Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Pembelajaran: Pengertian, Manfaat dan Jenis

Guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran dalam aktivitas pengajaran. Ini adalah alat yang dapat membantu menjelaskan bahan ajar sehingga siswa menjadi lebih paham terhadap materi pelajaran.

Ada banyak jenis media pembelajaran bk yang bisa dimanfaatkan oleh pengajar, baik berupa grafis, audio, maupun audio visual. Sebelum mengetahui jenisnya, pahami dulu pengertian dan manfaat media pembelajaran berikut ini.

Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Banyak ahli yang menjabarkan pengertian media pembelajaran. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada segala alat bantu yang digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaian informasi dari guru kepada siswa.

Adanya media pembelajaran agama islam sd diharapkan dapat merangsang pikiran, perhatian, dan membangkitkan kemauan dan minat siswa untuk belajar. Lantas, apa manfaat menggunakan alat bantu ini dalam aktivitas belajar?

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran

Media pembelajaran terbukti dapat mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar secara aktif. Adapun manfaat menggunakan alat ini, antara lain:
  • Menciptakan suasana belajar yang menarik minat dan perhatian sehingga mampu merangsang dan menumbuhkan motivasi belajar para siswa.
  • Media pembelajaran membantu memperjelas pesan pembelajaran. Siswa lebih memahami isi materi ajar yang disampaikan oleh guru sehingga memungkinkan mereka untuk menguasai tujuan akhir dari pembelajaran.
  • Metode pengajaran lebih bervariasi karena tidak melulu mendengarkan penjelasan dari guru sehingga siswa tidak cepat bosan.
  • Penggunaan media pembelajaran menjadikan pengalaman manusia dari abstrak menjadi nyata.
  • Merangsang siswa untuk belajar secara aktif melalui aktivitas pengamatan hingga praktik.
Media pembelajaran memungkinkan siswa mendapatkan materi pelajaran melalui berbagai cara, misalnya tayangan video, poster, maupun alat demokrasi lain. Apa saja media yang bisa dimanfaatkan dalam aktivitas belajar mengajar?

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran terbukti dapat mendukung berlangsungnya iklim belajar yang aktif dan menyenangkan. Berikut adalah jenis-jenis media yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan bahan ajar.

1. Media Audio

Media pembelajaran audio hanya melibatkan indera pendengaran. Media audio bertugas menyampaikan pesan suara dari sumber (guru) ke penerima (siswa), baik berupa verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non-verbal (bunyi-bunyian). Contoh media audio antara lain adalah radio, telepon, dan laboratorium bahasa.

2. Media Visual

Penyampaian bahan ajar lewat media visual semata mata hanya melibatkan indera penglihatan. Oleh karena itu, keberhasilan tujuan pembelajaran sangat tergantung dari kemampuan penglihatan siswa. Contoh media audio antara lain adalah buku, modul, poster, peta, miniatur, dan lain-lain.

3. Media Audio-Visual

Media audio visual melibatkan indera penglihatan dan indera pendengaran dalam proses belajar. Pesan dan informasi yang disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan non-verbal yang menggunakan penglihatan maupun pendengaran. Contoh media audio-visual antara lain adalah film dan video.

4. Multimedia

Media pembelajaran multimedia menggabungkan beberapa media berupa gambar, suara, teks, foto, dan animasi secara interaktif. Contoh multimedia interaktif misalnya download media pembelajaran interaktif flash. Sekolah dapat memanfaatkan platform pembelajaran digital Pijar Sekolah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif.

Apa Itu Pijar Sekolah?

Pijar Sekolah merupakan platform pembelajaran digital yang menyediakan bermacam aplikasi media pembelajaran dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif di sekolah.

Terdapat software media pembelajaran berisi konten digital menarik yang bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk mendukung aktivitas belajar di sekolah. Anda bisa mendapatkan ribuan buku digital, video pembelajaran, hingga laboratorium interaktif melalui platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah menawarkan Sistem Informasi Manajemen Sekolah dengan fitur lengkap yang membantu sekolah dalam mengelola manajemen, administrasi, dan operasional. Fitur ini bertujuan untuk menyusun dan memenuhi segala informasi yang berkaitan dengan sekolah.

Berikut fitur-fitur yang dapat diakses melalui Pijar Sekolah:

1. Sistem Manajemen Sekolah (SIM)

SIM menyediakan data periodik siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Pengguna juga dapat mengakses informasi jurusan, rombongan kelas, serta jenis dan jumlah peserta ekstrakurikuler. SIM memudahkan pengguna untuk memantau Profil Sekolah, data statistik kesiswaan, termasuk kondisi sarana dan prasarana di sekolah.

2. Konten Pembelajaran

Pijar Sekolah menyediakan Fitur Buku Sekolah Digital, Video Pembelajaran, dan Lab Maya untuk menghasilkan pengalaman belajar yang menarik.

3. Uji Kompetensi dan Penilaian (UKP)

Siswa dapat mengikuti UKP dan mengaksesnya melalui ponsel. Adapun proses penilaiannya akan dilakukan secara otomatis.

4. CMS Konten

Sekolah dapat mengakses konten pembelajaran secara mandiri yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

5. Tugas

Fitur ini memungkinkan guru untuk memberikan tugas dan melakukan penilaian terhadap karya siswa.

6. Kelas Virtual

Fitur kelas virtual merupakan sarana mengajar bagi guru dengan cara daring. Penggunaan teknologi ini dianggap penting untuk mengantisipasi meluasnya sebaran endemik di Indonesia.

7. Absensi

Saat sistem pembelajaran berubah menjadi online, maka fitur absensi jarak jauh diperlukan untuk memantau jumlah kehadiran siswa.

8. Pengumuman

Fitur pengumuman disediakan untuk memudahkan sekolah menyampaikan berbagai informasi terkait kondisi dan aktivitas pembelajaran.

Platform Pijar Sekolah ternyata tidak hanya berperan sebagai penyedia media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Sistem Informasi Manajemen Sekolah yang disediakan turut membantu manajemen menyusun rancangan untuk menghasilkan rencana peningkatan kinerja sekolah.

Posting Komentar untuk "Media Pembelajaran: Pengertian, Manfaat dan Jenis"