Mau Dapet 100 Follower Setiap Hari Di Instagram? Gunakan 7 Cara Ini!

WARNING: Jurus Yang Dijelaskan Di Artikel Ini Akan Membuat HP Anda Tang Ting Tung, Tang Ting Tung Terus! 😀

Instagram lambat laun sudah menjadi marketplace penting di kancah per-OLShop-an Indonesia.

Dengan penggunanya yang banyak dari kalangan menengah keatas (belum seterkenal FB/Twitter), banyak kisah sukses beberapa teman yang jualan berbagai barang menggunakan medsos instagram.

Apalagi yang jualan barang dagangan yang berkaitan dengan wanita.

demografi instagram
Ini data pengguna instagram dari seluruh dunia. Bukan hanya indonesia saja. (sumber: alexa.com | akun premium alexa disediakan oleh nurzaga ads.id)

Kosmetik, busana muslim, sepatu, tas, aksesoris, perlengkapan bayi,dll, semua laku dijual di instagram.

Caranya yang masih simpel dan belum seribet FB, menjadikan instagram tempat berjualan yang oke banget.

Bahkan ada beberapa teman yang sukses beromzet ratusan juta rupiah sebulan berjualan di instagram.

Tahukah anda? Berdasar sebuah penelitian, bagi sebuah brand, user di Instagram lebih berpotensi untuk ‘engage’ dibandingkan dengan medsos lain seperti FB atau Twitter.

***

Salah satu kendala kami ketika belajar berjualan di Instagram adalah mencari follower. Karena semakin banyak follower instagram, semakin besar peluang dagangan kita laku.

Pada artikel kali ini, Rumahawan.com akan share tips-trik bagaimana caranya mendapatkan seratus follower setiap hari di Instagram.

Pada umumnya ada 7 jurus yang biasa digunakan untuk menambah follower di instagram:

1. SFS (Shoutout For Shoutout)

2. PK (Paid Keroyokan)

3. PP (Paid Promote)

4. Endorse

5. Kontes

6. Jasa Penambah Follower.

7. Beli Akun Instagram Yang Sudah Jadi.

***

1. SFS (Shoutout For Shoutout)

SFS adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para OS di Instagram untuk menambah follower. Karena cara ini adalah cara yang relatif GRATIS (namanya gratisan pasti seneng). Kalaupun berbayar paling buat bayar admin (jasa urus SFS) kalau kita ga bisa pegang, dan biayanya pun relatif murah, 5.000 – 15.000 saja per keroyokan.

SFS ribet dipelajari karena banyak bahasa/kode singkatan yang digunakan. Buat yang belum terbiasa/belum tahu, bahasa gaul SFS ini akan membingungkan. Tapi jika anda sudah menguasai SFS, maka teknik promosi Instagram yang lain akan mudah mengerjakannya.

Selain bahasanya, belum lagi peraturan SFS yang juga tidak mudah dimengerti untuk pemain baru.

Tapi jangan khawatir biasanya ada admin atau teman OS lain dengan senang hati menjawab kalau anda ga ngerti istilah-istilah itu. (Saya akan tulis segala tentang SFS ditulisan berikutnya. Tagih saya nanti yaaa 🙂 )

Cara kerja SFS ini adalah saling mempromosikan barang dagangan antar peserta SFS. Kalau hanya berdua, namanya privat. Sedang kalau bersama-sama (lebih dari dua) namanya keroyokan. Biasanya 1 kali keroyokan mampu mengumpulkan 25 OS.

Nanti dari 25 OS ini, masing-masing peserta SFS akan mempromosikan 24 OS lainnya dalam jangka waktu tertentu. Caranya dengan memposting foto iklan dari OS peserta lain. Misal kita ikut keroyokan yang 25 slot (peserta), maka kita akan pasang 24 foto iklan peserta lain di akun Instagram kita.

Keroyokan ini biasanya mengumpulkan OS-OS yang jumlah followernya ga jauh beda. Misal akun IG yg punya follower dgn jumlah 0-3k itu jadi satu grup, akun yang followernya 3k, 4k, 5k jadi satu grup juga, dst.

Negosiasi dan musyawarah SFS dilakukan di grup Line. Kalau di Indonesia, siapa yang punya akun Instagram, harus punya akun Line juga. 🙂

2. PK (Paid Keroyokan)

Paid Keroyokan hampir sama dengan SFS, hanya saja ini berbayar. Kenapa berbayar? karena nanti foto iklan kita akan dimasukkan ke keroyokan yang jumlah followernya jauh lebih banyak.

Misal, follower kita hanya 1k dan kita ingin promosi menggunakan jurus PK.

Lalu kita bayar PK pada akun IG lain yang followernya 24k. Kemudian, oleh akun 24k ini, foto iklan kita akan di SFSin di grup keroyokan SFS yang pesertanya sudah memiliki follower di kisaran 24k juga.

Screenshot_2015-04-21-10-11-28

Cara ini termasuk murah dan cepat dapat follower. Salah satu akun instagram yg followernya sudah mencapai 135k, dia bercerita bahwa cara utama yang dia gunakan tuk cepat dapat follower adalah dengan PK ini. Sehari dia bisa ikut 20PK.

Semakin banyak follower, harga PK semakin mahal. Biasanya follower 45k, harga PK-nya sekitar 50rb per slot per keroyokan.

3. PP (Paid Promote)

Cara lain untuk mendapat follower adalah Paid Promote (PP). Kalau PP caranya kita bayar satu akun IG untuk promosiin barang dagangan kita. Biasanya akun ini adalah akun khusus iklan.

Tarif yang dikenakan umumnya mulai mingguan. Misal 1 minggu untuk 5 foto per hari itu biasanya 25-35rb tergantung jumlah follower si akun iklannya.

Screenshot_2015-04-21-10-15-40

Cara kerjanya, akun iklan ini akan minta foto iklan kita beserta captionnya untuk dia iklankan di akunnya. Tiap hari bisa beda-beda foto, tergantung kita.

4. Endorse

Endorse adalah kita memberikan produk kita ke selebgram (selebriti Instagram) untuk dipakai oleh selebgram tersebut, difoto, dan dipromosikan di akun IG selegram tersebut.

Endorse saat ini biasanya berbayar. Jadi selain mengirim barang kita secara gratis, kita juga harus bayar pada selebgram untuk mempromosikan produk kita diakun IG dia. Semakin banyak followernya, harganya semakin mahal.

Namun, jika anda punya koneksi teman selebriti atau jago negosiasi, endorse juga bisa gratis.

Screenshot_2015-04-21-10-14-44
Lagi Coba Endorse Produk Kami Dengan Mantan Istri Pasha Ungu, Mbak Okie Agustina (Ramah Orangnya).Tapi Sayang Belum Tembus.. 🙁 No Worries… Coba Terus Yang Lain

Para selebgram biasanya juga memilih-milih barang. Mereka kebanyakan tidak mau mempromosikan obat-obatan atau kosmetik yang belum BPOM.

Ayu Ting Ting, dengan follower 2,8 Million (sengaja gak saya singkat millionnya), kabarnya men-charge 3 juta rupiah tuk endorse barang di akun IG dia.

ayu ting ting insta

5. Kontes

Cara lain untuk menambah follower dengan menggunakan kontes. Caranya kita membuka kontes foto untuk para follower kita, kemudian dia posting foto yang akan dikonteskan dengan memberikan hashtag tertentu yang kita inginkan sambil dia men-tag akun ig kita dan akun teman-temannya.

Kontes dimenangkan, biasanya dengan foto yang paling banyak likenya.

Supaya kontes rame peserta, hadiah yang ditawarkan harus agak nendang. Misal uang tunai 500rb, atau HP atau barang lain yang nilainya agak tinggi.

Selain itu sediakan juga piala. Kadang ada emak-emak IG yang lebih mengincar piala daripada uang atau hadiah gadget/produk.

Screenshot_2015-04-21-17-35-12Screenshot_2015-04-21-17-35-27

 

6. Jasa Penambah Follower.

Buat yang mau langsung nambah follower bisa menggunakan jasa penambah follower. Tapi harap hati-hati untuk memilih jasa penambah follower ini. Harus dipastikan bahwa nanti follower yang kita dapat itu bukan fake, tapi benar-benar follower asli dan tertarget (maksudnya followernya memang target pasar OS kita, atau orang yang akan beli dagangan kita).

Bisa ditanyakan terlebih dahulu ke jasa penambah followernya cara dia menambah follower seperti apa. Dan juga bisa minta garansi kalau follower yang nanti kita dapat itu bukan fake (bot atau akun abal2).

Harga yang ditawarkan para jasa penambah follower ini beda-beda, tergantung jumlah follower yang ingin kita dapat. Biasanya mulai dari 1k keatas itu harganya dikisaran 300.000 an.

Screenshot_2015-04-21-10-14-14
Tatacara salah satu jasa penambah follower instagram

 7. Beli Akun Instagram.

Buat yang gak mau ribet dan yang punya modal besar bisa langsung beli akun yang sudah memiliki follower.

Sama seperti nomer 6, pastikan penjualnya terpercaya dan akun yang dijual bukan akun yang memiliki follower fake.

Lalu, cek juga histori akunnya. Pernah ada problem nggak? misal ada kasus penipuan, atau pernah posting foto tidak senonoh, dll.

Salah satu caranya bisa testing foto iklan kita di IG dia selama beberapa hari dan lihat komen dari followernya.

Screenshot_2015-04-21-10-10-34

 

***

Yang perlu diperhatikan pada jurus 1-4: pastikan materi iklan yang kita berikan tuk dipromosikan adalah sesuatu yang benar-benar menarik. Materi iklannya benar-benar membuat orang tuk take action dan follow akun IG kita.

Ibaratnya kita beriklan menggunakan FB Ads atau Google Adwords, materi iklan yang kita buat harus bisa membuat orang memilih iklan kita dibanding dengan iklan OS lain.

Contohnya: Foto+caption yang berisi diskon, free ongkir, hadiah murah (DVD, gantungan kunci, free souvenir), free ebook, tiket nonton bioskop, dll.

Atau bisa juga kontes/lomba yang kita adakan, kita promosikan lagi menggunakan jurus 1-4.

Selain itu, sertakan kata-kata Call To Action dalam caption, foto yang menarik, dan hashtag yang tepat.

Jika bisa, minta posting foto pada waktu-waktu premium (jam 18.00-22.00), saat dimana banyak pengguna Instagram sedang online.

***

Dari jurus 1-7, cara yang saya paling suka adalah jurus PK. Dengan biaya yang relatif murah, foto iklan kita bisa dilihat oleh begitu banyak orang.

Atau, jika modal memang sedang cekak banget, bisa juga kita jadi admin SFS. Admin SFS adalah orang yang mengatur dan mengawasi jalannya SFS. Dengan menjadi admin SFS, walaupun follower kita sedikit, kita bisa ikut promo di akun yang lebih banyak followernya. Tentu dengan catatan kita siap untuk mengatur dan mengawasi jalannya SFS.

***

NB: diartikel ini gak bahas tentang analytics akun, tools yg berkaitan dengan instagram (ada banyak), dan strategi penggunaan hashtag. Saya yakin itu berpengaruh tuk menambah jumlah follower, tapi mungkin lain kali kita bahas tentang strategi-strategi tersebut.

Kalau Bapak/Ibu, menggunakan jurus apa tuk meningkatkan follower Instagramnya?

thank you!

RumahAwan

Passion Saya Adalah Internet Marketing. Terutama Yang Berkaitan Dengan SEO, OnlineShop, Dan PPC. Blog Ini Dibuat Supaya Saya Bisa Sharing Info Berguna Tentang Internet Marketing.

84 thoughts on “Mau Dapet 100 Follower Setiap Hari Di Instagram? Gunakan 7 Cara Ini!

  • April 29, 2015 at 2:23 pm
    Permalink

    Mantap juragan artikelnya,,, coba donk diposting step2 jualan ig, seperti membuat capture dulu, atau gimana, thanks ilmunya subes,,,

    Reply
  • May 1, 2015 at 2:51 am
    Permalink

    artikelnya mantep om.. kira2 kalau untuk pemula, bangun akun IG sebaiknya pake cara yg mana ya? thanks

    Reply
    • May 1, 2015 at 9:36 pm
      Permalink

      SFS aja dulu pak/bu… kalau sdh ngerti SFS, yang lain mudah…

      Reply
      • May 1, 2016 at 5:39 pm
        Permalink

        ingin bnyk followers cuy

        Reply
    • June 3, 2015 at 2:50 am
      Permalink

      sambung di FB aja ya mbak… terlalu personal disini 🙂

      Reply
      • June 16, 2015 at 4:40 am
        Permalink

        Bagus sekali pak artikelnya. Teknis copywritingnya juga dapat.

        Reply
  • July 7, 2015 at 11:31 am
    Permalink

    Om untuk group PK nya ada groupnya gak? Aku buka link di atas kok nyanbungnya ke play store semua

    Reply
    • July 9, 2015 at 2:43 am
      Permalink

      link yg itu sudah hangus kali om… maaf belum sempat cari group PK yg lain…

      Reply
  • July 10, 2015 at 1:55 pm
    Permalink

    bang makasi banyak infonya, saya baca share abang dari ads.id. Saya sudah satu tahun belajar SEO (Des 2014 – Des 2015 )tanpa pernah main olshop, ppc, dan lainnya, Nov 2014 – Mar 2015 (5 bulan) saya kerja handle toko online di jakarta,dan sekarang buka jasa seo namun masih ingin handling produk sendiri.

    Sekarang saya mau belajar dari tulisan abang karna niat untuk buka olshop sendiri, makasi infonya, kalo ada subscribe, saya mau ikut, thx before

    Reply
    • July 24, 2015 at 3:09 am
      Permalink

      itungannya blm setahun lah bro.. kan des 2015 blm sampe 🙂

      siiip… stay tune terus di sini yaah 🙂

      Reply
  • August 7, 2015 at 4:45 am
    Permalink

    Pagi mas awan mau tanya. Khusus untuk PK maksudnya:
    1. Paid keroyok 87k 85rb/slot
    2. Paid keroyok 148k 135rb/slot

    apa ya (detailnya) ?

    🙂 Maklum newbie di instag

    Reply
    • August 14, 2015 at 3:13 am
      Permalink

      1. Paid keroyok 87k 85rb/slot >>> 87k maksudnya 87ribu follower di akun instagramnya

      85rb per slot adalah harga tariff slot iklannya pak adam…

      thx sdh mampir! 🙂

      Reply
  • August 30, 2015 at 1:35 am
    Permalink

    Saya mau jual akun insta saya..bagaimana cara nya ya..
    Mohon petunjuk nya…terima kasih.

    Reply
    • September 7, 2015 at 11:55 am
      Permalink

      masuk aja ke grup SFS pak… banyak kok yg iklan jualan akun insta…

      Reply
  • September 14, 2015 at 5:43 am
    Permalink

    Mau dong masuk grup sfs nya dong please gmn cranya

    Reply
    • September 29, 2015 at 5:11 am
      Permalink

      sfs sedikit lagi akan punah pak… diganti dengan instagram ads…

      Reply
      • December 30, 2015 at 8:39 am
        Permalink

        tapi intaads mahal pak cpc nya

        Reply
        • February 14, 2016 at 4:24 am
          Permalink

          mahal dan murah itu relatif dengan ROI…

          jika tahu caranya, instaAds murah kok… apalagi yg bentuk video…

          Reply
  • October 12, 2015 at 11:30 pm
    Permalink

    pak saya sangat tertarik dgn iklan bapak, saya berniat untuk add bpk dri line, bbm atau sosmed lainnya atas keperluan bisnis maaf gimana caranya y pak, mhon konfirmasinya y pak

    Reply
    • October 13, 2015 at 1:03 am
      Permalink

      saya biasa aktif di TDA jaksel bu… main-main ke facebook grup TDA jaksel. mgkin kita bisa sharing-sharing disitu… thank you!

      btw, saya pernah iklan apa yaaa??

      Reply
  • October 16, 2015 at 9:07 am
    Permalink

    Pak, thanks web nya oke banget apalagi untuK informasi seperti saya yg masih awam jualan di IG. Boleh dijelaskan insta ads nanti seperti apa ya pak? Krn saya juga kepingin PK atau SFS dalam waktu dekat ini. Trimakasi.

    Reply
    • October 16, 2015 at 9:24 am
      Permalink

      mirip seperti FB ads bu… klo ibu sdh pernah bikin FB ads, ig ads ada di power editornya FB ads… silakan dicoba!

      Reply
  • December 26, 2015 at 7:31 am
    Permalink

    saya mau tanya2 dan konsultasi ada contact person kah

    Reply
  • January 15, 2016 at 3:48 am
    Permalink

    halo pak. bisa minta akun fbnya? mau nanya” soal grup PK yg bagus 🙂

    Reply
    • February 14, 2016 at 4:26 am
      Permalink

      coba gabung di TDA bu… dalam waktu dekat ada workshop instagram… akun FB saya sementara dibatasi dulu 🙂

      Reply
  • February 15, 2016 at 12:54 am
    Permalink

    ini pelajaran penting kl berniat buka usaha olshop. Trimakasih artikelnya sangat membantu. Cuman ni lagi bingung cari nya jasa PK nya. Kl cara mudah mencari PK nya gmn ya mas?

    Reply
    • February 15, 2016 at 1:56 am
      Permalink

      coba follow akun ig yg sering ngadain SFS… trus, minta admin ig nya tuk kita dimasukkan ke grup SFSnya… biasanya di grup-grup line tsb banyak yg ngiklan SFS or PK lain…

      tanya sebanyak2nya admin, supaya bisa ikut di banyak grup…

      Reply
      • February 15, 2016 at 2:19 am
        Permalink

        Siap mas, btw mereka nih pasti terpercaya atau ada jg yg tipu2. Udah transfer ternyata kita di block.

        Reply
  • February 17, 2016 at 8:32 am
    Permalink

    PENGEN IKUT PROMOTE DONG KAK

    Reply
  • February 28, 2016 at 4:56 am
    Permalink

    Mohon maaf pak/ibu saya mau mohon izin share tapi dalam bentuk ebook dg tidak menghilangkan sumber artikelnya yaitu http://www.rumahawan.com

    Dari semalam saya terus baca artikelnya sepertinya sangat bagus…

    Mohon izin share ya pak/ibu.

    Makasih…

    Reply
  • March 4, 2016 at 4:25 am
    Permalink

    Halo Kak… Wah berguna sekali nih artikel nya, terimakasih kak..
    Pas sekali nih saya berencana mau buka olshop untuk pakaian wanita. Boleh tau nih rekomendasi untuk beli follower dan beli akun instagram dimana ya? Saya sempat cari2 tapi takut kena tipu atau dapat follower yg tidak tepat sasaran kak…

    Thanks yaaa

    Reply
    • March 8, 2016 at 12:22 am
      Permalink

      beli follower saya gak recommend dik… lebih baik bangun sedikit-sedikit sambil pelajari gimana alurnya… (plus bakal susah ikut SFS)

      dari situ, nnti tuk menjual dagangannya agak lebih mudah.. coz sdh tahu tipe pasarnya seperti apa…

      🙂

      Reply
  • March 6, 2016 at 8:18 am
    Permalink

    Ka belum ada lagi group PK yg rada murah gitu ya ka?

    Reply
    • March 8, 2016 at 12:19 am
      Permalink

      saya krg tahu tuh dik… coba di pantau2 aja.. kira2 mana yg harganya masuk dik…

      Reply
    • May 17, 2016 at 3:27 pm
      Permalink

      ?PALING MURAH!!! ?
      OPEN PK ( PAID KEROYOK ) @bluebellecollection_ 101k

      1x = 50.000
      3x = 140.000
      5x = 235.000
      10x = 460.000

      ?Ada ss naik note, bisa request masuk ke group
      ?Dikerok di range 90-200k++
      ?Transfer = pilih jadwal dan langsung dikerjakan
      ?Bebas jualan apa saja
      ?Di keroyok di 25-40++ os
      ?Testi banyak ada di album, ada yang dapat 800+ FOLLS dalam 1x KEROK! ?

      Yuk join sebelum kehabisan slot!
      GRUP ⬇
       http://line.me/R/ti/g/9vKJOqJW-B

      Reply
      • January 25, 2017 at 12:48 am
        Permalink

        Dulu saya pernah ikut sfs. Memang bagus. Tapi karena ndak sempat lagi maka tak lanjut. Sekarang saya coba cari2 grup lama sfs tsb tetapi nampaknya sudah ndak terima member lagi atau malah udah ndak bisa sfs lagi kali ya zaman kini ?

        Reply
  • March 13, 2016 at 6:55 am
    Permalink

    siang mas, saya mau tanya dong mas. saya mau linked akun line@ saya ke instagram tapi gak bisa mas, ada pemberitahuan gini katanya “Links asking someone to add you on another service aren’t supported on Instagram.”
    kenapa bisa gitu ya Mas? kok saya gak bisa, padahal saya lihat akun olshop lain bisa link line@ mereka ke instagram.
    makasih sebelumnya mas.

    Reply
    • March 13, 2016 at 11:12 pm
      Permalink

      saya blm telusurin lebih lanjut hal ini. tapi harusnya sih bisa… klo pun gak bisa, bisa di akalin pake cara lain…

      Reply
    • April 26, 2016 at 4:24 am
      Permalink

      gw cowok broooo.. hahahaha…

      saat ini gw gak kasih kontak gw dulu 🙂

      Reply
  • April 13, 2016 at 4:44 am
    Permalink

    Hi Nesis dan RumahAwan,

    tidak sengaja menemukan website ini, sungguh menarik sekali. untuk link LINE@ tidak dapat dimasukan kedalam instagram ini karena instagram ngeblock link LINE@ tersebut (untuk versi instagram yang terupdate). jadi bukan karena tidak bisa, namun keputusan dari Instagram, mungkin karena Instagram tahu Line@ mirip – mirip dengan instagram untuk jualan barangnya. keputusan ini kalau tidak salah baru berjalan seminggu yang lalu.

    kemarin Saya menemukan website penjelasan LINE@ juga dalam bentuk video tutorial, mungkin bisa juga dilihat https://www.lideo.co.id/Business/mendapatkan-ratusan-order-dengan-line

    katanya sih kalau kita post screenshot kita di web ini nanti pihak LINE akan milih dan yang terpilih akan di blast sama akun LINE Shoping bulan may mendatang. Semoga infonya bermanfaat yah

    Reply
  • May 2, 2016 at 7:34 am
    Permalink

    ada group soundingan di range di atas 100k ?

    Reply
    • May 2, 2016 at 1:20 pm
      Permalink

      mksdnya gimana mas vincent?

      harga atau followers yg diatas 100k?

      Reply
  • May 10, 2016 at 8:30 am
    Permalink

    Gimana caranya ikut pk di instagram

    Reply
    • May 10, 2016 at 2:16 pm
      Permalink

      grup PK biasanya ada di line mas… coba tanya aja seller2 di instagram yg sering SFS.. biasanya mereka update group PK di Line… dan minta di invite…

      tq sudah mampir mas!

      Reply
  • August 5, 2016 at 10:24 am
    Permalink

    mengenai IG Ads saya merasa di biayakan aga mahal setelah saya coba .. bisa bantu share sedikit trik untuk meminimalkan biaya tersebut tanpa menghilangkan target customer yang ingin kita capai ?

    Reply
  • March 17, 2017 at 11:43 am
    Permalink

    Boss gimana cara masuk sfsnya ?

    Reply
      • May 26, 2017 at 3:22 am
        Permalink

        Kak, Bagaimana PP atau jualan iklan kita tembus dan dilihat sampai berminat, caranya gimana ya kak yg paling mudah???

        Reply
      • June 1, 2017 at 1:10 am
        Permalink

        Paid promote gimna caranya gan?

        Reply
  • April 14, 2017 at 5:06 pm
    Permalink

    Follow ig gua @rayhanmaul08

    Reply
  • May 10, 2017 at 7:32 am
    Permalink

    wah mantap tulisanya
    kalo jasa tambah follower efektif gak buat ningkatkan penjualan

    Reply
  • May 21, 2017 at 5:54 am
    Permalink

    instagram menjadi salah satu sosmed yang cukup menjanjikan untuk jualan, jika kita bisa mengoptimalkan fungsinya..

    Reply
  • May 29, 2017 at 10:51 pm
    Permalink

    Waah nemu ini.. Saya 2 thn lalu sfs aktif trus karna sibuk kerja instagramnya jd ga keurus.. Setahun ini dipake jualan santai aja ga pake sfs lagi.. Follower nya masih aktif 20ribu an ..kali ada yg mau beli ig saya boleh hub.saya yaa ke wa 082350978888. Maaf numpang promo hehe

    Reply
  • June 18, 2017 at 2:45 pm
    Permalink

    malam pak. saya juga tertarik cara memperbanyak folowers di IG. mohon bantuannya pak kalau tidak keberatan.
    bagaimana caranya bisa konsultasi dengan sampean.

    Reply
  • July 29, 2017 at 5:49 pm
    Permalink

    Jasa tambahn follower murah ada ga ga? Thx before

    Reply
  • August 1, 2017 at 3:46 pm
    Permalink

    Mas,Saya mau paid promote untuk menambah followers saya,,
    gimana caranya,?

    Reply
  • August 9, 2017 at 6:14 am
    Permalink

    Bagaimana cara nya untuk pk pak

    Reply
  • September 28, 2017 at 10:00 am
    Permalink

    Gan, ada bahas tentang software2 selebgram yang lagi hitz sekarang gtu nggak?

    Reply
  • October 16, 2017 at 1:56 am
    Permalink

    Permisi kak mau tanya kalau baru pembukaan buat os di line@&ig. Pakai apa ya?,
    Mohon kasih pencerahannya donggg,,,
    Sebelumnya terimakasiii

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *