Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kardus Arsip?

Arsip adalah segala jenis file yang disimpan melalui media tertentu. File tersebut dapat berupa rekaman sebuah proses dan hasil kerja milik organisasi hingga perorangan. Salah satu media penyimpanan arsip yaitu kardus arsip.

Kardus arsip memiliki peran vital terhadap keberlangsungan keselamatan file dokumen perusahaan. Tanpa kardus arsip, tentunya akan membuat segala file menjadi tidak tertata rapi dan lebih parahnya berantakan.

Pengertian Kardus Arsip

Kardus arsip adalah jenis kardus yang dibuat secara khusus untuk menyimpan file dokumen yang disebut dengan arsip. Kardus arsip banyak dijual melalui toko online salah satunya adalah Tukang Kardus yang menjadi pusat informasi kardus kemasan.

Para penjual kardus kemasan biasanya jual kardus arsip eceran hingga grosir tergantung pesanan pelanggan. Anda bisa membeli kardus arsip eceran di Tukang Kardus karena toko ini senantiasa melayani dengan baik setiap order kardus berapapun jumlah dan nominalnya.

Bahan Kardus Arsip

Kardus Arsip terbuat dari karton gelombang yang mana karton jenis ini terbuat dari susunan kertas yang terdiri dari 2 hingga 3 lapisan dalam setiap kemasannya. Untuk ukuran kardus arsip sendiri sangat bervariasi contohnya adalah ukuran 38 x 19 x 28 cm.

Untuk masalah harga, kardus arsip murah untuk menyimpan dokumen penting sebuah perusahaan atau industri. Anda bisa memilih supplier yang jual kardus arsip satuan hingga grosiran melalui Tukang Kardus.

Fungsi Kardus Arsip

Fungsi Kardus Arsip

Sama halnya dengan arsip yang sangat penting untuk perusahaan, tempat penyimpanan dari arsip itu sendiri juga tidak kalah penting. Berikut ini ada beberapa informasi terkait fungsi kardus arsip.

1. Media Untuk Penyimpanan Arsip

Arsip dokumen perusahaan atau industri sangat penting sebagai sumber informasi perusahaan. Maka dari itu, kardus arsip berfungsi sebagai tempat menyimpan arsip yang telah terkumpul selama beberapa waktu.

Arsip yang disimpan dapat berupa catatan keuangan, penjualan, serta hutang perusahaan yang mana jika tidak ada kotak arsip untuk menyimpan, dapat terjadi berbagai dampak kerusakan atau kebocoran informasi dari arsip tersebut.

2. Mengamankan Arsip

Menindaklanjuti dari arsip yang sudah tersimpan, tentu hal yang pasti bahwa arsip tersebut sudah aman di dalam box arsip kardus.

Keamanan arsip dapat berupa informasi perusahaan yang hanya diketahui penyimpanan dan isinya oleh pihak yang bertanggung jawab atas arsip tersebut.

3. Menata Arsip

Fungsi umum dalam penyimpanan barang tentu agar barang tersebut dapat tersusun secara rapi melalui tempat penyimpanan. Termasuk arsip sendiri harus disimpan di dalam kotak atau kardus arsip agar suatu saat jika membutuhkan arsip tersebut dapat mudah ditemukan.

Jika arsip tidak ditata dengan benar, maka otomatis akan mempersulit jika ingin mencarinya kembali. Penataan arsip di dalam kardus juga harus diperhatikan agar sesuai dengan SOP perusahaan. Contohnya menandai kardus arsip dengan nomor tertentu agar mudah ditemukan.

4. Menjaga Kualitas Arsip

Arsip yang tidak ditempatkan di tempat khusus ada kemungkinan akan rusak seperti terkena air, debu, kotoran hingga berbagai penyebab yang dapat merusak arsip. Jika anda ingin menjaga kualitas arsip perusahaan, maka gunakan kardus arsip di Tukang Kardus.

Kotak arsip telah didesain untuk penyimpanan berbagai jenis arsip berupa brosur, majalah hingga berbagai surat edaran perusahaan.

5. Memperkecil Penggunaan Zona Ruang

Terakhir, adanya penggunaan dari kardus arsip akan membuat ruang kerja anda akan semakin efisien. Bukan tanpa alasan, kardus arsip menyusun arsip sebagaimana membantu dalam melonggarkan space kantor yang diisi berbagai barang selain arsip.

Keunggulan Kardus Arsip

Sebagai toko yang menjual kardus arsip dan berbagai jenis kardus lainnya, Tukang Kardus senantiasa menawarkan produk kardus arsip yang memiliki kelebihan atau keunggulan. Berikut ini alasan mengapa anda harus menggunakan kardus arsip.

1. Arsip Tersimpan dengan Rapi

Keunggulan dari penggunaan kardus arsip yang pertama akan memastikan arsip anda tersimpan dengan aman di dalam kardus. Selain itu, arsip akan jauh terlindungi dibandingkan dengan anda yang menyimpannya di ruang terbuka, seperti di atas meja atau lainnya.

2. Arsip Tertata dengan Rapi

Anda bisa menata arsip dengan cara menumpuk di dalam kardus arsip yang telah disediakan sebelumnya. Saran lainnya yaitu gunakan catatan di setiap arsip yang tersimpan di dalam kardus tersebut agar suatu saat dibutuhkan maka dapat dengan mudah ditemukan.

3. Kualitas Arsip Terjaga

Penggunaan kardus arsip memang tidak menjamin bahwa arsip anda akan menjadi abadi. Namun dengan adanya kardus arsip ini akan meminimalisir kerusakan pada dokumen arsip.

Jenis-Jenis Kardus

Selanjutnya ada informasi terkait berbagai jenis kardus yang tersedia di Tukang Kardus. Penasaran? Berikut ini daftarnya.

1. Kardus Custom

Pertama, kardus custom adalah jenis kardus yang bentuk dan fungsinya dapat disesuaikan dengan permintaan order customer.

2. Kardus Sepatu

Kardus sepatu adalah jenis kardus yang dibuat untuk membungkus produk sepatu tertentu. Umumnya para customer kardus jenis ini berasal dari perusahaan produsen sepatu.

3. Kardus Kue

Kardus kue adalah jenis kardus yang digunakan untuk penyimpanan kue. Biasanya ukuran dari kardus kue disesuaikan dengan ukuran kue itu sendiri.

4. Kardus Arsip

Terakhir, kardus arsip adalah kardus yang digunakan untuk menyimpan segala jenis arsip perusahaan hingga perorangan.

Itu dia informasi terkait kardus arsip yang telah dibahas secara lengkap. Jika anda berminat order, Tukang Kardus menyediakan berbagai jenis kardus dengan harga kompetitif. Lakukan pemesanan melalui kontak yang telah disediakan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Kardus Arsip?"