Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel yang Baik dan Benar

Ingin kerja di dunia perhotelan? Jangan lupa siapkan surat lamaran kerja dan CV terbaik Anda ya! pastikan baca artikel ini sampai selesai dan dapatkan contoh surat lamaran kerja di hotel.

Apa itu surat lamaran kerja

Cover letter atau dikenal juga dengan surat lamaran kerja adalah dokumen yang dikirimkan oleh seseorang kepada suatu atau institusi atau perusahaan tertentu guna untuk memberikan maksud dan tujuan untuk melamar suatu pekerjaan pada posisi tertentu pada perusahaan atau institusi yang bersangkutan.

Dalam bidang apapun itu, termasuk dalam perhotelan Anda tetap diminta untuk membuat surat lamaran kerja hotel saat ingin melamar pekerjaan di bidang perhotelan.

Selain melampirkan surat lamaran kerja, Anda juga perlu melampirkan curriculum vitae (CV) sebagai informasi singkat mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan pengalaman yang Anda miliki untuk menunjang proses lamaran Anda.

Jika Anda belum memiliki pengalaman membuat CV, maka Anda perlu setidaknya mencari informasi tentang contoh cv perhotelan agar lebih maksimal.

Cara membuat surat lamaran kerja di hotel

Cara membuat surat lamaran kerja di hotel

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda sudah membaca dengan seksama tentang informasi pembukaan lowongan kerja yang Anda lamar dan pada posisi apa.

Jangan sampai Anda menuliskan informasi yang salah mengenai posisi yang Anda lamar. Misalkan Anda ingin melamar bagian housekeeping, maka pastikan Anda membuat surat lamaran kerja di hotel bagian housekeeping.

Selain itu, cari tahu juga surat lamaran kerja seperti apa yang diinginkan apakah berbentuk digital yang bisa kita ketik atau surat lamaran kerja di hotel tulis tangan. Kemudian, buatlah surat lamaran kerja pada media yang diinginkan tersebut.

Dalam sebuah surat lamaran kerja, setidaknya harus memuat beberapa informasi berikut ini:

Tempat dan tanggal surat dibuat.

Posisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja dan jangan menyingkat apapun baik tempat maupun tanggal.

Alamat dan nama yang dituju.

Jika sudah mengetahui nama yang dituju bisa langsung ditulis namanya, namun jika tidak tahu bisa diganti dengan pimpinan, HRD Manager, dsb. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

Salam pembuka.

Sebaiknya gunakan salam pembuka yang bersifat universal, misalnya “Dengan hormat”. Setelah itu bisa Anda lanjutkan dengan sumber informasi tentang lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar tersebut,

Isi Surat.

Pada bagian ini, tulislah identitas diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor hp yang bisa dihubungi. Anda juga bisa menambahkan skill dan kemampuan Anda yang relevan pada bidang yang ingin Anda lamar.

Penutup surat dan tanda tangan.

Pada bagian penutup, sebaiknya Anda sampaikan harapan Anda agar bisa diterima disertai ucapan terimakasih. Selanjutnya cantumkan juga tanda tangan disertai nama lengkap Anda di bawah bagian penutup

Lampiran.

Cantumkan lampiran penunjang untuk lebih meyakinkan perusahaan seperti pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat kompetensi dari pelatihan atau kursus yang pernah diikuti.

Setelah selesai menulis surat lamaran kerja jangan lupa untuk baca ulang berkali-kali sampai Anda sudah merasa yakin tidak ada salah ketik atau salah posisi. Sebagai bahan referensi, Anda juga bisa melihat contoh surat lamaran kerja di hotel yang baik dan benar.

Begitupun dengan cv yang Anda lampirkan, sebaiknya bisa mendemonstrasikan dengan baik mengenai kemampuan dan pengalaman Anda yang bisa meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang Anda lamar, pastikan juga untuk membaca referensi contoh cv perhotelan agar lebih sempurna.

Baik cover letter ataupun CV keduanya sangat penting karena melengkapi satu sama lain. Sehingga jika Anda memang serius untuk mendapatkan pekerjaan impian pastikan Anda serius dalam mempersiapkan kedua dokumen tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel yang Baik dan Benar"