Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Terbaik Menghadapi Kesulitan Saat Kuliah Farmasi

Pelajaran farmasi bisa dikatakan sebagai pelajaran sulit karena banyak mengandung unsur kimia. Kegiatan belajarnya pun lebih banyak di laboratorium melakukan banyak penelitian seputar obat.

Jika di tingkat SMA saja pelajaran kimia termasuk pelajaran yang sulit, bagaimana dengan farmasi yang bisa dikatakan satu tingkat lebih sulit di atas kimia.

Tak heran jika banyak siswa yang merasa kesulitan ketika kuliah di farmasi. Butuh niat yang kuat dan strategi terbaik untuk menghadapi kesulitan saat kuliah di jurusan farmasi.

Strategi Terbaik Menghadapi Kesulitan Kuliah Jurusan Farmasi

Strategi Terbaik Menghadapi Kesulitan Kuliah Jurusan Farmasi

Biaya kuliah farmasi itu mahal. Jadi kuliah di jurusan farmasi harus diniatkan betul dan dijalankan dengan sungguh-sungguh. Butuh strategi terbaik agar kesulitan yang dialami banyak mahasiswanya dapat dihadapi dengan baik.

Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi kuliah farmasi yaitu :

1. Miliki Buku Catatan yang Berkualitas

Catatan berkualitas adalah catatan yang menggunakan sistem penulisan catatan dengan metode belajar efektif seperti metode cornell, outline, mapping, charting atau sentence. Pilihlah metode belajar terbaik yang memudahkan Anda untuk memahami mata kuliah farmasi.

2. Atur Manajemen Waktu dengan Baik

Kuliah yang padat dan tugas yang banyak membuat mahasiswa sering keteteran, hingga tak jarang membuat stress. Strategi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur manajemen waktu sebaik mungkin.

Caranya dengan membuat kalender tersendiri yang berisi jadwal kuliah, jadwal tugas atau kegiatan ekstrakurikuler, sehingga mahasiswa dapat mengatur waktu kapan belajar dan kapan mengumpulkan tugas.

3. Belajar dengan Orang Lain

Mendiskusikan mata kuliah farmasi dengan teman akan mempermudah memahami pelajaran farmasi. Karena itu, usahakan untuk belajar kelompok agar tugas kuliah terasa lebih ringan. Selain itu belajar kelompok juga dapat melatih kemampuan komunikasi interpersonal.

4. Hindari Distraksi

Gangguan saat belajar dapat bervariasi. Mulai dari kebisingan, tempat ramai, handphone sampai musik. Karena itu ciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang agar pelajaran farmasi yang dipelajari dapat masuk ke pikiran dengan baik.

5. Hindari Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Belajar dengan sistem kebut semalam terbukti tidak efektif dan hanya menyebabkan stress bertambah. Usahakan mengatur jadwal belajar secara rutin setiap harinya dengan mempelajari mata kuliah farmasi dengan baik.

Jangan belajar terlalu banyak dalam satu waktu yang bersamaan karena otak tidak mudah mengingat. Sebaliknya, belajar sedikit yang dilakukan secara rutin akan membuat otak lebih mudah mengingat pelajaran dalam jangka waktu panjang.

Belajar Farmasi Agar Menjadi Ahli Farmasi Terbaik

Farmasi memang disebut sebagai salah satu jurusan yang sulit, tapi prospek pekerjaannya bisa terjamin. Lulusan farmasi bisa menjadi apoteker, peneliti, dosen atau industri farmasi lainnya yang luas. Tak heran jika biaya kuliah farmasi itu mahal.

Kampus yang menyediakan jurusan farmasi bisa berasal dari kampus negeri maupun swasta. Biasanya biaya kuliah farmasi swasta lebih mahal daripada biaya kuliah farmasi negeri. Meskipun begitu, keduanya tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Itulah sebabnya kuliah farmasi membutuhkan kesungguh-sungguhan karena lulusan farmasi akan menjadi ahli farmasi yang dibutuhkan banyak perusahaan. Keuntungan lainnya adalah ahli farmasi ini akan tergabung dalam Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang berisi orang-orang ahli yang kompeten di bidang farmasi. Info lengkapnya dapat diakses di https://pafipaniai.org/

Tunggu apalagi. Siap-siap bergabung dengan PAFI yuk dengan belajar farmasi sungguh-sungguh.

Posting Komentar untuk "Strategi Terbaik Menghadapi Kesulitan Saat Kuliah Farmasi"