Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perawatan Motor Baru yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang baru saja membeli motor, ternyata tidak bisa begitu saja Anda langsung gunakan. Ada beberapa cara merawat onderdil motor baru agar kedepannya motor tidak mengalami masalah yang besar. Perlu Anda ketahui bahwa meski dalam keadaan baru, tetap saja tidak bisa mengabaikan akan kesehatan dari motor.

Ini Perawatan Motor Baru yang Harus Diketahui

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa motor baru bukan berarti bisa Anda gunakan secara sembarangan. Mengingat tetap saja harus Anda rawat dengan benar agar performa dari motor baru bisa terjaga. Maka daripada itu, Anda harus tahu apa saja cara untuk merawat motor baru, seperti penjelasannya di bawah ini:

Panaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Cara pertama agar motor baru tetap dalam keadaan baik adalah dengan memanaskan mesinnya sebelum Anda gunakan. Memanaskan mesin sangatlah penting sekali agar kesehatan dari seluruh onderdil motor dapat terjaga dengan baik. Memanaskan mesin memberikan waktu untuk motor bisa bekerja dengan benar.

Bagi Anda yang ingin memanaskan motor, ada baiknya dilakukan setidaknya 15 menit sebelum motor digunakan. Tidak hanya motor yang sering digunakan dalam keseharian saja, tapi motor yang mungkin Anda jadikan koleksi tetap harus dipanaskan agar fungsinya tidak mengalami kerusakan.

Jangan Membawa Barang yang Terlalu Berat

Apabila Anda baru saja membeli motor baru, maka sangat disarankan untuk tidak membawa barang yang kapasitasnya jauh di atas kemampuan motor. Hal ini akan menjadi sangat fatal bila Anda membawa barang dengan berat berlebihan. Terutama untuk bagian onderdil yang nantinya akan bekerja terlalu keras daripada semestinya. Hasilnya bisa jadi onderdil dan komponen motor bisa rusak dengan cepat dan membuat motor baru kehilangan performanya.

Rajin Bersihkan Motor Baru

Cara untuk merawat onderdil pada motor baru yang terakhir adalah dengan rajin membersihkan motor. Perlu Anda ketahui bahwa kotoran pada motor yang menempel pada onderdil dapat menyebabkan korosi yang parah. Ini akan membuat mesin mengalami kerusakan yang mungkin tidak Anda harapkan.

Membersihkan motor sangat disarankan dilakukan setelah motor digunakan dengan menggunakan lap basah dan kering. Kemudian, cucilah motor setidaknya sebulan sekali agar seluruh bagian motor tetap dalam keadaan bersih. Ini akan membuat keadaan motor tetap baik meski sering digunakan.

Pada dasarnya merawat motor baru tidaklah sulit, hanya saja butuh ketelatenan agar tetap menjaga performanya dengan baik. Dengan mengikuti penjelasan di atas, maka dijamin motor baru tetap akan dalam keadaan yang prima. Anda yang ingin mengetahui tips lain terkait dengan dunia motor, maka sangat disarankan segera mendaftar jadi anggota di Suryanation. Di mana Anda akan mendapatkan banyak sekali ilmu bermanfaat untuk tetap menjaga motor dalam keadaan yang sehat.

Posting Komentar untuk "Ini Perawatan Motor Baru yang Harus Diketahui"