kondisi lapangan yang mudah korosi. Juga sebagai alat pengikat.
  • Jenis High Performance, jenis kawat seling yang memiliki kekuatan paling kuat di antara jenis kawat lainnya. Kawat ini sering digunakan di lokasi-lokasi yang ekstrim bahkan berbahaya. Misalnya pada penambangan minyak yang membutuhkan tali yang kuat untuk menarik beban dengan halangan ombak di lautan.High Performance juga lebih tahan lama dan tidak mudah berkaratan.

5 Cara Memilih Kawat Seling

5 Cara Memilih Kawat Seling

Kawat seling memang kuat dan tahan lama, namun perlu mengetahui bagaimana cara yang benar untuk memilih jenis kawat yang berkualitas.

1. Tentukan Bobot dan Ukurannya

Ketika memilih kawat seling pertama kali yang harus diperhatikan adalah ukuran dan bobotnya. Ukuran yang dilihat dari diameter kawat dan panjang kawat selingnya. Dari kedua ukuran ini akan menentukan berat minimum beban yang akan diangkat.

Perhitungan dari ukuran diameter dan panjangnya harus jelas. Perkirakan juga berapa maksimal beban yang bisa diangkat. Agar hasil dari angkat bebannya sesuai yang dibutuhkan.

2. Pilihan Bahan Inti Kawat

Kawat seling memang dari bahan baja namun bagian tengahnya atau inti kawatnya bisa berbagai macam. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan. Ada tiga bahan inti yang bisa menjadi pilihan yaitu tali plastik, tali manila, dan baja seutuhnya.

Jadi bahan inti itu bagian yang akan dilapisi oleh material baja sebagai kulitnya. Pada setiap inti memiliki kelebihannya masing-masing. Seperti tali plastik memiliki kelebihan mudah untuk dibentuk. Baja sepenuhnya keunggulannya untuk mengangkat beban yang berat. Lebih sering digunakan untuk katrol.

3. Pilih Jenis Finishing

Ada dua jenis finishing untuk kawat seling. Pertama yaitu un-galvanis atau bright, yang tidak memerlukan proses pelapisan di bagian akhirnya. Namun memiliki kekurangan tidak bisa tahan lama. Kelebihannya harganya lebih terjangkau.

Kedua galvanis yaitu proses akhri yang memerlukan lapisan berupa zinc. Namun harganya lebih tinggi dari bright. Kelebihannya tahan lama dan tidak mudah berkaratan.

4. Harga Seling

Setelah mengetahui cara ketiga, Anda bisa memilih harga yang cukup terjangkau atau yang lebih tinggi? Namun ketahanannya ada pada yang lebih mahal. Untuk mendapatkan jual kawat seling yang bisa terpercaya belilah di distributor peralatan dan perlengkapan konstruksi yang terpercaya.

5. Waktu Penggunaannya

Menentukan berapa lama yang Anda butuhkan untuk menggunakan kawat seling? Jika Anda hanya membutuhkan sekali maka bisa membeli dengan harga yang murah tipe bright. Jika Anda merupakan kontraktor maka pilihlah yang memiliki ketahanan lama. Karena Anda akan sering bertemu dengan proyek-proyek selanjutnya.

Sekarang segeralah Anda menemukan jual kawat seling yang menjual resmi. Terutama memiliki banyak peralatan atau perlengkapan konstruksi yang lengkap. Sehingga Anda bisa sekaligus memesan barang lainnya. Kawat seling ini meski terbuat baja yang bisa diubah-ubah namun memiliki kekuatan yang sangat kuat. Untuk mengetahui jenis-jenis kawat keling bisa cek disini selengkapnya!

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Kawat Seling untuk Kebutuhan Anda"