Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Big Data di Indonesia

Pernahkah mendengar Big Data Indonesia? Bagi orang yang bekerja di ranah IT mungkin sudah hal biasa dengan Big Data. Namun bagi orang umumnya adalah istilah baru. 

Big Data Indonesia memiliki program yang resmi dari pemerintah yaitu Satu Data Indonesia. Instansi swasta maupun pemerintah mencari solusi Big Data atau solusi Satu Data Indonesia dapat dengan mudah mengaksesnya untuk menentukan kebijakan.

Untuk lebih memahami tentang Big Data Indonesia, Satu Data Indonesia, kriteria data, dan manfaat data tersebut baca sampai akhir tulisan ini. Agar menemukan solusi Satu Data Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan instansi atau perusahaan.

Apa itu Big Data Indonesia?

Apa itu Big Data Indonesia?

Big Data Indonesia merupakan tempat penyimpanan, pengolahan, penganalisa data, hingga pengambilan data dengan jumlah yang besar dan selalu mengalami penambahan secara cepat. Data masuk setiap waktunya akan terus bertambah dan mengalami perubahan dengan cepat.

Kriteria untuk Masuk ke Big Data Indonesia

  1. Jenis format data sangat beragam mulai dari text, tabel, atau excel dan format lainnya.
  2. Jumlah, data dengan ukuran terabytes bahkan lebih, jadi sangat besar jumlah/volumenya.
  3. Pertumbuhan data, bertambahnya data sangat cepat dalam waktu yang singkat.
Itulah tiga kriteria untuk masuk menjadi Big Data Indonesia. Dilihat dari sisi volume, velocity, dan variates data.

Manfaat dari Big Data Indonesia

Salah satu manfaatnya adalah menjadi solusi big data bagi berbagai segmen kebutuhan manusia. Misalnya dari pemasaran produk, kebijakan pembangunan, hingga pelayanan kesehatan. Penggunaan solusi big data lainnya, yaitu:

  • Big Data sebagai data utama untuk perbankan, pemerintah, maupun bisnis. Misalnya dalam pemerintah digunakan untuk menentukan kebijakan, pengawasan, hingga evaluasi.
  • Sebagai sumber data yang lengkap dalam satu aplikasi. Jenis data yang berbeda-beda bisa diakses lewat satu jalur tanpa harus memiliki banyak aplikasi.
  • Big Data Indonesia digunakan untuk menjadi sumber informasi penting bagi perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran. Dengan menggunakan solusi big data Indonesia membantu mengetahui produk seperti apa yang disukai oleh masyarakat.
Dari manfaat big data tersebut pemerintah membuat program yang dilakukan oleh Bappenas yaitu Satu Data Indonesia. Pengertiannya apa dan manfaatnya seperti apa, akan dijelaskan sebagai berikut. 

Pengertian dari Satu Data Indonesia

Satu data Indonesia merupakan kebijakan dari tata pengelolaan data pemerintah yang hasilnya lebih terbaru, lengkap, terpadu, mudah diakses, ada pertanggungjawabannya, yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dengan data induk maupun kode referensi. Satu Data Indonesia memiliki interoperabilitas data, metadata, dan standar data.

Manfaat dari Satu Data Indonesia

Sebagai solusi Satu Data Indonesia memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  1. Sistem pemerintah menjadi transparan.
  2. Data dapat diakses dengan mudah oleh publik. Dengan jenis data terbuka yang memudahkan publik untuk memanfaatkan data tersebut.
  3. Adanya big data dapat meningkatkan keterlibatan antara pemerintah, swasta, masyarakat untuk menentukan kebijakan maupun pelayanan.
  4. Akuntabilitas pemerintah menjadi meningkat setiap waktunya.
Betapa pentingnya Big Data Indonesia maupun Satu Data Indonesia bagi masyarakat modern sekarang ini. Aset data menurut Jokowi lebih berharga daripada tambah minyak. Karena big data ini bermanfaat dari segala bidang.

Untuk mendapatkan solusi Satu Data Indonesia sekarang ini bisa diakses melalui produsen data yaitu Bigbox Telkom Indonesia. Bigbox merupakan sumber data yang akurat, cepat, simpel, dan murah yang bisa dimanfaatkan untuk analisa data.

Bigbox mengeluarkan aplikasi yang bisa diakses oleh semua kalangan yaitu Big One kepanjangannya Bigbox One Data. Sebuah platform yang merupakan pelaksanaan dari Satu Data Indonesia.

Kemudahaan akses data Big One diutamakan untuk pemerintah daerah. Karena data daerah banyak dalam bentuk manual dan tidak terstruktur. 

Dengan adanya Big One dari Bigbox Telkom Indonesia menjadikan banyak daerah pintar atau smart city. Sehingga pemerintah mudah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya bagi masyarakat. Juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Itulah pentingnya Big Data Indonesia maupun Satu Data Indonesia untuk masyarakat secara luas dan khusus untuk pemerintah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Big Data di Indonesia"