Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Geolistrik: Prinsip Dasar, Metode dan Manfaat

Masih banyak yang belum mengenal jasa geolistrik, padahal sebenarnya layanan ini sangat bermanfaat bagi banyak orang. Metode geolistrik bisa digunakan untuk menemukan sumber air, sumber tambang, hingga penemuan benda-benda bersejarah yang terkubur di dalam tanah.

Jasa survey geolistrik bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam lapisan batuan di bawah permukaan tanah hingga menemukan lapisan yang dituju. Agar lebih paham, berikut penjelasan mengenai geolistrik, prinsip, metode, dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Pengertian Geolistrik

Pengertian Geolistrik

Geolistrik merupakan salah satu metode eksplorasi geofisika yang umumnya diaplikasikan oleh jasa survey geolistrik untuk menginvestigasi keberadaan air tanah dan studi ilmiah tanah. Namun, geolistrik juga memainkan peran penting di bidang arkeologi dalam eksplorasi benda-benda terkubur.

Metode geolistrik bertujuan untuk mengukur nilai resistivitas (ketahanan jenis) material bumi menggunakan konsep pengukuran hambatan arus listrik. Pengukuran resistivitas dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam tanah sekaligus mengukur tegangan secara bersamaan.

3 Prinsip Dasar Geolistrik

Terdapat 3 prinsip dasar yang digunakan dalam pengukuran geolistrik, yakni resistivitas, konduktivitas, serta penggunaan elektroda. Berikut penjelasannya:

Prinsip Resistivitas

Resistivitas adalah kemampuan untuk menghambat arus listrik yang melewati suatu bahan. Jika nilai resistivitas suatu bahan rendah, maka arus listrik dapat melewatinya dengan mudah, demikian sebaliknya.

Prinsip Konduktivitas

Konduktivitas adalah kemampuan menghantarkan listrik yang dimiliki suatu bahan. Semakin tinggi konduktivitas, makin mudah arus listrik untuk melewati bahan tersebut, dan sebaliknya.

Pemakaian Elektroda

Pada analisis geolistrik, elektroda digunakan dalam proses pengukuran potensial listrik dan arus yang akan dilaluinya melalui lapisan bawah tanah. Terdapat dua jenis elektroda yang digunakan, yaitu arus dan tegangan. Setiap metode membutuhkan sepasang elektroda arus dan tegangan.

Jenis Konfigurasi Elektroda dalam Metode Geolistrik

Jenis konfigurasi elektroda yang dipilih disesuaikan dengan data luas lahan yang hendak diukur. Inilah 5 konfigurasi yang sering digunakan dalam pengukuran geolistrik:

Konfigurasi Wenner

Konfigurasi Wenner menggunakan 4 elektroda dengan posisi garis lurus. Elektroda pertama dan keempat dipakai untuk mengalirkan listrik, adapun elektroda kedua dan ketiga untuk menerima arus listrik.

Konfigurasi Schlumberger

Konfigurasi Schlumberger menggunakan 2 elektroda yang dipasang pada jarak yang jauh di permukaan tanah.

Konfigurasi Dipole-pole

Konfigurasi Dipol-Dipol dipakai untuk mengukur resistivitas lapisan bawah tanah yang lebih dalam. Metode ini menggunakan 4 elektroda dengan letak jarak yang jauh satu sama lain dibanding metode Wenner.

Konfigurasi Gaya Gelombang

Metode gaya gelombang sering dimanfaatkan untuk mencari sumber daya mineral, seperti gas alam, minyak bumi, dan logam. Metode ini dilakukan dengan cara mengukur getaran pada tanah.

Konfigurasi Polarisasi Spontan

Tanah memiliki muatan listrik yang besarnya bergantung pada komposisi dari kondisi tanah. Metode polarisasi spontan dilakukan untuk mengukur perubahan tegangan listrik di bawah tanah. Data yang diperoleh akan menjadi interpretasi geolistrik gambaran permukaan bawah bumi.

Manfaat Geolistrik

Manfaat Geolistrik

Sistem geolistrik untuk mengukur nilai resistivitas (ketahanan jenis) lapisan batuan di bumi menawarkan banyak kelebihan, antara lain:
  • Mudah penggunaannya, murah, dan ramah lingkungan.
  • Memberikan gambaran terhadap area yang diukur dalam waktu singkat.
  • Bisa mencapai kedalaman hingga ratusan meter.
  • Bisa mendeteksi bahan yang bersifat konduktif, seperti logam, dan sebagainya.
Metode geolistrik bisa digunakan untuk mendeteksi air tanah maupun keberadaan mineral di dalam tanah. Jika hendak menggunakan metode ini demi kebutuhan Anda, sebaiknya lakukan kerjasama dengan jasa konsultasi geolistrik yang berpengalaman seperti Galaxy Teknik.

Galaxy Teknik adalah perusahaan jasa geolistrik yang melayani deteksi air dan bor tanah serta deteksi mineral batu bara dengan kinerja profesional namun bertarif murah. Seluruh pekerjaan dikerjakan oleh tim profesional sehingga hasil deteksi dijamin akurat.

Kami memberikan garansi atas setiap pekerjaan karena kualitas menjadi prioritas perusahaan kami. Ingin survey dengan biaya ekonomis? Silahkan hubungi jasa konsultasi geolistrik Galaxy Teknik untuk mendapatkan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Geolistrik: Prinsip Dasar, Metode dan Manfaat"