Orang Sukses Dan Kebiasaan Membaca Mereka

Membaca merupakan suatu aktivitas untuk mengenal, menganalisa, serta mengintepretasikan sebuah pesan tertulis melalui sebuah media tulisan. Dengan semakin berkembangnya jaman, media tulisan juga cukup banyak, baik secara offline maupun online. Contoh media offline berupa koran, majalah, buku, dan lainnya. Sedangkan untuk media tulisan online berupa koran atau majalah online dalam website, jurnal online, dan lainnya. Budaya membaca memberikan banyak manfaat, selain untuk menambah pengetahuan, ada sisi baik untuk kesehatan pula, di antaranya dapat menstimulasi mental, dapat mengurangi stress, dapat meningkatkan kualitas memori, melatih otak untuk berfikir dan menganalisa secara kritis, mampu meningkatkan konsentrasi serta mampu mencegah otak mengalami penurunan fungsi kognitif, mengurangi resiko penyakit Alzheimer.books

Kebiasaan membaca harus dibudayakan dari sejak kecil, tentu saja membaca hal-hal yang positif sesuai dengan perkembangan umur dan cara berfikir. Sebagai orang tua yang memiliki buah hati, hendaknya mendampingi anak-anaknya tentang apa saja yang dibaca. Dengan begitu, orang tua bisa memonitor informasi apa saja yang diserap oleh anaknya. Orang tua bisa memberikan fasilitas untuk membudayakan kebiasaan membaca kepada putra-putrinya dengan banyak cara. Contoh kecil  sebagai usaha awal yang bisa dilakukan adalah dengan membelikan buku-buku murah sesuai dengan umur anak. Selanjutnya orang tua mendampingi mereka saat membaca di rumah, dengan memberikan waktu khusus jam membaca. Jatah waktu membaca ini tidak harus berlama-lama, yang penting bisa rutin dilakukan. Bisa 1 hingga 2 jam per hari, dan dalam satu minggu bisa dilakukan 3 sampai 5 hari saja. Selain membeli buku sendiri, orang tua bisa mengajak anak berkunjung ke perpustakaan umum yang terdekat. Selain hemat, berkunjung ke perputakaan bisa sebagai salah satu usaha rekreatif untuk mendidik anak gemar membaca.library

Jika sudah banyak terkumpul buku-buku yang telah dibaca, anak bisa diajak untuk mengumpulkan dan menata buku yang dimilikinya. Ajari anak-anak untuk menghargai buku yang dimilikinya, dengan cara merawatnya, agar suatu hari nanti bisa dimanfaatkan kembali. Jika memang dirasa perlu, orang tua bisa memikirkan untuk menyediakan suatu ruangan khusus untuk menempatkan buku-buku, majalah, atau koran, yang tujuan ke depannya bisa digunakan sebagai perpustakaan pribadi di rumah. Ciptakan suasana yang nyaman dalam ruang baca atau perpustakaan rumah, agar anak-anak tidak mudah bosan ketika melihat buku. Lakukan pula banyak kegiatan yang berhubungan dengan buku selain membaca, seperti menggambar dan mewarnai, pastinya kegiatan tersebut disesuaikan dengan pola pikir dan perkembangan usianya. Jika anak telah beranjak besar, dengan sendirinya dia akan mencintai aktivitas ini sebagai suatu kebiasaan.

not all

Kebiasaan membaca memberikan nilai positif kepada siapa saja, sejauh materi bacaan yang dibaca adalah hal-hal yang positif pula. Banyak tokoh sukses dunia yang memiliki kebiasaan membaca yang patut kita contoh, berikut ini di antaranya:

  1. Warren Buffet

warren

Memiliki nama lengkap Warren Edward Buffett, merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Salah satu hal yang mendukung kesuksesannya adalah kebiasaan membaca. Chairman dan CEO Berkshire Hathaway ini mengatakan bahwa rahasia orang sukses berpikir cerdas dan mengambil keputusan tepat adalah membaca 500 halaman buku setiap hari. Sebanyak 80% waktunya di kantor dihabiskannya dengan membaca laporan, sementara di rumah, Buffet membaca koran dan buku-buku. Untuk mengawali hari, Warren Buffett gemar membaca berbagai berita lokal dan nasional, serta setiap hari mampu membaca Wall Street Journal, Financial Times, New York Times, USA Today, Omaha World-Herald dan American Banker , dan memua itu dibacanya setiap pagi sebelum beraktivitas.

Warren Buffet melakukan ini agar dirinya selalu bisa mengikuti perkembangan tren dunia bisnis yang terjadi. Dari sinilah biasanya dia bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih matang lagi. Warren Buffet juga dikenal sebagai seorang pebisnis yang mahir membaca situasi pasar sehingga dapat membuat keputusan yang hampir selalu tepat. Kebiasaan Warren Buffet ini membuatnya berhasil menjadi raja bisnis di kancah dunia.

b n g

  1. Bill Gates

bill-gates-jpg

Sempat menjadi orang terkaya di dunia, juga merupakan sosok bos Microsoft yang juga mencapai kesuksesan dengan memiliki kebiasaan membaca. Dahulu Gates membaca untuk mendalami ilmu komputer yang disukainya. Bill Gates menyatakan bahwa dirinya harus dipaksa untuk menuntaskan satu buku setiap minggunya. Pria ini membaca berbagai buku ekonomi yang dianggap berguna untuk menambah insight-nya sebagai seorang pebisnis. Selain itu bos Microsoft ini membaca aneka surat kabar untuk mengikuti perkembangan bisnis dunia terkini, yaitu membaca Wall Street Journal, New York Times, dan Economist secara jeli. Gates memberikan pernyataan dalam buku karangannya, Road to Success, tentang membaca, “ have such a sense of curiousity about the world helps anyone to succeed, no matter what job they choose”.

 

  1. Carlos Slim Helu

carlos

Merupakan pria kelahiran Meksiko tahun 1940, yang pernah dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia 3 tahun berturut-turut. Carlos Slim Helu adalah seorang pengusaha, sebagai seorang CEO perusahaan bisang telekomunikasi Teléfonos de México, Telcel, dan América Móvil. Hampir sama dengan kebiasaan orang sukses lainnya, Carlos Slim Helu juga memiliki kebiasaan membaca sejak muda. Kebiasaan ini memperluas wawasan dan pengetahuannya terutama dalam bidang bisnis. Pengetahuan luas ini, dimanfaatkannya untuk mengelola bisnis, saham, serta keuangannya, hasilnya, tiap tahun kekayaan Carlos bertambah secara signifikan pula.

  1. Elon Musk

elon

Pria kelahiran Afrika Selatan termasuk sebagai orang yang mampu meraih kesuksesan di usia muda. Elon Musk merupakan seorang pria kelahiran tahun 1971 yang sukses dengan proyek awal pribadinya yaitu Zip2, yaitu perusahaan perangkat lunak web. Pria cerdas ini merupakan CEO sekaligus pendiri SpaceX, CEO Tesla Motors dan salah satu pendiri PayPal.

Elon Musk memiliki kebiasaan membaca sejak kecil, yaitu mampu menghabiskan waktu 5 jam per hari untuk membaca. Kebiasaan ini masih dilakukannya hingga sekarang, sehingga mampu membuatnya menjadi seorang jenius dan berwawasan luas. Sang ibu, Maye Musk, mengatakan bahwa Elon Musk dulu suka membaca komik super hero dan buku J.R.R Tolkien. Menurut Forbes, rak buku milik Elon Musk bagaikan perpustakaan besar di rumahnya. Namun saat ini Musk lebih memilih untuk membaca buku melalui iPhone miliknya. Elon Musk juga dilaporkan tidak lagi membaca karya fiksi, dan cenderung membaca buku non-fiksi.

elon obama

  1. Mark Zuckerberg

Nama Mark Zuckerberg akan identik dengan jejaring sosial Facebok, yang dinobatkan sebagai media sosial online terbesar di dunia saat ini. Mark sangat sukses dan kaya dengan Facebook-nya. Salah satu kunci suksesnya adalah pada kebiasaannya membaca buku, dan saat ini masih tetap dijalankannya di sela-sela kesibukan kehidupan berbisnis dan berkeluarga. Mark kemudian menggencarkan kampanye membaca buku melalui Facebook melalui halaman yang berjudul A Year of Book. Menurut Mark, membaca buku bisa membuat kamu mengetahui banyak hal baru di budaya dan agama yang berbeda.

zuckerberg

Jika kita tertarik dengan kebiasaan membaca para tokoh dunia tersebut, maka sudah saatnya untuk memulai kebiasaan membaca. Hal ini bisa difasilitasi pula dengan memiliki ide untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah. Ide ini bagus untuk memfasilitas membangun budaya baca seluruh anggota keluarga. Dengan memilki perpustakaan sendiri, kita akan lebih menghargai dan mencintai buku yang dimilki. Kita bisa terlibat bersama dengan seluruh anggota keluarga untuk menikmati buku, menata dan merawatnya bersama-sama. Selain membuat buku-buku kesayangan tersusun rapi pada suatu tempat, perpustakaan pribadi bisa menjadi ruangan favorit penuh ilmu dan insipirasi. Ruang yang harus disediakan sebagai perpustakaaan tidak harus lebar dan luas, namun bisa menyesuaikan kondisi lahan rumah. Pastinya masih memungkinkan membuat perpustakaan pribadi dengan memanfaatkan salah satu sudut ruangan, atau bersamaan dengan ruangan lainnya, seperti ruang keluarga atau bahkan di kamar sendiri. Jika kita berniat untuk membuat perpustakaan sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perancangannya.

year of books

  1. Menentukan posisi ruangan

Untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah, sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai posisi ruangan yang nantinya akan digunakan. Menentukan posisi ruangan di sini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengakses perpustakaan pribadi dan menikmatinya bersama-sama seluruh anggota keluarga yang ada. Ide menentukan posisi ruangan sebagai perpustakaanpada dasarnya bebas, tergantung pada keinginan si pemilik rumah, memperkirakan jumlah buku yang nantinya akan ditampung, kenyamanan dan banyak lagi pertimbangan lainnya. Meskipun bebas, ruang tamu rasanya bukan tempat yang tepat sebagai salah satu tempat yang tepat untuk perpustakaan rumah. Posisi ruangan untuk perpustakaan pribadi bisa dibuat terpisah atau menyatu dengan ruangan lain. Jika menyatu dengan ruangan lain, contohnya bisa diletakkan di ruang keluarga, atau ruang makan. Atau bisa pula memanfaatkan area kosong, seperti area di bawah tangga. Ide yang baik menentukan posisi perpustakaan rumah adalah ruangan yang tenang dan tidak banyak dilalui orang untuk menciptakan siatuasi tenang dan nyaman, membantu konsentrasi saat membaca.

lemaristairs

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Membuat desain rak buku

Setelah menentukan ruangan yang nantinya digunakan perpustakaan pribadi di rumah, langkah berikutnya adalah membuat desain rak buku, yang pastinya menyesuaikan ruangan yang dipilih tersebut. Saat kita merancang desain rak buku, harus dipertimbangkan pula kekuatan rak buku yang akan digunakan nantinya, termasuk juga bahan pembuatannya. Kekuatan rak buku ini penting, mengingat jumlah buku yang nantinya akan ditampung, sehingga rak tersebut mampu menahan beban buku. Selain itu, perlu juga memastikan bahwa lantai perpustakaan mampu menahan beban rak buku yang berat. Agar lebih aman, rak buku pada perpustakaan diletakkan pada lantai pertama rumah.

Jika memiliki koleksi buku yang cukup banyak, atau jika kita memang termasuk oarang yang sering membeli buku, perlu juga untuk membuat desain rak buku yang besar dan tinggi. Desai rak bisa berupa loose furnitur atau dibuat menyatu dengan dinding (built ini furniture) rak yang dibuat hendaknya memiliki desain terbuka agar mampu menghindari kelembaban dan memudahkan kita saat mencari buku yang akan dibaca.

cabinet

  1. Merancang tata letak perabotan

perabotan

Untuk mendukung kenyamanan saat membaca, perlu ditambahkan perabotan tambahan dalam perpustakaan pribadi di rumah.Jika memang dirasa cukup, ruangan bisa ditambahkan sofa bed agar menambah rasa betah. Kita bisa duduk dengan nyaman, atau bahkan sambil tiduran saat membaca. Selain itu bisa ditambahkan pula meja kecil untuk meletakkan makanan dan minuman. Kalau pun ruangannya kecil, pilihlah tempat duduk yang empuk dengan sandaran tegak dan bisa untuk menyelonjorkan kaki, sehingga tetap bisa menikmati sambil merilekskan tubuh saat membaca.

cozy

  1. Pencahayaan dan ventilasi

Membuat perpustakaan pribadi di rumah harus mempertimbangkan faktor pencahayaan serta ventilasi ruangan. Pencahayaan ruangan perpustakaan yang baik adalah yang tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang karena paparan sinar matahari. Intensitas cahaya alami yang terlalu tinggi akan mempercepat pelapukan pada serat kertas, membuatnya berubah warna, serta memudarkan warna pada gambar dan tulisan di dalam buku. Sedangkan untuk ruangan yang gelap dan pengap akan memicu kelembaban ruangan, yang akhirnya menyebabkan pertumbuhan jamur, sarang serangga dan rayap. Agar koleksi buku lebih awet, pastikan pencahayaan dan ventilasi udara dlam ruangan cukup baik, dengan cara mengatur pencahayaan alami sinar matahari yang masuk agar tidak secara langsung menerpa koleksi buku.

Kita membaca buku bisa saja dilakukan pada malam hari, oleh karenanya maka pencahayaan juga didukung oleh alat penerangan tambahan. Kita bisa mengatur letak lampu yang pas agar cukup memberikan cahaya saat membaca dengan memperhatikan kenyamanan mata, sehingga mata tidak mudah lelah.

living

  1. Dekorasi perpustakaan

Dekorasi pada perpustakaan merupakan tambahan agar lebih memberikan kenyamanan saat membaca di ruangan ini. Pilihan dekorasi kembali lagi kepada pemilik rumah, contohnya bisa ditambahkan wallpaper, poster berisi quotes insipiration, bunga, dan lainnya.

  1. Mengelola dan mengatur buku

Bagi yang suka membeli buku, pastinya jumlah buku yang dimiliki akan terus bertambah. Jika buku yang dimiliki telah dibaca dalam kondisi masih bagus namun kita tidak ada tempat lagi untuk menampungnya, maka tidak ada salahnya untuk menyumbangkan buku-buku tersebut ke perpustakaan terdekat atau alternatif lain kita juga bisa menjual buku tersebut.

Sumber:

http://www.georgeambler.com/leaders-need-daily-reading-habit/

http://www.fool.com/investing/general/2015/08/16/4-habits-of-billionaires-that-you-should-follow.aspx

http://www.ourmarketingmastery.com/2011/04/million-dollar-reading-habits.html

http://richhabits.net/reading-habits-of-the-rich-what-the-wealthy-read/

http://majalahasri.com/5-poin-penting-dalam-merancang-perpustakaan-pribadi/

http://www.hipwee.com/tips/12-desain-perpustakaan-pribadi-nan-unik-buat-kamu-yang-mengaku-pecinta-buku/

http://www.rumah.com/berita-properti/2016/5/125548/kiat-membangun-perpustakaan-pribadi-di-rumah

http://www.hipwee.com/sukses/benarkah-orang-paling-sukes-di-dunia-masih-rajin-membaca-di-tengah-kesibukannya-baca-tulisan-ini-untuk-menjawabnya/

https://www.thegold.asia/kebiasaan-warren-buffett/

http://www.ekspedisiilmu.web.id/2015/12/kebiasaan-orang-sukses-dunia-hebat.html

http://www.ecampindonesia.com/5-rahasia-sukses-ala-bill-gates/

http://maestrolc.com/orang-ini-kaya-karena-membaca/

https://id.techinasia.com/kebiasaan-elon-musk-agar-bisa-produktif-berinovasi

http://www.filemagz.com/4-hal-tersembunyi-dari-seorang-elon-musk/

http://www.kampuscenter.com/membaca-kebiasaan-utama-orang-sukses/

RumahAwan

Passion Saya Adalah Internet Marketing. Terutama Yang Berkaitan Dengan SEO, OnlineShop, Dan PPC. Blog Ini Dibuat Supaya Saya Bisa Sharing Info Berguna Tentang Internet Marketing.

4 thoughts on “Orang Sukses Dan Kebiasaan Membaca Mereka

  • August 6, 2017 at 2:07 pm
    Permalink

    Ane inget waktu ane minta buku ke salah satu orang kaya di kota ane, temen-temen dikasih uang, ane minta buku. Ya walaupun baru baca separuh tp enak juga sih baca buku 🙂

    Reply
    • October 20, 2017 at 3:50 am
      Permalink

      kala mindsetnya bener, insyaAllah nyari uang itu mudah.. terus semangat belajar gan!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *