Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Universitas dengan Program Studi Farmasi Berkualitas di Bandung

Sebelum bergabung menjadi anggota https://pafibintang.org/ yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia, tentu harus menempuh pendidikannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, memilih universitas yang tepat adalah suatu keharusan.

Dari sekian banyak kota besar di Indonesia, Bandung dapat menjadi salah satu pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang farmasi. Adapun hal ini tidaklah mengejutkan mengingat berbagai kampus top yang tersebar di Kota Kembang.

Lantas, apa saja universitas negeri di Bandung yang ada jurusan farmasi? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Tentang Program Studi Farmasi

Farmasi adalah suatu bidang yang secara khusus mempelajari tentang obat-obatan. Mulai dari struktur senyawa obat hingga meracik obat yang tepat sesuai diagnosa penyakit dipelajari secara mendalam di farmasi.

Berdasarkan pengertian farmasi tersebut, rasanya tidaklah mengherankan apabila bidang ini termasuk sebagai area studi yang dipelajari oleh masyarakat, khususnya di level perguruan tinggi.

Selain perguruan tinggi, bidang studi ini juga dipelajari oleh para siswa SMK jurusan farmasi. Baik perguruan tinggi maupun pendidikan menengah pun selalu menarik minat para calon siswa/mahasiswa.

Salah satu pemantik minat akan bidang farmasi adalah prospek kerja farmasi yang terbilang luas. Selain apoteker, lulusan farmasi dapat menjadi periset di lembaga riset, badan negara, atau produsen obat-obatan.

5 Universitas dengan Prodi Farmasi Berkualitas

Universitas dengan Program Studi Farmasi Berkualitas di Bandung

Apabila Anda tertarik untuk mendalami pelajaran farmasi, berikut ini adalah 5 rekomendasi kampus pilihan dengan Prodi Farmasi terbaik yang dapat Anda tuju di Kota Bandung:

Institut Teknologi Bandung

Siapa yang tak kenal dengan kampus ini? Selalu berada di jajaran Top 3 kampus Indonesia dengan mutu lulusan yang luar biasa.

Prodi Farmasi di ITB fokus pada pendalaman teori yang diimbangi dengan pengaplikasian teknologi terkini. Proses perkuliahan pun didukung dengan laboratorium mutakhir.

Universitas Padjadjaran

Kampus yang selalu masuk dalam jajaran Top 10 PTN di Indonesia ini memiliki Prodi Farmasi yang tidak perlu diragukan kualitasnya. Adapun fokus utamanya adalah riset terpadu untuk mengembangkan obat-obat mutakhir.

Di samping itu, praktik yang inovatif dan kolaboratif juga dijalankan oleh mahasiswa serta dosen. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman mendalam seputar dunia farmasi.

Universitas Pendidikan Indonesia

Berbeda dari dua kampus sebelumnya, Prodi Farmasi di UPI lebih berorientasi pada pelayanan klinis. Hal ini tentunya sejalan dengan spirit universitas yang menekankan pada kemampuan mendidik.

Selain teori, mahasiswa juga dibekali keterampilan pedagogik untuk menjadi pendidik dan praktisi farmasi seperti anggota https://pafibintang.org/.

Universitas Islam Negeri Bandung

Pendekatan unik ditawarkan oleh UIN Bandung, yakni mendalami ilmu farmasi yang digabungkan dengan prinsip-prinsip Islam. Mengikuti teladan dari Ibnu Sina, Prodi Farmasi di UIN memberi penekanan khusus terkait etika pengobatan.

Di samping itu, mahasiswa juga dibekali ilmu untuk meracik obat-obatan dengan bahan yang halal.

Universitas Pasundan

UNPAS menawarkan kurikulum yang lengkap seputar farmasi. Mulai dari pengembangan obat-obatan hingga praktis klinis dipelajari oleh mahasiswa agar menjadi praktisi farmasi dengan keterampilan mumpuni.

Adapun farmakologi dan manajemen obat juga termasuk dalam kurikulum yang dijalankan oleh mahasiswa selama masa perkuliahan. Pelajaran farmasi seperti ini sangat menarik bukan?

Kini Anda sudah memahami pengertian farmasi berikut prospek kerjanya. Rekomendasi kampus-kampus berkualitas pun telah disajikan secara ringkas. Kini saatnya bagi Anda untuk menentukan pilihan. Selamat memilih kampus, ya!

Posting Komentar untuk "5 Universitas dengan Program Studi Farmasi Berkualitas di Bandung"