Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Reksa Dana Manulife Dana Saham

Salah satu pengelolaan uang yang sangat direkomendasikan dan sangat menguntungkan jika pengelolaannya baik adalah dengan reksa dana. Reksa dana Manulife adalah salah satu opsi yang banyak diminati masyarakat.

Investor tidak perlu menghabiskan waktu dan berhitung tentang resiko investasi mereka. Reksa dana adalah instrumen yang dibuat untuk mereka yang tidak perlu repot terjun sendiri dalam investasi uang karena ada manajer investasi yang mengatur pergerakan dana.

Ada beberapa jenis reksa dana dan pembahasan tentang reksa dana pasar uang bisa Anda pelajari dengan detail di sini sebelum menentukan pilihan investasi. Berikut penjelasannya.

Jenis Reksa Dana

Mengenal Reksa Dana Manulife Dana Saham

Ada beberapa produk reksa dana yang perlu Anda ketahui. Reksa dana jenisnya ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham, dan reksa dana syariah.

Untuk pembahasan kali ini akan dibedah perbedaan antara reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Keduanya adalah instrumen investasi yang sesuai untuk investor pemula.

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang berarti investasi dilakukan 100% di pasar uang atau pada surat berharga yang masa jatuh temponya di bawah 1 tahun.

Reksa dana pasar uang dikenal punya resiko paling rendah dibanding semua jenis reksa dana lainnya. Karena resikonya rendah maka imbal balik keuntungan juga relatif kecil. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena manajer investasi akan mengupayakan keuntungan maksimal pada dana Anda.

Ciri lain yang menjadi pembeda reksa dana pasar uang adalah
  1. Investasi hanya pada instrumen pasar uang dalam negeri.
  2. Investasi dalam bentuk obligasi, deposito, sukuk, Sertifikat Utang Negara (SUN), atau Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  3. Investasi juga bisa dilakukan pada efek yang bersifat utang dengan ketentuan: Jangka waktu kurang dari 1 tahun & Sisa jatuh tempo maksimal 1 tahun
  4. Sangat cocok untuk investor pemula karena resikonya rendah.

Reksa Dana Pasar Uang vs. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pasar uang mengalokasikan 100% dana Anda di pasar uang pada produk sukuk, obligasi, deposito, dan lainnya dengan masa jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun. Sementara reksa dana pendapatan tetap mengalokasikan antara 80% - 95 persen dana pada produk obligasi atau efek utang dengan masa jatuh tempo lebih dari 1 tahun.

Alokasi dana untuk investasi dan masa jatuh tempo inilah yang menjadi perbedaan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap. Masing-masing punya resiko yang berbeda dan jumlah imbal hasil yang menyesuaikan pula.

Keuntungan Investasi dengan Reksa Dana Pasar Uang

Ketika menetapkan investasi pada satu instrumen investasi, tentunya ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah pertimbangan tentang keuntungan yang didapat ketika memilih instrumen investasi ini.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang adalah:
  • Rendah resiko dan aman. Dana Anda akan diinvestasikan ke dalam pasar uang yang punya resiko jauh lebih rendah dibanding ketika dana diinvestasikan ke dalam surat-surat berharga.
  • Imbal hasil yang cukup tinggi dibanding menyimpan uang dalam bentuk deposit.
  • Mudah dicairkan. Anda dapat dengan mudah mencairkan dana investasi di manapun dan kapanpun, bahkan tanpa ada potongan atau penalti. Kapanpun Anda membutuhkan dana, bisa mudah untuk ditarik.
  • Sangat mudah didapat. Reksa dana saat ini sudah sangat mudah dimiliki oleh semua orang. Ada banyak Lembaga keuangan yang menyediakan produk investasi reksa dana.
  • Tersedia berbagai jenis reksa dana. Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Bahkan reksa dana syariah juga tersedia.
  • Investasi aman. Reksa dana adalah investasi instrumen yang pengelolaannya diawasi OJK.

Reksa Dana Manulife, Investasi Pasar Uang Online

Sejalan dengan perkembangan ekonomi digital, Anda bisa memanfaatkan investasi reksa dana dalam bentuk online yang artinya Anda tidak perlu datang langsung ke Lembaga penyedia investasi reksa dana.

Manulife Investment Management (MAMI) adalah penyedia layanan investasi reksa dana online yang mengelola dana Anda secara profesional. Anda hanya tinggal mampir di situs transaksi online Reksa Dana Manulife, mengakses kapanpun dan dari manapun. Anda bisa melakukan aneka investasi mulai dari pembelian, pencairan, pengalihan, maupun memantau portofolio investasi Anda.

Dengan investasi mulai dari Rp.10,000. Dapat mencairkan investasi kapanpun tanpa jangka waktu minimum, bagi sebagian dana maupun seluruhnya. Anda dapat memindahkan investasi antar reksa dana manulife yang anda miliki. Anda pun bisa menggunakan fitur Aturinvest untuk mengingatkan jadwal investasi bulanan

Mengingat investasi adalah sebuah bentuk perencanaan keuangan untuk masa depan, maka investor harus memperhatikan bagaimana bentuk investasi ini bisa menjadi penolong saat dana darurat dibutuhkan. Prioritaskan investasi untuk kebutuhan mendesak Anda. Cari produk investasi yang mudah dicairkan dan masih memberikan keuntungan yang sesuai.

Reksa dana pasar uang adalah produk investasi yang memenuhi kedua unsur tersebut. Sifatnya sangat likuid dan imbal hasilnya masih menguntungkan walau tidak sebanyak jenis reksa dana lain yang cukup tinggi juga resikonya.

Ayo mulai sisihkan pendapatan Anda untuk dana darurat dan diinvestasikan pada reksa dana. Alokasikan dana untuk sekitar 3-6 bulan pengeluaran sebagai dana darurat agar nanti lebih siap menghadapi kejadian yang tidak terduga di masa depan. Kunjungi website Reksa Dana Manulife untuk tau lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Reksa Dana Manulife Dana Saham"