Dua Teknik Simple Ini Membuat Kiriman Paket Online Shop Saya Naik 40 Persen!

Woman Shocked

Disclaimer:

Teknik ini belum tentu berhasil tuk online shop anda. Sebelum menjalankan teknik ini, niatkan diawal tuk belajar. Jadi kalaupun nanti rugi, anggaplah hal tersebut biaya belajar. Berarti masih ada hal yang bisa ditingkatkan supaya hasilnya bisa laba.

Rangkuman Versi Pendek:

Buat sebuah undian yang berhadiah satu juta rupiah bagi siapa saja yang belanja di online shop kita. Lalu yakinkan ulang menggunakan retargeting Facebook Ads.

Dengan menggunakan kedua teknik ini (undian dan retargeting FB Ads), saya bisa meningkatkan jumlah kiriman paket OS saya sebanyak 40%.

Syarat menggunakan teknik ini:

  1. Ada budget khusus tuk marketing (tuk hadiah undian dan biaya FB ads)
  2. Anda punya situs yang banyak didatangi oleh pengunjung tertarget (misal dari SEO), sebagai sumber list retargeting facebook ads.

Selebihnya tinggal take action saja membuat pengumuman tentang undian di situs kita dan setup kampanye retargeting FB Ads.

Sebelum saya lanjut menjelaskan, pasti banyak teman-teman yang bertanya: dengan menggunakan teknik yang berbayar ini, apakah balik modal?

Pada kasus saya, hasilnya balik modal, bahkan untung.

Lalu, apa benar setting kedua teknik ini cuma sejam?

Sebetulnya tidak sejam juga. Coz, menunggu list retargeting FB tuk sampai minimal 100 visitor saja tentu lebih dari sejam (kecuali situsnya rame banget).

Kemudian, tuk split testing materi gambar iklan yang joss (yang CTRnya tinggi dan terbukti membuat orang take action) tuk retargeting juga butuh beberapa jam.

Kebetulan tuk list retargeting dan gambar iklan joss saya sudah punya dari hasil oprekan campaign saya sebelumnya.

Namun, tuk kerja sebenarnya, seperti menulis pengumuman dan setup kampanye retargeting, saya butuh kurang dari sejam.

***

Untuk iklan retargetingnya, saya menggunakan iklan retargeting tipe dark post, CTW, dan muncul di newsfeed (desktop maupun mobile).  Iklan diarahkan ke pengumuman undian (landing page).

Tuk hadiah undian, saya memberikan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-

Tuk budget iklan, saya pasang Rp. 50.000,- sehari.

Untuk hadiah tidak harus 1.000.000 rupiah seperti di online shop saya. Bisa juga barang lain, seperti voucher belanja, smartphone, cincin emas, dll.

Yang penting adalah, hadiah tersebut terlihat wah dan bisa membuat pelanggan take action tuk belanja ditempat kita.

Kemudian tuk foto dan headline iklan, jangan pasang sembarang foto dan headline yang kita anggap bagus. Lakukan split testing dulu tuk tahu mana foto dan headline yang paling bagus. Supaya iklan yang kita jalankan bisa efektif efisien.

Agak sedikit mahal diawal karena biaya split test. Tapi dalam jangka panjangnya malah akan lebih murah, bila dibanding kita pakai sembarang foto dan headline.

***
buat yang belum tahu apa itu facebook ads tipe retargeting, CTW,  dan dark post, silakan pelajari tentang facebook ads yaaaa. Saya tidak akan bahas hal tersebut disini.

***

Kerennya perpaduan teknik ini adalah visitor yang memang sudah berniat membeli (dari SEO), kita rayu lagi dengan iming-iming hadiah undian.

Lalu cara kita merayunya bukan cuma sekali disitus saja, tapi beberapa kali ketika dia sedang asyik-asyik browsing newsfeed di facebook (melalui retargeting).

orang yang sebelumnya kurang tertarik beli, karena iming-iming hadiah dan ditawarkan berkali-kali, tiba-tiba muncul keinginannya tuk beli.

Hasilnya di online shop saya, dengan menggunakan teknik ini, paket kiriman saya tuk bulan itu naik 40 persen dari jumlah biasanya.

***

Patokannya tuk tahu secara cepat, apakah di minggu pertama teknik ini berhasil atau tidak (tidak perlu menunggu selama satu bulan), bisa kita hitung dari awal.

Misal:

Biaya hadiah undian = 1.000.000

Biaya FB ads = 1.500.000 (retargeting) + 150.000 (split test)

Total Biaya = 2.650.000, Dibagi 4 minggu => 662.500 rupiah per minggu

Maka pada minggu pertama anda menerapkan teknik ini, anda harus laba Rp. 662.500 lebih besar dari laba pada minggu biasanya.

Kalau selisih laba minggu pertama kurang dari Rp. 662.500, berarti kemungkinan besar teknik ini kurang cocok pada online shop anda… dan segera stop iklan retargeting anda, supaya tidak tambah biaya lagi.

Selamat mencoba!

***

Dikesempatan lain, saya akan share teknik yang tidak pakai uang atau biaya, tapi bisa menaikkan omzet online shop saya 100% dalam tiga bulan!!! (kisi-kisi: teknik ini bukan SEO!)

RumahAwan

Passion Saya Adalah Internet Marketing. Terutama Yang Berkaitan Dengan SEO, OnlineShop, Dan PPC. Blog Ini Dibuat Supaya Saya Bisa Sharing Info Berguna Tentang Internet Marketing.

11 thoughts on “Dua Teknik Simple Ini Membuat Kiriman Paket Online Shop Saya Naik 40 Persen!

  • April 30, 2015 at 6:12 am
    Permalink

    dapet link ini dari facebook, kirain uji coba buat web baru kalo kenapa2.. ngga taunya pakai promosi dan undian.. manteeeb..

    akan saya coba nanti

    Reply
  • September 1, 2015 at 5:19 am
    Permalink

    hay admin rumah awan. artikel anda sangat bagus, berbobot dan berguna.

    saya sendiri sedang start up bisnis online shop jalan sebulan, namun belum balik modal meskipun ada pembelian.

    bisakah saya meminta kontak Anda untuk konsultasi dengan Anda secara pribadi?

    Terimakasih banyak 🙂

    Reply
  • January 5, 2016 at 12:18 pm
    Permalink

    halo admin rumah awan, saya mau nanya, menurut admin, menjadi reseller itu apakah bisa sukses juga di kemudian harinya? atau memang lebih baik memiliki usaaha sendiri ??

    Reply
    • February 14, 2016 at 4:25 am
      Permalink

      reseller bisa juga sukses… tidak menutup kemungkinan…

      namun umumnya, lebih baik punya usaha sendiri…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *