Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Sumber Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah salah satu dari jenis kandungan gizi makro yang penting sebagai asupan harian tubuh.

Berbeda dengan jenis yang sederhana, karbohidrat kompleks juga dikenal sebagai karbohidrat dengan rantai ikatan kimianya panjang. Hal inilah yang membuatnya memiliki ciri khas waktu cerna yang lebih lama.

Oleh karena itulah, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini banyak dipilih sebagai asupan dalam hidangan program diet supaya seseorang dapat merasa kenyang lebih lama.

Pilihan Sumber Makanan dengan Karbohidrat Kompleks Saat Diet

Pilihan Sumber Makanan dengan Karbohidrat Kompleks Saat Diet

Sebagai karbohidrat dengan rantai ikatan kimianya panjang, karbohidrat kompleks tentu akan memberikan kepuasan yang jauh lebih lama bila dibandingkan dengan jenis sederhana.

Jadi tidak heran jika makanan karbohidrat kompleks banyak direkomendasikan sebagai alternatif karbohidrat sederhana yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Kira-kira, apa saja jenis sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda pilih saat sedang menjalani diet? Berikut ini adalah beberapa diantaranya, yaitu:

1. Oatmeal

Salah satu makanan yang memiliki karbohidrat kompleks adalah oatmeal. Jenis makanan yang satu ini merupakan sumber dari karbohidrat kompleks yang berasal dari gandum sehingga kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Selain itu, oat juga mengandung beta glucan sehingga mampu untuk menjaga kadar kolesterol supaya tubuh tetap dalam kondisi fit dan sehat.

2. Kentang

Kentang merupakan golongan tanaman umbi yang mengandung karbohidrat kompleks. Apalagi, kentang merupakan jenis karbohidrat kompleks yang mudah ditemui, terjangkau dan diolah menjadi berbagai hidangan enak.

Selain itu, kentang juga tidak hanya mengandung karbohidrat namun juga vitamin A, C, natrium, serat, dan protein sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih menyehatkan dibandingkan nasi putih.

Tidak hanya itu saja, kentang juga memiliki kandungan pati resisten dan serat yang dapat mendukung kesehatan pencernaan dan nutrisi baik pada bakteri usus.

3. Pisang

Pisang merupakan makanan dengan sumber karbohidrat kompleks yang juga tidak kalah digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah tropis andalan ini memiliki kandungan zat pati dengan kandungan indeks glikemik yang rendah.

Jadi, walaupun rasanya manis tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dibandingkan dengan makanan karbohidrat sederhana yang biasanya dikonsumsi masyarakat.

Tidak hanya itu saja, pisang juga mengandung potasium, vitamin B6, C, serat dan magnesium sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Nasi Merah

Jika Anda masih belum terbiasa untuk mengganti nasi putih dengan alternatif karbohidrat kompleks lainnya karena berbeda tekstur, maka nasi merah dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebab, walaupun nasi merah memberikan jumlah kalori yang hampir sama dengan nasi putih, namun makanan ini memiliki lebih banyak keunggulan yang ditawarkan.

Salah satunya adalah, kandungan serat dan protein yang tiga kali lebih tinggi sehingga mampu memberikan sensasi rasa kenyang yang jauh lebih lama dibandingkan nasi putih.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung pati, serat hingga beta karoten, potassium, vitamin C dan kalium yang tinggi dan mampu memberikan efek mengenyangkan karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Apalagi, ubi merupakan makanan dengan kandungan glikemik rendah sehingga tidak akan menyebabkan adanya lonjakan gula darah.

6. Labu

Sumber karbohidrat kompleks terakhir yang layak untuk dicoba adalah labu. Sebab sayuran ini padat nutrisi arena diperkaya dengan kandungan antioksidan, serat, dan vitamin A.

Selain itu, labu juga mengandung kalium, zat besi hingga beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan khususnya mata dan kulit.

Itulah berbagai jenis sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga layak untuk dicoba dan olah semasa diet mampu mempertahankan pola hidup yang lebih sehat. Kira-kira, mana makanan yang jadi favorit Anda?

Posting Komentar untuk "6 Sumber Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks"