Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plus Minus Colocation Server, Wajib Tahu Sebelum Pakai

RumahAwan.com - Semakin canggihnya dunia digitalisasi, dibarengi dengan berbagai teknologi yang mendukungnya. Salah satu adalah colocation server yang membantu perusahaan dalam menyimpan server perusahaan di tempat aman, meskipun ruang perkantoran terbatas.

Di kota-kota besar Indonesia, layanan rak server ini semakin berkembang karena banyak dibutuhkan. Hanya saja, jika Anda ingin ikut menggunakannya maka sebaiknya kenali dulu apa sih plus minus dari layanan yang satu ini bagi aktivitas Anda dan perusahaan atau pribadi.

5 Nilai Plus Pakai Colocation server

Plus Minus Colocation Server, Wajib Tahu Sebelum Pakai

Setidaknya ada enam nilai plus yang menjadi daya tarik dari penggunaan layanan data server yang satu ini. Anda penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Fasilitas Maksimal

Penyedia layanan penyimpanan server tentu ingin memberikan yang terbaik bagi pemakai jasa mereka, alhasil kebanyakan sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk sebuah lokasi penyimpanan server. Mulai dari sistem pendingin ruangan khusus yang sangat dibutuhkan, untuk memastikan kondisi server tetap stabil.

Selain itu juga fasilitas keamanan bangunan dari masalah pemadaman listrik, yang tentunya akan berdampak pada koneksi Anda dan perusahaan dengan server tersebut.

Begitu juga dengan fasilitas deteksi kebakaran, banjir, dan sebagainya. Sebab tak semua perusahaan berada di lokasi aman, sangat wajar jika pakai layanan ini untuk mengamankan server.

2. Keamanan Terjamin

Sistem keamanan yang diterapkan dengan 24 jam penjagaan di lokasi colocation tersebut, sehingga deteksi dini ketika ada virus yang ingin menyerang server atau pencurian data bisa diminimalisir.

Akses keluar masuk juga dibatasi dan di cek secara maksimal, sehingga tidak sembarang orang yang bisa mengakses lokasi server. Sehingga Anda bisa meninggalkan server dengan nyaman dan bekerja dari kantor.

3. Efisien

Bagi perusahaan yang baru merintis bisnis berbagai teknologi, akan sangat terbantu karena tak perlu menyediakan sendiri semua perlengkapan ruang server. Semua sudah disiapkan oleh penyedia jasa.

Begitu juga dengan tenaga, Anda juga tak perlu hire tambahan karyawan khusus untuk urusan server. Penyedia jasa juga sudah menyediakan tenaga ahli untuk menjaga server tersebut, sehingga Anda tinggal membayar biaya sewa saja.

Kalaupun ingin tambahan layanan pengelolaan maka nilainya jauh di bawah perekrutan karyawan khusus untuk mengurus masalah server. Software, dan sejenisnya.

4. Hidup Terus Tanpa Masalah

Anda tak perlu khawatir soal listrik dan keberlanjutan hidup server Anda, sebab layanan colocation servermenyediakan generator, pengisi daya otomatis, dan semua akses lain. Tujuannya untuk menjaga server Anda tetap hidup sehingga bisa terkoneksi dengan Anda di kantor kapanpun dibutuhkan.

5. Pengembangan Server Terstruktur

Jika Anda ingin mengembangkan server menjadi lebih luas, dengan menambah perangkat yang dibutuhkan maka penyedia jasa bisa membantu Anda mewujudkannya. Tinggal pilih paket penyewaan yang sesuai atau tambahan paket, termasuk pengelolaan. Jadi, server Anda akan lebih update dan siap berkembang ke arah lebih modern.

Nilai Minus Pakai Colocation Center

Selain nilai plus di atas, Anda juga perlu memahami bahwa jasa yang satu ini juga punya kekurangan. Seperti, keterbatasan lokasi dimana saat ini baru tersedia di sejumlah kota besar Indonesia saja. Jadi, untuk Anda yang berada di daerah tentu akan kesulitan untuk memanfaatkan jasa ini.

Nilai minus berikutnya adalah, Anda tidak bisa seenaknya datang untuk mengecek server ke lokasi penyimpanan. Biasanya pihak pengelola memberikan jadwal kunjungan yang harus diikuti, jadi ketika ada kondisi darurat mungkin Anda butuh waktu agak lama untuk mendapatkan izin aksesnya.

Itulah sejumlah hal penting seputar plus dan minus colocation center yang perlu Anda ketahui. Jika ingin menggunakannya sekarang, Anda bisa pilih layanan yang disediakan NEX.

Dijamin lengkap dan mampu membantu para pebisnis dalam mengelola servernya. Segera cek informasi di nexdatacenter.com untuk proses order layanan dan konsultasi.

Posting Komentar untuk "Plus Minus Colocation Server, Wajib Tahu Sebelum Pakai"