Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online di Indonesia

Seperti yang kita tahu, kuliah online kini menjadi hal yang lazim bagi masyarakat Indonesia. Sejak wabah Covid-19 menyebar, pemerintah mulai menerapkan kebijakan social distancing yang berdampak pada penutupan tempat-tempat berkumpul seperti sekolah, kantor, dan sebagainya. 

Meskipun sekolah dan kantor tidak dapat beroperasi, kegiatan tetap dapat terlaksana melalui jaringan (daring) secara online.

Apa itu Online Learning

Online learning adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan melalui platform dalam jaringan. Kegiatan ini dapat Anda ikuti menggunakan aplikasi virtual meeting, virtual class, social media, dan website tertentu.

Contoh dari online learning yaitu kuliah online. Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan melalui zoom, google meet, whatsapp, classroom, e-learning web, google form, dan memanfaatkan social media untuk mengupload tugas.

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Setiap hal pasti memiliki kelebihan beserta dengan kekurangannya, begitu pula dengan kegiatan online learning ini. Berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari online learning.

Kelebihan

1. Memberi Kesempatan untuk Melakukan Kegiatan Secara Multitasking

Kuliah yang dilaksanakan secara online dapat memungkinkan mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu secara bersamaan. 

Misalnya, Anda memiliki dua perangkat yang terhubung pada jaringan. Anda dapat menggunakan satu perangkat untuk mengikuti kegiatan kuliah dan mencari materi pada perangkat lainnya.

2. Waktu dan Tempat yang Fleksible

Mahasiswa dapat mengakses online learning kapan dan dimana saja. Penggunaan perangkat yang terhubung pada jaringan tidak mengharuskan mahasiswa harus ada pada ruang kelas. Sehingga, Anda bebas akan melakukan kuliah online sesuai keinginan. Namun, perlu Anda perhatikan juga bahwa waktu yang fleksible tetap sesuai dengan jadwal kuliah.

3. Akses Materi Kuliah yang Luas

Pada online learning, biasanya dosen akan memberikan silabus kepada mahasiswa dalam bentuk dokumen yang secara otomatis akan selalu tersimpan pada perangkat. Dengan demikian, mahasiswa bisa mencari materi-materi tersebut sebelum dosen menjelaskan.

4. Mahasiswa dapat Merekam Penjelasan Dosen

Virtual meeting seperti zoom mempunyai fitur untuk merekam kegiatan video conference. Namun, sayangnya fitur record ini hanya dapat diakses oleh host. Namun, jangan khawatir mahasiswa tetap dapat merekam kegiatan tersebut menggunakan fitur rekam layar perangkat.

5. Menghemat Biaya

Sebenarnya, baik kuliah online ataupun tatap muka memerlukan biaya. Perbedaannya terletak pada seberapa besar biaya yang akan Anda korbankan untuk kegiatan ini. Online learning akan menghemat biaya pendidikan karena mahasiswa tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk sampai di ruang kelas.

Kekurangan

1. Tidak dapat Merasakan Ruang Kelas Secara Langsung

Merujuk pada kata online, maka perkuliahan hanya akan Anda ikuti melalui aplikasi virtual.

2. Cenderung Mudah Jenuh dan Bosan

Tidak sama halnya dengan kuliah tatap muka, kegiatan online berlangsung pada perangkat seperti laptop atau smartphone. Sehingga, mahasiswa cenderung merasa jenuh dan bosan karena harus terus menatap layar laptop.

3. Kendala Jaringan

Kekurangan online learning yang paling banyak dikeluhkan oleh mahasiswa adalah kendala jaringan. Jaringan tidak selamanya selalu memberikan performa yang baik. Contohnya seperti jaringan yang tiba-tiba menghilang ataupun wifi mati karena mati lampu. Kedua hal tersebut tentu akan menghambat kegiatan kuliah.

4. Masalah Kesehatan

Terlalu lama menatap layar laptop atau smartphone tanpa menggunakan kacamata khusus akan menyebabkan gangguan pada kesehatan mata. Banyak sekali kasus mata minus pada mahasiswa yang mengikuti online learning.

Rekomendasi Kampus untuk Online Learning

Kini online learning bukan hanya sebagai bentuk kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi saja. Lebih dari itu, kuliah online menjadi inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia.

Universitas ternama dengan akreditasi A yaitu UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) menyediakan layanan kuliah online untuk mahasiswanya. Untuk mengikuti kegiatan perkuliahan, mahasiswa tinggal mengetik onlinelearning.uhamka.ac.id pada kolom pencarian. 

Maka akan muncul halaman login untuk masuk pada layanan online learning. Jika Anda ingin melihat-lihat dulu, UHAMKA menyediakan mode tamu yang dapat Anda akses. 

Dalam online learning tersebut, mahasiswa dapat mengakses onlinelearning untuk belajar secara online, CBT latihan dan sertifikasi, virtual classroom, dan support untuk mengajukan pertanyaan.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online di Indonesia"