Istilah-Istilah Dalam PPC Marketing – Adwords, Facebook Ads, Bing Ads, Etc

ppc marketing

Jika anda baru beriklan menggunakan Adwords atau Facebook Ads, mungkin ada beberapa istilah-istilah yang membingungkan anda. Jangan khawatir, berikut beberapa-beberapa istilah PPC Marketing yang saya rangkum disini menggunakan bahasa saya sendiri.

Semoga membantu anda.

  1. CTR: Click Through Rate. Ini adalah perbandingan antara jumlah tayangan iklan anda dibanding dengan jumlah orang yang mengklik iklan anda. Misal iklan anda tayang 1000 kali di Adwords. Dari 1000 kali tayang tersebut, iklan anda di klik 10 kali. Maka CTR iklan anda adalah 1%. (10 klik / 1000 kali tayang)
  2. CPC: Cost Per Click atau BPK (Biaya Per Klik). Biaya yang dibebankan kepada akun anda atas tiap klik yang terjadi pada iklan anda. CPC adalah unsur biaya utama dalam PPC marketing.
  3. EPC: Earning Per Click (Laba/Total Klik). Jumlah estimasi laba anda dari tiap klik  yang terjadi pada iklan anda. Misal melanjutkan contoh dari bagian CTR, dari 10 kali klik ke iklan anda, terjadi satu buah penjualan yang menghasilkan laba Rp. 100.000,-. Maka EPC dari kampanye Adwords anda adalah Rp. 10.000 / klik. EPC adalah faktor yang sangat penting dalam PPC marketing. Jangan sampai EPC minus. Karena bila EPC minus, itu berarti anda rugi dalam kampanye PPC anda. Kecuali anda sedang menerapkan strategi rugi diawal, namun laba dalam jangka panjang.
  4. Landing Page: Halaman disitus kita dimana pengunjung datang pertama kali dari klik iklan kampanye PPC kita. Landing page biasanya berisi sales letter untuk mengajak/menawarkan visitor untuk membeli atau registrasi atau mengumpulkan email/no telpon, dll, tergantung dari tujuan kampanye PPC kita.
  5. Sales Letter: adalah tulisan/artikel/video yang berisi ajakan untuk membeli, atau mendaftar, atau apapun yang ingin ditawarkan. Isi dari landing page biasanya sales letter yang menarik. Jika masih belum mengerti apa itu sales letter, maka masuk ke situs-situs yang menjual produk digital. Biasanya halaman pertamanya adalah sales letter berbentuk tulisan. Walaupun ada juga yang bentuknya adalah video saja.
  6. Quality Score: Sistem penilaian dimana Google Adwords menilai seberapa relevan iklan kita bagi pengunjung Google.
  7. Impression: berapa kali iklan kita ditayangkan oleh Search Network (Adwords, Facebook, Bing)
  8. Cost-per-thousand impressions (CPM): metode pembayaran dengan perhitungan per 1000 kali iklan tayang. Biaya dihitung per 1000 kali iklan anda tampil, dan bukan berdasar berapa kali di klik. CPM ini biasanya digunakan untuk Campaign yang mengarahkan ke Display Network.
  9. Lead:  Prospek /Calon Pembeli/Client.
  10. Conversion atau konversi: jumlah pengunjung hasil PPC ke situs anda yang berubah menjadi pembeli atau pendaftar (tidak hanya sekedar melihat-lihat). Jadi dari sekian ribu pengunjung yang datang ke situs anda melalu PPC marketing, berapa penungunjung yang kemudian benar-benar membeli atau mendaftar. Perbandingan antara jumlah konversi dengan jumlah pengunjung disebut Conversion Rate.
  11. Organic Visitor: Visitor yang datang langsung dari Google Search Result murni tanpa Adwords.
  12. Cost Per Acquisition (CPA): Biaya untuk mewujudkan satu buah tujuan kampanye (sales/lead/registrasi ).
  13. Bid: Jumlah biaya yang berani anda bayar untuk satu klik atau 1000 impression dalam lelang posisi penempatan iklan anda. Bid tidak sama dengan CPC. CPC adalah biaya sebenarnya yang anda bayarkan tuk sebuah klik.
  14. Ad Copy: Tulisan iklan yang akan anda tayangkan. Ad Copy biasanya berisi tulisan iklan yang menarik, atau shocking, atau lucu, dst. Intinya Ad Copy dibuat sedemikian sehingga orang tertarik untuk mengklik lebih lanjut.
  15. Copy Writing: Teknik menulis iklan atau sales letter.Teknik copy writing itu beneran ada ilmunya. Bagaimana caranya kita menulis sales letter sehingga orang tertarik dan mau melakukan apa yang kita inginkan (misal membeli, mendaftar, mendukung seseorang, dsb). Copy writer adalah orang yg berprofesi sebagai tukang nulis iklan/sales letter. Copy writer yang jago, penghasilannya bisa ribuan dollar sekali nulis iklan/sales letter.

Jika ada istilah PPC marketing yang belum saya bahas, silakan beritahu saya dibagian komen, dan akan saya update artikel ini.

Jika menurut anda artikel ini berguna, jangan ragu tuk share ke teman-teman anda yaaaa…

RumahAwan

Passion Saya Adalah Internet Marketing. Terutama Yang Berkaitan Dengan SEO, OnlineShop, Dan PPC. Blog Ini Dibuat Supaya Saya Bisa Sharing Info Berguna Tentang Internet Marketing.

4 thoughts on “Istilah-Istilah Dalam PPC Marketing – Adwords, Facebook Ads, Bing Ads, Etc

  • September 23, 2015 at 4:57 am
    Permalink

    Bagai mana cara menarik kastemer untuk membuka dan membaca web saya

    Reply
    • September 29, 2015 at 5:12 am
      Permalink

      banyak caranya pak/bu… bisa dimulai dengan beriklan di adwords/FB…

      Reply
  • December 15, 2017 at 4:35 am
    Permalink

    Terima kasih gan artikel nya, karena saya berencana memasang iklan di google adword dari artikel ini saya dapat wawasan tentang nama nama atau istilah pada google adword. di tunggu artikel terbarunya lagi terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *