Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang, Anak IT wajib Tahu

Rumahawan.com - Tahukah Anda, Bahasa pemrograman Golang yang wajib diketahui anak IT. Soalnya, yang satu ini punya kelebihan yang berbeda dari bahasa pemrograman yang lain. Jadi kalau nanti ada kursus Golang, mending langsung ambil ya, soalnya prospeknya bagus banget.

Latar Belakang Bahasa Pemrograman Golang

Latar Belakang Bahasa Pemrograman Golang

Go adalah sebutan yang lebih familier untuk Bahasa pemrograman Golang. Pertama kali dirilis tahun 2009 (open source) oleh tiga orang programmer Google. Mereka adalah : Robert Griesemer, Ken Thompson dan Rob pike.

Lebih dari 10 tahun hadir, saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakannya. Sebut saja perusahaan besar seperti Cloudflare, Dropbox sampai Google. Kenapa bisa begitu? Ini jelas karena Golang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Bahasa pemrograman lain.

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang

Di antara kelima kelebihan itu golang memiliki Goroutines, mampu bekerja dengan cepat, sederhana, punya garbage collection, dan memiliki dukungan Google. Ingin tahu bagaimana setiap kelebihan tersebut bekerja, yuk kita simak ulasannya.

1. Memiliki goroutines

Jika ada satu program dalam Bahasa pemrograman yang bisa membuat manajemen memori bekerja dengan lebih efektif, maka Goroutineslah progamnya. Dengan menggunakan Golang, Untuk membuat sebuah tread baru di Java, Anda hanya perlu menggunakan memori sebesar 2kb saja.

Padahal pada umumnya, sebuah Bahasa pemrograman akan menggunakan memori sebesar 1Mb ketika membuat tread baru di Java. Selisihnya lebih dari 50%nya loh, menarik sekali.

2. Bekerja dengan cepat

Go memang dirancang untuk menciptakan aplikasi yang tidak sembarangan, aplikasi yang memiliki performa yang cukup tinggi. Namun, kesederhanaan struktur sintaksis yang dimiliki olehnya ternyata mampu membuat semua proses berjalan selesai dengan cepat dan singkat.

Menggunakan Bahasa pemrograman Go akan membuat proses kompilasi, pengembangan, dan menulis kode menjadi lebih cepat. Hasilnya waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan semua itu menjadi lebih singkat.

3. Mudah dipelajari

Selain karena kesederhanaan Sintaksis yang dimilikinya, dokumentasi yang dibuat Go juga memiliki struktur yang baik dan rapi, itulah kenapa Go ini mudah sekali untuk dipelajari. Ini menjadikan Go sangat ramah untuk dipelajari dan digunakan oleh programmer pemula sekalipun.

Apalagi untuk Anda yang sebelumnya sudah paham dan mahir dengan C++ atau C#. mempelajari Bahasa pemrograman Golang akan terasa lebih cepat karena sintaksis yang cukup mirip dengan C++ atau C#.

4. Punya garbage collection

Untuk membuat concurrency bekerja dengan sangat efisien, lalu menjaga setiap performanya dengan baik. Bahasa pemrograman seharusnya memiliki fungsi garbage collection karena akan membantu manajemen memori bekerja pada kemampuan terbaiknya.

5. Mendapatkan dukungan dari Google

Secara masif, Google terus memperbaharui diri dengan membangun infrastruktur cloud terbesar di banyak negara. Tetapi permasalahan tentang skalabilitas dan efektivitas sistem terus saja muncul. Karena itulah, Bahasa pemrograman Golang dihadirkan oleh mereka yang ahli untuk memecahkan masalah tersebut.

Kelebihan ini juga menjadi alasan Anda yang mungkin memiliki masalah serupa ketika membangun sistem. Jika memerlukan Bahasa Pemrograman yang bisa memecahkan masalah skalabilitas, Golang lah jawabannya.

Kursus Golang di Indonesia

Kursus Golang di Indonesia

Semakin tahu dengan kelebihan yang dimiliki Bahasa pemrograman Golang, semakin tertarik untuk mempelajarinya bukan? Nah! untuk menjadi seorang yang mahir dan paham dengan bahasa pemrograman ini, ada baiknya Anda juga mengupgrade diri dengan mengikuti kursus khusus sampai mahir menggunakan Golang.

Course-Net.com sebagai pelatihan IT terbaik tentu punya banyak coach kelas dunia yang akan membantu Anda mempelajari Bahasa pemrograman Golang dari awam menjadi mahir. Selain itu, mereka juga punya sederet capaian membanggakan yang berhubungan dengan dunia pemrograman. Misalnya saja pernah menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang memenangkan ECC Global Award 2019 yang dihelat di Atlanta, USA.

Ada lebih dari 22.000 lulusan yang sudah bekerja dengan kisaran pendapatan Rp7-15 Juta per bulan; mendapatkan rating Google sebesar 4.9 dari 5, dan ada 6 spesifik coaching program lain yang bisa Anda ambil.

Waw menarik sekali bukan? Pokoknya nggak bakalan nyesel kalau Anda sampai ambil kursus Golang di Course-Net Indonesia. Pokoknya jangan tunggu lagi, segera kunjungi https://course-net.com untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang, Anak IT wajib Tahu"