Tips Umum Menggunakan Facebook Ads

Beriklan di Facebook? Kenapa tidak!

Ya, keberadaan facebook pada awalnya memang hanya dikenal sebagai salah satu piranti jejaring sosial saja, tidak lebih. Sekitar tahun 2005-an, pengguna facebook hanya menggunakannya sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan teman dan juga kerabat, seperti bertukar pesan, saling melihat kegiatan atau foto, dan lain sebagainya,

Namun seiring dengan perkembangan jaman, hingga saat ini facebook bukan hanya perangkat jejaring sosial saja, namun sudah menjadi sarana promosi yang bisa dikatakan sangat powefull. Mengapa demikian? Menurut sumber yang terpercaya, hingga awal tahun 2016 saja, pengguna aktif facebook diseluruh dunia sudah mencapai 1.65 miliar per bulannya. Dimana pertumbuhan pengguna tersebut terus bertambah, dan diperkirakan laju pertumbuhannya adalah sebesar 15% disetiap tahunnya.

Nah bagi pengusaha seperti anda, ini artinya pasar yang sangat luas!  Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba untuk memanfaatkan facebook dalam hal ini facebook ads, sebagai salah satu cara untuk memperluas pangsa pasar anda. Perlu anda ketahui bahwa facebook ads memiliki keunggulan utamanya yaitu kemampuan untuk melakukan hypertargeting opportunities, yaitu kemampuan untuk menyampaikan konten iklan pada segmen berbasis minat tertentu dalam jaringan (network). Dan untuk masalah biaya pun, facebook ads ini tidaklah terlalu mahal, bahkan bisa menyesuaikan dengan isi dompet anda.

fb ads 2

Mengapa Facebook ads?

Memang melalui facebook, dalam hal ini, memanfaatkan facebook pages, kita dapat melakukan promosi secara gratis seperti memposting hal-hal yang menarik yang sesuai dengan kepentingan usaha anda. Namun sudah bisa dipastikan postingan anda tersebut tidak akan bertahan lama, hal tersebut terjadi karena sangat banyak orang yang menggunakan fasilitas gratis facebook sebagai media promosi mereka.

Nah, untuk memenangkan persaingan, sebaiknya anda menggunakan facebook ads. Karena facebook ads adalah fitur yang ditawarkan oleh facebook untuk mempermudah pengusaha seperti anda melakukan promosi ataupun mengiklankan Fan Page yang anda miliki. Hingga saat ini sudah banyak enterprenuer muda yang berpenghasilan puluhan juta melalui facebook ads. Memang, ada pula sebagian orang yang menyangsikan kekuatan iklan lewat yang social media yang satu ini. Namun besar kemungkinan, mereka belum berhasil karena belum memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan oleh facebook ads.

Untuk itu, saya akan coba untuk berbagi tips dan juga langkah-langkah yang harus anda lakukan agar  anda berhasil dalam melakukan facebook ads secara maksimal.

fb ads 3

Research, Research dan Research Lagi!

Hal pertama yang yang harus anda lakukan sebelum melakukan promosi lewat facebook ads adalah melakukan research, research dan research yang mendalam terhadap kekuatan produk dan juga target yang anda harapkan. Semakin detail anda me-research tentu hasil yang didapat akan lebih baik. Saya yakin anda sudah melakukan proses ini bahkan bisa jadi sebelum anda memutuskan untuk membuat produk, namun tidak ada salahnya anda melakukannya sekali lagi karena karena facebook ads hanyalah sebatas tool yang diciptakan untuk mempermudah kita dalam hal beriklan di facebook.

Persiapkan Content yang Menarik!

Yang harus anda persiapkan berikutnya adalah content iklan yang menarik. Untuk bentuk content iklan nya sendiri anda bisa buat dalam berbagai format, misalnya dalam bentuk post, image dan juga video yang diberi link menuju landing page anda. Untuk landing page-nya sendiri, anda bisa gunakan alamat website, alamat Fans Page, ataupun alamat url lainnya yang anda inginkan. Persiapkan landing page secara maksimal karena inilah halaman pertama yang akan dikunjungi oleh pengunjung ketika pertama kali mereka meng klik iklan anda. Buatlah juga sales copy semenarik mungkin, agar orang dengan suka rela mengklik iklan anda. Untuk proses ini anda bisa mengerjakannya secara offline dengan menggunakan program sederhana, semisal Notepad atau Microsoft word.

Pilihlah Format Iklan Yang Tepat

Facebook ads menawarkan beragam pilihan untuk kita berpromosi, ada baiknya anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Disini anda harus benar-benar mempertimbangkan dengan matang, iklan mana yang akan anda pilih.

 

Right-hand Side Ads

fb ads 4

Promoted Ads

fb ads 5

  

Page Like Ads

fb ads 6

 

Tentukan Target Audience, Budget dan Jadwal Iklan Anda

Hal berikutnya adalah pilihlah yang harus anda perhatikan adalah, mempersiapkan target iklan anda. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa keunggulan dari facebook ads adalah “melakukan hypertargeting opportunities”, disinilah langkah besar anda dimulai! Mulailah mengatur target anda. Disini anda dapat memilah-milah target mana yang anda kehendaki, mulai dari menentukan, Audience yang mencakup lokasi, umur, gender, dan juga bahasa. Placement, yaitu menentukan diperangkat mana saja iklan anda akan ditampilkan. Juga ada pilihan Budgeting dan Jadwal untuk tampilkan iklan anda. Sekali lagi saya tekankan anda untuk berulangkali melakukan research, karena ini akan menunjang hasil penjualan anda.

Setelah anda melakukan semua itu, masih ada beberapa hal penting lainnya yang dapat anda lakukan untuk menunjang facebook ads anda, diantaranya adalah dengan menggunakan strategi yang biasa digunakan pada email marketing, yaitu dengan mengirimkan newsletter kepada kontak-kontak anda. Dan apabila produk yang anda tawarkan adalah dalam bentuk produk jadi semisal tshirt, tidak ada salahnya pula apabila anda mengendorse publik figure atau tokoh tertentu untuk menunjang strategi promosi anda. Selamat mencoba…

RumahAwan

Passion Saya Adalah Internet Marketing. Terutama Yang Berkaitan Dengan SEO, OnlineShop, Dan PPC. Blog Ini Dibuat Supaya Saya Bisa Sharing Info Berguna Tentang Internet Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *