Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cerdas Mengatur Cicilan Mobil

Membeli mobil dengan sistem kredit menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil impian. Walau begitu ada banyak hal yang harus diperhatikan agar cicilan mobil tidak menjadi beban keuangan Anda.

Baik itu kredit mobil baru atau bekas, pastikan masalah angsuran sudah diperhitungkan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menjaga pengeluaran keuangan tetap stabil dan tidak minus.

7 Tips Mengatur Cicilan Mobil

Tips Mengatur Cicilan Mobil

Adanya sistem kredit dalam pembelian kendaraan roda empat membantu mendapatkan mobil tanpa harus menabung untuk membayar full. Terlebih jika Anda memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Dari gaji bulanan Anda bisa menyisihkan sebagian dana untuk mencicil mobil. Namun, jangan sampai asal mengambil kredit mobil. Bagaimanapun harus menyesuaikan dengan kemampuan.

Carilah cicilan mobil murah yang sesuai dengan budget atau kredit mobil bekas yang masih layak pakai. Selain itu, lakukan tips di bawah untuk mengatur angsuran mobil.

1. Cek Cicilan dengan Kalkulator Simulasi

Sebelum membeli mobil Anda dapat cek terlebih dahulu cicilan yang harus dikeluarkan untuk setiap bulannya. Saat ini sudah banyak web yang menyediakan kalkulator cicilan mobil untuk memudahkan penghitungan.

2. Buat Pos Pengeluaran

Untuk memudahkan dalam menghitung perencanaan kredit mobil selain dengan kalkulator simulasi, Anda juga bisa membuat pos pengeluaran. Catat semua pengeluaran setiap bulan dengan cermat.

Pastikan kebutuhan utama sudah masuk di pos pengeluaran. Sisanya bisa untuk lifestyle, investasi, dan cicilan. Dengan membuat pos pengeluaran Anda akan memiliki gambaran yang tepat mengenai simulasi cicilan mobil yang harus disiapkan.

3. Sesuaikan dengan Kemampuan

Belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan memaksakan jika biaya cicilan setiap bulannya melebihi batas pengeluaran agar kedepannya tidak ada tunggakan bahkan tidak sanggup membayar.

Misalnya berdasarkan kemampuan hanya dapat kredit mobil DP 10jt cicilan 1jt maka sesuaikan saja. Kalaupun dari dana tersebut mobil yang didapat bukan mobil impian, maka bisa tunda membeli mobil untuk mengumpulkan DP atau menambah penghasilan.

4. Survey Harga Mobil

Carilah informasi sebanyak mungkin untuk mengetahui harga mobil yang akan Anda beli. Perhatikan sistem pembayaran seperti DP dan angsuran cicilan. Cek juga syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Tentukan Suku Bunga

Saat Anda memutuskan untuk mencicil mobil maka tentukan juga suku bunga angsuran. Umumnya terdapat dua jenis yaitu fixed rate dan floating rate. Pelajari keuntungan dan kelebihan dari keduanya dan sesuaikan dengan finansial Anda.

6. Konsultasi dengan Leasing

Jika masih bingung dalam menentukan cicilan yang sesuai maka cobalah untuk konsultasi dengan leasing. Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai informasi dan sistem angsuran, terutama buat Anda yang baru mau membeli mobil dengan kredit.

7. Memilih Dealer dan Leasing Terpercaya

Pastikan hanya membeli mobil di dealer dan leasing terpercaya. Baik itu mobil baru maupun bekas sebaiknya tidak sembarangan dari jasa yang tidak terpercaya. Hal ini agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Seperti saat ada kerusakan saat barang tiba dan belum Anda gunakan sama sekali malah tidak bisa di klaim. Atau bisa saja ada persyaratan yang tidak tertulis dan malah merugikan Anda.

Oleh sebab itu, pastikan hanya membeli mobil di dealer resmi atau leasing terpercaya. Untuk angsuran pun pastikan bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan legal dan memiliki izin.

Ajukan Kredit Mobil di BAF

Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengajukan cicilan mobil BAF untuk berbagai merek mobil. Ada Honda, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Datsun, Hyundai, dan brand mobil lainnya.

BAF sendiri merupakan perusahaan pembiayaan yang sudah hadir sejak tahun 1995. Hingga saat ini masih setia dalam membantu masyarakat Indonesia dalam memberikan layanan pembiayaan untuk kendaraan roda dua maupun empat.

Proses pengajuan yang cepat dan syarat yang mudah memungkinkan Anda untuk mendapatkan cicilan mobil Brio atau mobil impian sesuai dengan kondisi keuangan. Terlebih jaringan BAF sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh sebab itu, untuk mengajukan cicilan mobil BAF bisa cek cabang terdekat di kota Anda. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dan lebih baik jika menyiapkan persyaratan pengajuan yang bisa Anda lihat di website resmi BAF.

Demikian informasi mengenai tips mengatur cicilan mobil. Selalu cerdas dan cermat sebelum membeli kendaraan. Khususnya dalam hal budget yang sebisa mungkin harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial.

Posting Komentar untuk "Tips Cerdas Mengatur Cicilan Mobil"